Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Deskripsi Hewan Singkat - Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Parera menjelaskan bahwa deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang hidup dan berpengaruh. Karangan ini berhubungan dengan pengalaman pancaindra seperti penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman.

Terdapat 3 struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi. Masing-masing penjelasan tentang itu telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, bisa kalian baca di bawah ini.

Baca juga: Materi Teks Deskripsi Lengkap

Langsung saja, kami akan memberikan 4 (empat) contoh teks deskripsi tentang hewan, secara singkat beserta strukturnya.

9 Contoh Teks Deskriptif tentang Hewan Peliharaan dan Liar beserta Strukturnya Lengkap

4 Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Singkat beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Kucing


Identifikasi


Aku mempunyai seekor kucing. Kuberi nama Itam. Aku memberi namanya seperti itu karena bulunya berwarna hitam. Aku sering memiliki kucing, akan tetapi kucing-kucingku sebelumnya mati karena penyakit.

Klasifikasi


Itam memiliki bulu berwarna hitam, dari kepala hingga ekor, pada bagian bawahnya berwarna putih. Ekor nya yang panjang melambai-lambai ketika sedang berjalan. Matanya berwarna hijau dan tampak garang. Bulunya pendek karena ia hanya kucing kampung.

Deskripsi


Aku sangat menyayangi Itam. Ketika aku sedang menulis, itam akan menemaniku dengan duduk di atas meja sambil menjilati bulu-bulunya. Jika ia ingin makan, ia akan bersuara "meong" ke arahku, seolah-olah itu pertanda bahwa dia sedang lapar.

Setiap pagi, ia akan membangunkanku dari tidurku dengan mengelus-elus kepalanya ke badanku. Oleh karena itu aku sungguh sangat menyayanginya.

2. Contoh Teks Deskripsi Kelinci


Identifikasi


Aku memiliki seekor kelinci yang kuberi nama cinta. Ia adalah kelinci persia yang diberikan oleh pamanku karena aku juara kelas. Pamanku memberikanku kelinci ini beserta kandang dan makanannya serta menyuruhku untuk merawatnya dengan baik.

Klasifikasi


Cinta kelinciku memiliki bulu berwarna putih halus, lembut. Kupingnya sangat panjang sekitar 30 cm, beratnya 60 gram dengan panjang tubuhnya 50 cm. Cinta mempunyai mata biru kecoklat-coklatan yang sangat indah.

Cinta suka memakan sayur mayur dan tentu saja makanan yang paling ia suka adalah wortel. Saat tiba waktunya untuk makan, ia akan segerka menghampiriku dan menggeliat di kakiku.

Deskripsi


Cinta adalah seekor kelinci betina yang sangat aktif, ia selalu bermain denganku saat pulang sekolah, ia akan selalu menghampiriku dengan melompat-lompat yang artinya ia sangat ingin bermain bersamaku.

Kami selalu bermain di taman depan rumahku, sangat menyenangkan. Aku sangat senang pamanku memberiku hadiah kelinci, aku tidak bosan di rumah terus.

3. Contoh Teks Deskripsi Ayam


Ayam adalah hewan yang memiliki paruh runcing untuk mengambil makanan. Ayam jantan biasanya mempunyai jengger di atas kepalanya berwarna merah.

Ayam juga memiliki sepasang kaki yang biasa kita sebut ceker ayam. Memilki dua pasang lengan berbentuk sayap. Ayam juga mempunya berbagai jenis seperti ayam kampung dan ayam India.

4. Contoh Teks Deskripsi Elang


Elang adalah hewan yang memiliki tubuh besar berkepala putih hingga leher, badan sayap dan kaki nya berwarna coklat.

Hampir seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali paruh dan kaki nya dan dia termasuk hewan yang bertelur.

Elang tinggal di dataran tinggi dan sering memangsa ular-ular untuk makanannya dan perkembangbiakannya.

5. Hamster


Hamster adalah salah satu dari jenis hewan pengerat menyerupai marmut akan tetapi memiliki ukuran bentuk tubuh yang lebih mungil. 

Hewan lucu ini memiliki tubuh agak gempal dengan ukuran ekor yang lebih pendek. Pada bagian telinganya berbulu agak lebat sehingga menyerupai rambut. 

Pada bagian kaki hewan ini agak melebar dan pendek. Hamster memiliki bulu yang cukup tebal dan lebat. 

Pada bulu-bulunya terdapat warna-warna unik yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya seperti hitam, abu-abu, cokelat, kuning, putih, dan abu-abu. 

Beberapa jenis hamster yang populer dikalangan pecinta hewan diantaranya adalah hamster dzungaria atau hamster winter white, hamster cricetulus barabensis atau si kerdil bergaris, hamster phodopus atau si kerdil padang pasir dan masih banyak lagi. 

Hamster adalah tergolong hewan nokturnal yang senantiasa aktif di malam hari. namun terkadang ia juga aktif di awal pagi dan akhir sore. Selebihnya hamster lebih banyak tidur di siang hari.

6. Kucing Persia


Kucing persia merupakan salah satu dari jenis kucing yang memiliki bulu yang cukup lebat dan panjang. Pada wajahnya berbentuk agak bulat dan berhidung pendek. 

Posisi hidung pada hewan ini hampir simetris dengan kedua matanya. Jika diperhatikan agak menyamping, bagian hidung, dahi, serta dagunya terlihat datar. 

Tubuhnya yang gemuk, tambun, dan gempal membuatnya semakin terlihat lucu dan menggemaskan. Kucing ini pertama kalinya ditemukan di Persia sehingga namanya pun mengikuti daerah asal dimana kucing ini ditemukan. 

Setelah perang dunia II kucing persia mulai dikembangbiakkan di Amerika dan Inggriss. Dikedua negara tersebut kucing ini dikenal dengan sebutan Persian Longhair. Kucing persia berdasarkan penggolongan rasnya terbagi atas dua macam yakni persia berwana perak cerah dan persia berwana agak gelap. 

Beberapa jenisnya yang populer diantaranya ialah Persia Flatnose, Persia Medium, Persia Peaknose, dan Persian Himalayan. 

Hewan peliharaan lucu ini adalah salah satu jenis kucing hias yang banyak dipelihara penggemar kucing di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sumber: Ruangseni

7. Merak Hijau


Merak hijau adalah salah satu diantara jenis-jenis merak yang ada. Sesuai dengan namanya, jenis merak ini mempunyai warna bulu yang hijau. 

Merak hijau jantan mempunyai warna bulu yang lebih cerah dibanding merak betina. Selain itu, warna bulunya juga lebih keemasan dibanding merak betina yang warnanya lebih keabu-abuan. 

Selain itu, ukuran tubuh merak jantan juga mempunyai tubuh yang lebih besar, berjambul, serta mempunyai bulu ekor yang panjang dan berpola seperti mata. 

Bulu ekor tersebut bisa dikembangkan, dan biasanya dikembangkan saat sang merak jantan bertemu dengan merak betina yang disukainya. 

Jika bulu ekor tersebut dikembangkan, maka ekor bulu tersebut akan berbentuk seperti kipas yang mempunyai pola-pola yang mirip seperti mata. 

Sayangnya, burung merak yang indah ini statusnya kini terancam punah karena hutan yang merupakan habitatnya kini makin berkurang.

Sumber: Dosenbahasa

8. Gajah


Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan spesies dari kelas mamalia, yaitu binatang yang menyusui, mermpunyai ukuran yang besar, berat tubuhnya dapat mencapai 4-6 ton.

Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifikasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinga nya besar dan melebar. 

Gajah jantan memiliki sepasang gading yang memanjang ke depan, sedangkan gajah betina pada umumnya tidak memiliki gading, jika memiliki kemungkinan ukurannya sangat pendek. 

Kulitnya tidak banyak ditumbuhi oleh rambut-rambut, hanya dibagian tertentu seperti di bagian atas kepala, kuduk dan ujung ekor. Warna kulitnya abu-abu sampai hitam.  

Gajah hidup berkelompok yang dipimpin oleh gajah betina paling tua, jumlah kelompok 10-30 ekor.  

Mereka hidup berpindah, migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya untuk melakukan kegiatan mencari sumber pakan dan kawin. 

Gajah merupakan jenis mamalia besar yang mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia sehingga dapat kita jumpai gajah sebagai pekerja di penebangan perkebunan.

Gajah betina akan kawin pada umur 9 tahun atau lebih, lama kehamilannya (gestasi) 18-22 bulan dan akan melahirkan anak yang mempunayi berat 100 kg atau lebih. Jarak antara kelahiran anak gajah pada induk yang sama yakni sekitar 4 tahun.

Sumber: Giatpintar

9. Contoh Teks Deskripsi Hewan Bahasa Jawa: Kucing


Kucingku kang jenenge Catty iki campuran ras Eropa lan kucing domestik. Umure setaun. Wulune putih lan ana bintik-bintik ireng cacah telu. Bintik kang gedhe dhewe ana ing weteng. Dene bintik cacah loro ana ing endhas.

Catty lair ing tanggal 2 Januari 2017. Aku ngadopsi kucing imut iki jalaran wong sing nduwe ora gelem ngingu kucing maneh.

Dina kapisan ing omah, Catty isih wedi banget. Nanging ora butuh wektu suwe, Catty wis bisa cedhak karo wong omah. Catty iki kucing cluthak nanging lucu lan nyenengake. Catty uga seneng banget yen dielus-elus mburi kupinge.

Sumber: Jawalogger

Baca contoh lainnya:

Demikianlah penjelasan beberapa contoh paragraf karangan deskripsi singkat tentang hewan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments