Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Deskripsi Hewan Singkat - Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Parera menjelaskan bahwa deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang hidup dan berpengaruh. Karangan ini berhubungan dengan pengalaman pancaindra seperti penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman.

Terdapat 3 struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi. Masing-masing penjelasan tentang itu telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, bisa kalian baca di bawah ini.

Baca juga: Materi Teks Deskripsi Lengkap

Langsung saja, kami akan memberikan 4 (empat) contoh teks deskripsi tentang hewan, secara singkat beserta strukturnya.

Empat Contoh Teks Deskriptif tentang Hewan Peliharaan dan Liar beserta Strukturnya Lengkap

4 Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Singkat beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Kucing


Identifikasi


Aku mempunyai seekor kucing. Kuberi nama Itam. Aku memberi namanya seperti itu karena bulunya berwarna hitam. Aku sering memiliki kucing, akan tetapi kucing-kucingku sebelumnya mati karena penyakit.

Klasifikasi


Itam memiliki bulu berwarna hitam, dari kepala hingga ekor, pada bagian bawahnya berwarna putih. Ekor nya yang panjang melambai-lambai ketika sedang berjalan. Matanya berwarna hijau dan tampak garang. Bulunya pendek karena ia hanya kucing kampung.

Deskripsi


Aku sangat menyayangi Itam. Ketika aku sedang menulis, itam akan menemaniku dengan duduk di atas meja sambil menjilati bulu-bulunya. Jika ia ingin makan, ia akan bersuara "meong" ke arahku, seolah-olah itu pertanda bahwa dia sedang lapar.

Setiap pagi, ia akan membangunkanku dari tidurku dengan mengelus-elus kepalanya ke badanku. Oleh karena itu aku sungguh sangat menyayanginya.

Contoh Teks Deskripsi Kelinci


Identifikasi


Aku memiliki seekor kelinci yang kuberi nama cinta. Ia adalah kelinci persia yang diberikan oleh pamanku karena aku juara kelas. Pamanku memberikanku kelinci ini beserta kandang dan makanannya serta menyuruhku untuk merawatnya dengan baik.

Klasifikasi


Cinta kelinciku memiliki bulu berwarna putih halus, lembut. Kupingnya sangat panjang sekitar 30 cm, beratnya 60 gram dengan panjang tubuhnya 50 cm. Cinta mempunyai mata biru kecoklat-coklatan yang sangat indah.

Cinta suka memakan sayur mayur dan tentu saja makanan yang paling ia suka adalah wortel. Saat tiba waktunya untuk makan, ia akan segerka menghampiriku dan menggeliat di kakiku.

Deskripsi


Cinta adalah seekor kelinci betina yang sangat aktif, ia selalu bermain denganku saat pulang sekolah, ia akan selalu menghampiriku dengan melompat-lompat yang artinya ia sangat ingin bermain bersamaku.

Kami selalu bermain di taman depan rumahku, sangat menyenangkan. Aku sangat senang pamanku memberiku hadiah kelinci, aku tidak bosan di rumah terus.

Contoh Teks Deskripsi Ayam


Ayam adalah hewan yang memiliki paruh runcing untuk mengambil makanan. Ayam jantan biasanya mempunyai jengger di atas kepalanya berwarna merah.

Ayam juga memiliki sepasang kaki yang biasa kita sebut ceker ayam. Memilki dua pasang lengan berbentuk sayap. Ayam juga mempunya berbagai jenis seperti ayam kampung dan ayam India.

Contoh Teks Deskripsi Elang


Elang adalah hewan yang memiliki tubuh besar berkepala putih hingga leher, badan sayap dan kaki nya berwarna coklat.

Hampir seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali paruh dan kaki nya dan dia termasuk hewan yang bertelur.

Elang tinggal di dataran tinggi dan sering memangsa ular-ular untuk makanannya dan perkembangbiakannya.

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi Tempat Wisata

Demikianlah penjelasan beberapa contoh paragraf karangan deskripsi singkat tentang hewan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments