Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Cerita Ulang Biografi Singkat, Imajinatif, Pribadi, Faktual

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari mengenai teks cerita ulang. Untuk mengingat kembali pengertian cerita ulang (recount/rekon) adalah teks yang isinya menceritakan kembali suatu kejadian atau peristiwa di masa lampau, yang bertujuan untuk memberikan informasi ataupun menghibur para pembaca/pendengar.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa contoh teks cerita ulang kategori pribadi, biografi imajinatif, dan fakta. Adapun ciri-ciri teks cerita ulang yaitu: bersifat faktual dan imajinatif, menceritakan peristiwa dimasa lampau, disusun secara kronologis.

Sebelum kami mulai memberikan contoh-contohnya, sebaiknya Anda menelaah kembali struktur teks cerita ulang yang akan kami jabarkan secara singkat di bawah ini.

Struktur Teks Cerita Ulang



  • Orientasi atau disebut pengenalan, bagian ini memberikan informasi tentang siapa, kapan, dan dimana persitiwa atau kegiatan terjadi dimasa lalu. Contohnya: mengenai pengenalan tempat dan tanggal lahir, nama, masa kecil, ataupun latar belakang keluarga.
  • Events atau disebut urutan peristiwa, bagian ini menjelaskan rekaman persitiwa yang terjadi, biasanya disampai dalam urutan kronologis. Contohnya: pendidikan, karir, cita-cita dan prestasi.
  • Reorientasi, bagian ini pengulangan pengenalan pada orientasi, yang merangkum kejadian atau kegiatan yang telah diceritakan. Contohnya: penegasan kelayakan atas prestasi yang telah dicapai tokoh.


Untuk mempelajari materi tentang ini, bisa kalian baca di bawah ini untuk lengkapnya.

Pelajari dulu: Pengertian, Jenis Struktur, Ciri dan Kaidah Teks Cerita Ulang

Contoh Teks Cerita Ulang Pribadi/Personal Singkat


Judul: Luka Bakar Sivia


Orientasi


Aktris ini mengawali karirnya dibidang tarik suara dalam ajak pencarian bakat Idola Cilik. Selain sebagai seorang penyanyi, ia juga seorang model dan sudah beberapa kali membintangi sintetron stripping. Sivia Azizah sangat berbagat dalam bidang menggambar, dan telah tergabung dalam girlband bernama Blink yang anggotanya dari Ify, Pricil, Febby, dan Sivia.

Events


3 tahun yang lalu, tetapntya menjelang kelahiranya pada bulan Februari 2011. Terjadi sebuah insiden yang menyebabkan ia kini harus mengenakan baju dan celana panjang. Saat sedang syuting sinetron "Dummy Galileo" di MNC TV bersama rekan-rekannya.

Dalam suatu adegan, Sivia sedang praktek pelajaran kimia yaitu menguji coba cairan methanol yang sifatnya mudah terbakar. Tiba-tiba, secara tidak sengaja methanol itu tersenggol yang kemudian mengenai lilin hingga mengeluarkan api.

Akibatnya beberapa orang terkena ciptratan api yang salah satunya yaitu Sivia, kemudian ia dilarikan ke rumah sakit. Ia harus berbaring disana selama beberapa pekan, sempat tidak bisa berjalan dan kulitnya meradang karena luka bakar di tangan dak kakinya, bahkan leher dan sebagian mukanya melepuh. Untungnya sekarang, luka bakarnya sudah mlai hilang dan hanya tersisa dibagian tangan dan kakinya saja yang masih belum sembuh total.

Reorientasi


Saat ini Sivia tengah menjalani karirnya seperti semula, baik dalam dunia tarik suara maupun akting. Semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Contoh Teks Cerita Ulang Imajinatif/Imajinasi beserta Strukturnya


Cerita ini terjadi beberapa tahun yang lalu saat saya tengah mengikuti upacara pemakaman seorang kriminal. Saking jahatnya, sang kriminal ini menggunakan kain kafan berwarna hitam. Upacara pemakaman itu terjadi di bawah lembah yang dalam dengan hujan yang cukup deras dan petir menyambar-nyambar. Saat jenazah akan dimakamkan tiba-tiba dia bangun, kemudian menghadap ke para pelayat sambil berucap 'Pakai Hitam! Siapa takut!!'.

Contoh Teks Cerita Ulang Biografi beserta Strukturnya

Soekarno

Judul: Soekarno


Orientasi


Ir. Soekarno, biasa dipanggil dengan Bung Karno, lahir di Blitar 6 Juni 1901. Dia adalah anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai.

Urutan Peristiwa (Events)


Sebagai seorang anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik di Bandung yang kini ITB pada 1925.

3 bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuat ide-ide politiknya di media massa dalam artikel berjudul "Nasionalisme, Islam, dan Marxisme". Tulisan tersebut menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang karier selama berpolitik.

Perjuangan politiknya berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan.

Pada 1929 dia di tahan di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktivitas politiknya itu dan dibebaskan dua tahun kemudian.

Dia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, hingga dia dibebaskan oleh Jepang pada 1942.

Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mempromosikan cita-cita nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan sekutu.

Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk atas sekutu, karena desakan berbagai pihak terutama para pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengasdengklok. Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Ketika sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berjalan efektif, pada akhir 1956 Soekarno menyerukan pembubaran semua partai politik. Dia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya akan tiga pilar kekuatan bangsa, Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Namun justru kondisi krisis ekonomi dan politik bertambah runyam

Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga terhadap AS dan kekuatan barat. Untuk mengimbanginya, dia berperan sebagai pemimpin negara-negara baru melawan kekuatan kolonial dan "neokolonial". Kemudian berhasil "memaksa" Belanda menyerahkan Irian Barat/Papua dan lain sebagainya.

Situasi politik Indonesia memuncak setelah perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965, hal ini kemudian berlanjut dengan pembantaian besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, dan buntutnya Soekarno tersingkir.

Reorientasi


Sebagai Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa ini kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadinal yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang telah dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Baca contoh lainnya: Contoh Teks Ulasan Film

Hatta

Judul: Mohammad Hatta


Orientasi


Muhammad Hatta atau yang kita kenal sebagai Bung Hatta lhair di Fort de Kock, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 dan wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 dalam usia 77 tahun. Beliau adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Ia mundur dari jabatannya sebagai wapres pada tahun 1956, karena berselisih paham dengan Soekarno.

Bung Hatta dikenal sebagai bapak koperasi Indonesia. Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia.

Nama yang diberikan oleh orang tuanya ketika lahir adalah Muhammad Athar. Anak perempuanya bernama Meutia Hatta pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden SBY.

Tahap Peristiwa:


Bung Hatta adalah salah seorang pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sosoknya yang merakyat membuat dirinya begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya itu.

Besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini hingga disebut sebagai salah seorang "The Founding Father's Indonesia". Bebagai tulisan dan kisah perjuangan Bung Hatta telah ditulis dan dibukukan, tentang bagaimana beliau mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Setelah perang dunia I berakhir, generasi muda Indonesia yang berprestasi semakin banyak mendapat kesempatan menyenyam pendidikan luar negeri seperti di Belanda dan Kairo (Mesir). Hal ini diperkuat dengan diberlakukannya politik balas budi oleh Belanda. Bung Hatta merupakan salah seorang pemuda yang beruntung, ia mendapatkan kesempatan belajar di Belanda.

Kalau kita memperhatikan semangat beliau dalam berorganisasi, sebenarnya muncul atau tumbuh sewaktu beliau berada di Indonesia. Bung Hatta pernah menjadi ketua Jong Sumatera (1918-1921) dan semangat ini makin menggebu dengan asalah dari kultur pendidikan Belanda/Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan.

Reorientasi:


Kesederhanaan Bung Hatta yaitu meskipun menjabat sebagai Wapres, namun hingga akhir hayatnya ia tidak mampu membeli sepatu impiannya. Andai saja pejabat masa kini menjalankan gaya hidup seperti dirinya maka korupsi di Tanah Air kita tidak merajalela seperti sekarang.

Contoh Teks Cerita Ulang Faktual/Fakta/Informasional


Gempa Bumi


Jumat kemarein kawan tempat tinggal saya terkena bencana alam gempa bumi. Saat terjadi gempa bumi, saya sedang mengendarai mobil, ketika hendak perjalanan pulang dari kantor.

Tiba-tiba saya merasakan hentakan keras pada mobil saya. Awalnya saya kira mobil saya tidak sengaja melintasi lubang besar. Saya tidak sadar pada saat itu sedang terjadi gempa bumi. Saya baru sadar ketika tiang listrik dan telepon umum di kanan kiri saya ambruk. Saya juga melihat batu-batu besar berserakan di jalan. Mobil sayapun terjebat ditengah batu-batu dan tiang-tiang yang jatuh. Saya tidak bisa menjalankan mobil saya kemanapun. Sepertinya tidak ada harapan untuk melanjutkan perjalanan. Karena putus asa, sayapun keluar dari mobil dan berjalan kaki menuju rumah.

Sesampainya di daerah rumah saya, saya begitu kaget melihat semua rumah dan bangunan yang ada disana rata dengan ntanah. Saya tidak menyangka gempa bumi yang terjadi menyebabkan kerusakan parah seperti ini. Meskipun demikian, saya bersyukur tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Demikianlah artikel ini tentang contoh teks cerita ulang biografi, imajinatif, pribadi, maupun fakta secara khusus. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Materibindo.com dan terima kasih.

0 comments