Type something and hit enter

Posted by On
3+ Contoh Teks Biografi Guru Favorit Lengkap

Contoh Biografi Guru - Teks biografi adalah teks yang mengisahkan peristiwa yang dialami maupun masalah yang dihadapi seorang tokoh atau singkatnya biografi adalah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Dalam membuat teks biografi, sebaiknya Anda baca dulu contoh biografi yang baik dan benar yang sudah bersebaran di internet. Sehingga nantinya teks biografi yang kita buat sempurna.

Tujuan dibuatnya teks biografi salah satunya agar kita dapat mengetahui riwayat hidup seorang tokoh yang kita kagumi.

Dalam artikel ini kami hanya membagikan contoh teks biografi guru, untuk mengetahui contoh biografi singkat lainnya bisa Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Contoh Teks Biografi Singkat Pahlawan Indonesia

Berikut merupakan contoh biografi guru favorit lengkap yang wajib Anda baca, agar memudahkan dalam membuat teks biografi tentang guru.

Contoh Biografi Guru Favorit Lengkap


Agus Safari lahir pada tanggal 5 Mei 1969 di Lingkungan Singomayan, Kelurahan Singonegaran, Banyuwangi. Agus adalah anak kedelapan dari sembilan bersaudara. Ayahnya adalah seorang pensiunan prajurit TNI AD dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga biasa.

Pada usia 9 tahun, Agus sudah ditinggal ayahnya yang meninggal pada usia 65 tahun, setahun kemudian, ibunya juga meninggal dunia. Kondisi tersebut memaksa Agus untuk berupaya keras membiayai kebutuhan pendidikannya dengan berjualan pisang goreng keliling kampung.

Saat menginjak SMA, Agus Safari adala aktivis sejumlah organisasi kepemudaan diantaranya AMPI, FKPPI, dan Kepramukaan.

Lulus dari SMA, Agus Safari merantau selama empat tahun di Jakarta sebagai kenek (kernet) sebuah bus kota. Selama empat tahun itulah, Agus ditempa kehidupan yang keras di jalanan dan menghabiskan malam-malamnya di terminal.

Dengan hasil uang sebagai kenek di Jakarta, Agus melanjutkan kuliah di IKIP PGRI Banyuwangi. Dalam perjalanan pendidikannya di perguruan tinggi, Agus pernah menjabat sebagai Sekretaris Senat Mahasiswa IKIP Banyuwangi.

Agus menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1997. Selepas mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan, Agus mengabdikan diri pada sejumlah sekolah swasta yaitu SD, SMP, dan SMA Islam Al-Khairiyah, SMP PGRI I, STM PGRI I, STM Pradana, SMP Al-Irsyad Banyuwangi.

Meskipun Agus bukan tokoh terkenal, namun jasanya dalam dunia pendidikan patut untuk diapresiasi. Hingga kini Agus masih terus aktif dalam dunia pendidikan di Banyuwangi.

Contoh Biografi Seorang Guru Bahasa Inggris


Dwianto Budhiono lahir di Banyuwangi, 6 Februari 1961. Dwi adalah anak kedua dari enam bersaudara. Ayahnya bernama Amrozi Sudhiono dan ibunya Guthik Suhardina. Dwi merupakan lulusan IKIP Malang jurusan Bahasa Inggris.

Dwi sempat vakum kuliah karena kecelakaan dan melanjutkan pendidikan bahasa Inggris hingga S2. Dwi menempuh kuliah selama 12 tahun untuk mendapat gelar Drs dan Sp.d.

Prestasi yang pernah diraih semasa sekolah adalah juara 1 tingkat paralel pada masa SMPN 1 Genteng dan juara 4 di SMAN Genteng.

Dwi menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Bangorejo dan juga mengajar pelajaran bahasa Inggris. Selain sebagai kepala sekolah ia juga menjadi dosen di STIKES Krikilan, Ibrahimi Genteng dan pernah mengajar di SMK 17 Cluring.

Dwi menanamkan sikap disiplin, jujur, bekerja keras, dan banyak membaca, tidak perlu malu kepada seluruh siswanya.

Contoh Teks Biografi Guru Singkat


Samsuari lahir pada 28 Maret 1959 di Sumatera Utara. Samsuari lahir dari pasangan Temu Surbakti dan Sarmi. Beliau adalah anak pertama dari sepuluh bersaudara. Terlahir sebagai kakak membuat Samsuari harus menjadi teladan bagi adik-adiknya. Samsuari merupakan guru Penjas di SMA Plus N 7 Bengkulu.

Samsuari memiliki hobi olahraga dan seni, karena hobi itulah ia mengambil kuliah bagian olahraga di kampus IKIP Medan. Di bangku kuliah beliau menuai berbagai prestasi, yaitu juara 2 perlombaan lari sprint tingkat mahasiswa se-Sumatera Utara dan juara lomba vokal tingkat mahasiswa se-Sumatra Utara. Beliau juga merupakan anggota PSM Senior, yaitu sebuah klub sepak bola Medan.

Selama kuliah, Samsuari sudah mengajar di SMA Swasta Hamir Hamjah selama 2 tahun. Setelah lulus kuliah, beliau hijah ke Bengkulu dan kemudian mengabdikan diri pada sejumlah sekolah yang salah satunya SMA AASB Bengkulu selama 2 setengah tahun. Pada tahun 1986 beliau bertugas di SMAN 5 Bengkulu.

Pada pertengahan 1992, Samsuari berpindah tugas di SMAN 1 Bengkulu hingga 2011. Setelah di SMAN 1, perjalanan mengajar beliau berlanjut di SMA PLUS N 7 hingga sekarang.

Samsuari memiliki banyak sekali masa-masa sulit dalam karirnya sebagai guru, akan tetapi beliau tetap menjalani pekerjaan yang menjadi cita-citanya sejak kecil dengan hati yang ikhlas.

Itulah tadi 3 contoh teks biografi tentang guru favorit. Bagi kalian yang ingin mengetahui materi lengkap tentang teks biografi bisa membaca artikel di bawah ini.

Baca juga: Teks Biografi (LENGKAP): Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contoh

Demikianlah artikel tentang contoh biografi guru singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments