Type something and hit enter

Posted by On
3+ Contoh Teks Biografi Guru Favorit Lengkap

Contoh Biografi Guru - Teks biografi adalah teks yang mengisahkan peristiwa yang dialami maupun masalah yang dihadapi seorang tokoh atau singkatnya biografi adalah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Dalam membuat teks biografi, sebaiknya Anda baca dulu contoh biografi yang baik dan benar yang sudah bersebaran di internet. Sehingga nantinya teks biografi yang kita buat sempurna.

Tujuan dibuatnya teks biografi salah satunya agar kita dapat mengetahui riwayat hidup seorang tokoh yang kita kagumi.

Dalam artikel ini kami hanya membagikan contoh teks biografi guru, untuk mengetahui contoh biografi singkat lainnya bisa Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Contoh Teks Biografi Singkat Pahlawan Indonesia

Berikut merupakan contoh biografi guru favorit lengkap yang wajib Anda baca, agar memudahkan dalam membuat teks biografi tentang guru.

Contoh Biografi Guru Favorit Lengkap


Agus Safari lahir pada tanggal 5 Mei 1969 di Lingkungan Singomayan, Kelurahan Singonegaran, Banyuwangi. Agus adalah anak kedelapan dari sembilan bersaudara. Ayahnya adalah seorang pensiunan prajurit TNI AD dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga biasa.

Pada usia 9 tahun, Agus sudah ditinggal ayahnya yang meninggal pada usia 65 tahun, setahun kemudian, ibunya juga meninggal dunia. Kondisi tersebut memaksa Agus untuk berupaya keras membiayai kebutuhan pendidikannya dengan berjualan pisang goreng keliling kampung.

Saat menginjak SMA, Agus Safari adala aktivis sejumlah organisasi kepemudaan diantaranya AMPI, FKPPI, dan Kepramukaan.

Lulus dari SMA, Agus Safari merantau selama empat tahun di Jakarta sebagai kenek (kernet) sebuah bus kota. Selama empat tahun itulah, Agus ditempa kehidupan yang keras di jalanan dan menghabiskan malam-malamnya di terminal.

Dengan hasil uang sebagai kenek di Jakarta, Agus melanjutkan kuliah di IKIP PGRI Banyuwangi. Dalam perjalanan pendidikannya di perguruan tinggi, Agus pernah menjabat sebagai Sekretaris Senat Mahasiswa IKIP Banyuwangi.

Agus menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1997. Selepas mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan, Agus mengabdikan diri pada sejumlah sekolah swasta yaitu SD, SMP, dan SMA Islam Al-Khairiyah, SMP PGRI I, STM PGRI I, STM Pradana, SMP Al-Irsyad Banyuwangi.

Meskipun Agus bukan tokoh terkenal, namun jasanya dalam dunia pendidikan patut untuk diapresiasi. Hingga kini Agus masih terus aktif dalam dunia pendidikan di Banyuwangi.

Contoh Biografi Seorang Guru Bahasa Inggris


Dwianto Budhiono lahir di Banyuwangi, 6 Februari 1961. Dwi adalah anak kedua dari enam bersaudara. Ayahnya bernama Amrozi Sudhiono dan ibunya Guthik Suhardina. Dwi merupakan lulusan IKIP Malang jurusan Bahasa Inggris.

Dwi sempat vakum kuliah karena kecelakaan dan melanjutkan pendidikan bahasa Inggris hingga S2. Dwi menempuh kuliah selama 12 tahun untuk mendapat gelar Drs dan Sp.d.

Prestasi yang pernah diraih semasa sekolah adalah juara 1 tingkat paralel pada masa SMPN 1 Genteng dan juara 4 di SMAN Genteng.

Dwi menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Bangorejo dan juga mengajar pelajaran bahasa Inggris. Selain sebagai kepala sekolah ia juga menjadi dosen di STIKES Krikilan, Ibrahimi Genteng dan pernah mengajar di SMK 17 Cluring.

Dwi menanamkan sikap disiplin, jujur, bekerja keras, dan banyak membaca, tidak perlu malu kepada seluruh siswanya.

Contoh Teks Biografi Guru Singkat


Samsuari lahir pada 28 Maret 1959 di Sumatera Utara. Samsuari lahir dari pasangan Temu Surbakti dan Sarmi. Beliau adalah anak pertama dari sepuluh bersaudara. Terlahir sebagai kakak membuat Samsuari harus menjadi teladan bagi adik-adiknya. Samsuari merupakan guru Penjas di SMA Plus N 7 Bengkulu.

Samsuari memiliki hobi olahraga dan seni, karena hobi itulah ia mengambil kuliah bagian olahraga di kampus IKIP Medan. Di bangku kuliah beliau menuai berbagai prestasi, yaitu juara 2 perlombaan lari sprint tingkat mahasiswa se-Sumatera Utara dan juara lomba vokal tingkat mahasiswa se-Sumatra Utara. Beliau juga merupakan anggota PSM Senior, yaitu sebuah klub sepak bola Medan.

Selama kuliah, Samsuari sudah mengajar di SMA Swasta Hamir Hamjah selama 2 tahun. Setelah lulus kuliah, beliau hijah ke Bengkulu dan kemudian mengabdikan diri pada sejumlah sekolah yang salah satunya SMA AASB Bengkulu selama 2 setengah tahun. Pada tahun 1986 beliau bertugas di SMAN 5 Bengkulu.

Pada pertengahan 1992, Samsuari berpindah tugas di SMAN 1 Bengkulu hingga 2011. Setelah di SMAN 1, perjalanan mengajar beliau berlanjut di SMA PLUS N 7 hingga sekarang.

Samsuari memiliki banyak sekali masa-masa sulit dalam karirnya sebagai guru, akan tetapi beliau tetap menjalani pekerjaan yang menjadi cita-citanya sejak kecil dengan hati yang ikhlas.

Biografi Guru SD


Ini adalah contoh teks biografi guru SD.

Nama lengkap beliau adalah Idrus As Segaf. Beliau dilahirkan di desa Bemo di kepulauan Maluku. Beliau bersama orang tuanya pindah ke kota Bandung agar Idrus kecil bisa belajar dan menjadi guru yang merupakan cita-cita sejak kecil.

Setamat SMP beliau melanjutkan di sebuah sekolah guru waktu itu yang setingkat SMA. Setelah belajar dengan rajin selama tiga tahun beliau kemudian mengabdikan diri di sebuah sekolah dasar sederhana di kota Bandung, yaitu SDN Cibuntu V.

Beliau mengajar semua mata pelajaran, kecuali agama dan olahraga karena dua mata pelajaran tersebut ada guru khusus yang mengampu. Beliau menggunakan trik khusus dalam mengajar dan menarik perhatian murid-murid kecilnya, yaitu setiap awal jam pelajaran setiap baris bangku siswa disuruh berbaris di depan kelas. Kemudian beliau akan memberikan pertanyaan seputar pelajaran kepada tiap siswa. Yang bisa menjawab pertanyaan dengan tepat boleh duduk, sedangkan yang tidak bisa menjawab akan terus berdiri di depan kelas. Trik tersebut sangat memotivasi murid-murid kecil itu untuk belajar sungguh-sungguh.

Beliau tetap setia mengajar di SD tersebut hingga masa pensiunnya.

Biografi Guru Matematika


Ini adalah contoh biografi seorang guru matematika.

Tarni, S.Pd. , biasa disapa Bu Tarni, lahir di Wonogiri 29 Juni 1971. Menjalani pendidikannya mulai di bangku SDN Bulusari I lulus tahun 1984 dan MTsN Wonogiri, lulus tahun 1987. Kemudian melanjutkan ke MAN Ponorogo jurusan Biologi lulus tahun 1990. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Fakultas MIPA jurusan Matematika.

Bu Tarni mengawali karir sebagai guru di almamaternya MTsN Wonogiri dari tahun 1995 – 1997. Setelah merantau ke Jakarta, Bu Tarni mengajar di SD Tadika Puri Pamulang – Tangerang Selatan dari tahun 1997 – 2001. Sejak tahun 2001 hingga sekarang, Bu Tarni mengajar di SD Islam Al Syukro Universal Ciputat – Tangerang Selatan.

Di SD Islam Al Syukro Universal inilah Bu Tarni mendedikasikan dirinya secara total. Mendidik generasi muda penerus bangsa. Selain mengajar mata pelajaran Matematika, Bu Tarni juga beberapa kali menjadi wali kelas. Saat ini Bu Tarni menjabat sebagai wakil kepala Sekolah bidang Kurikulum. Jabatan yang sama juga pernah diembannya selama lima taun berturut-turut yakni dari tahun pembelajaran 2008/2009 hinga tahun pembelajaran 2012/2013.

Segudang pengalaman sudah dia jalani sebagai seorang guru. Antara lain pernah menjadi Pemateri Mata Pelajaran Ujian Nasional (UN) Matematika di TV Edukasi pada tahun 2012, sebagai Instruktur Nasional pada kegiatan Guru Pembelajar (PKB) pada tahun 2016, dan sebagai Penulis Naskah Soal UN untuk mata pelajaran Matematika SD pada tahun 2017.

Ibu guru yang hoby mendengkaran musik dan touring itu juga telah menorehkan banyak prestasi. Prestasi tersebut antara lain, beberapa kali meluluskan siswa dengan nilai UN Matematika 100, sebagai wali kelas pernah mendapatkan penghargaan kelas terkreatif, dan tiga kali mendapatkan penghargaan sebagai guru terdisiplin. Bu Tarni juga sebagai salah satu guru bersertifikat pendidik di SD Islam Al Syukro Universal.

Ada suka dan duka yang dialami Bu Tarni selama enam belas tahun menjadi guru di SD Islam Al Syukro. Sukanya adalah merasa bangga menjadi bagian yang dapat mengantarkan siswa-siswi (alumni) menjadi orang yang sukses. Dukanya adalah ketika mendapat perlakuan yang buruk (tidak sopan) dari orangtua siswa da siswa. Sebagai salah satu guru senior di SD Islam Al Syukro Universal Ciputat – Tangerang Selatan, Ibu Tarni menyampaikan pesan, baik kepada para siswa maupun untuk rekan-rekan guru.

Untuk para siswa, Ibu Tarni berpesan: “Lakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan terbaik, dan biarkan Allah yang menentukan mau jadi apa kita nanti.” Sedangkan pesan untuk rekan-rekan guru: “Laksanakan amanah yang dititipkan Allah kepada kita dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan dan hanya diniatkan untuk ibadah.”

“Optimis karena hidup terus mengalir dan kehidupan terus berputar,” adalah moto Ibu dari dua orang putri itu.

Sosoknya yang selalu tampil semangat, penuh antusias dan disiplin itu layak menjadi contoh dan teladan, baik bagi para siswa maupun bagi para guru yang lain. 

Contoh Teks Biografi Guru Ngaji


Bapak Suyudi merupakan seorang guru ngaji yang cukup terkenal di Karangsari karena sudah mengajar ngaji sejak tahun 1993. Beliau sekarang berumur 57 tahun dan tepatnya lahir pada tahun 1956. Bapak dengan dua anak ini lahir di Desa Prigi Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

Beliau mengajar ngaji dengan sukarela. Murid yang beliau ajar, akan membayar biaya seikhlasnya. Apabila ada yang tidak membayar, beliau juga tidak memaksa karena itu adalah kesanggupannya masing-masing.    

Dahulu beliau mengajar mulai dari Karangsambung dan Jalan Garuda, lalu merambat ke Kebagoran hingga akhirnya sampai ditempat itu. Awalnya, tidak ada yang mengenal beliau, hanya satu keluarga yang mengaji ditempat itu dan hanya ada tiga orang. Mereka percaya kepada beliau karena beliau telah berpengalaman dalam mengajar ngaji. Beliau mulai mengajar ngaji ditempat itu mulai tahun 1993 dan pada tahun 1994 sudah ada yang khatam. Selanjutnya masyarakat sekitar mulai mempercayainya dan mengaji ketempat beliau.

TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) yang beliau tekuni sekarang ini adalah TPQ Nur Fattah. Akan tetapi, seiringnya berkembangnya zaman, kini TPQ tersebut diubah  dengan BTQ (Bustan Tsamrotul Qolbis Salim atau yang biasa disebut Baca Tulis Al-Quran). Ini semua beliau lakukan untuk mengajar anak-anak agar tdak hanya bisa membaca Al-Quran saja, tetapi juga bisa menulisnya. Beliau tidak pernah lelah dalam memberi pengajaran kepada murid-muridnya. Beliau juga mengajar dengan tulus dan ikhlas.

Beliaumempunyai motto, yaitu lebih baik sederhana tetapi bermanfaat untuk orang lain daripada kaya tetapi tidak bermanfaat.

Itulah tadi enam contoh teks biografi tentang guru favorit. Bagi kalian yang ingin mengetahui materi lengkap tentang teks biografi bisa membaca artikel di bawah ini.

Baca juga: Teks Biografi (LENGKAP): Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contoh

Demikianlah artikel tentang contoh biografi guru singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments