Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, & Campuran Singkat (TERBARU 2020)

Kali ini kami akan membahas mengenai contoh paragraf induktif, deduktif dan campuran.

Jenis-jenis paragraf sebenarnya ada banyak. Paragraf induktif, deduktif, dan campuran termasuk jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya.

Paragraf ini masing-masing memiliki perbedaan tersendiri. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Artikel terkait: Pengertian Paragraf (Ciri-Fungsi-Syarat) Jenis Paragraf

Contoh Paragraf Induktif Singkat


Sebelum kami menunjukkan beberapa contoh paragraf induktif. Sebaiknya, kamu terlebih dahulu mengetahui apa itu paragraf induktif?.

Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan menyebutkan atau membahas masalah-masalah khusus untuk memperoleh suatu kesimpulan umum yang mencakup seluruh peristiwa khusus sebelumnya.

Dalam pola pengembangan paragraf induktif, kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Jadi, yang perlu kalian ingat adalah paragraf induktif ini kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Dalam artikel ini kami membahas contoh paragraf induktif antara lain tentang lingkungan, kesehatan, pendidikan, liburan, dan lain-lain.

Contoh paragraf induktif tentang liburan


Dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami masih menikmati panorama yang masih asri. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit yang menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam negri Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil manusia.

Suara ombak di pantai terdengar sampai ke telinga. Beberapa pedagang makanan dan oleh-oleh berjejer rapi di sepanjang jalan. Wajah-wajah dari berbagai penjuru dunia terasa akrab di mata. Begitulah suasa liburan di Pantai Kuta, Bali saat ini.

Contoh paragraf induktif tentang kesehatan


Vetsin mengandung zat yang berbahaya. Banyak mengkonsumsi makanan mengandung vetsin tidak bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, hentikan penggunaan vetsin pada masakan demi menjaga hidup sehat.

Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari ini dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuhnya. Demam berdarah bisa ditandai dengan beragam gejala yang harusnya segera mendapatkan penanganan oleh dokter.

Contoh paragraf induktif tentang pendidikan


Karya sastra merupakan hasil olahan imajinasi pengarangnya. Pengarang harus membebaskan imajinasinya supaya hasil dari karyanya berkualitas. Tanpa adanya daya imajinasi, mustahil seseorang berhasil menciptakan sebuah karya sastra bernilai tinggi. Oleh karena itu, imajinasi merupakan aspek penting dalam proses penciptaan karya sastra.

Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin puisi darinya. Pengarang novel merangkai cerita dengan pengembangan imajinasi. Demikian pula seniman akan menggoreskan lukisan didahului dengan imajinasi di kepalanya ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi diperlukan dalam menciptakan suatu karya.

Contoh paragraf induktif tentang usaha


Suksesnya penjualan ice cream Magnum merupakan salah satu dari banyak contoh memanfaatkan momentum dengan baik dalam pengembangan bisnis. Momentum ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh ice cream Magnum dengan membangun Magnum Cafe. Terbukti, banyak orang rela mengantre untuk bisa mencicipi ice cream di Magnum Cafe. Sekali lagi keberuntungan berpihak kepada orang yang pandai memanfaatkan momentum yang ada.

Contoh paragraf induktif tentang lingkungan


Maka dari itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan seminggu sekali. Karena, jika lingkungan yang bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerja bakti sangat penting dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Bertanam hidropnik dapat dilakukan dengan media apapun, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan banyak air. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman langsung dari tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk membuat sistem ini memang cukup mahal, tapi ini bisa disiasati dengan menggunakan bahan-bahan bekas di sekitar. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik.

Contoh paragraf induktif tentang teknologi


Pada era saat ini, teknologi seakan terus berkembang semakin cepat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap tekonologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukan agar kita tidak tertinggal di era global ini.

Contoh paragraf induktif yang diambil dari koran


Padahal DPRD Pekanbaru sudah memproduksi banyak perda. Bila dihitung dari awal 2012, jumlah perda yang telah di sahkan DPRD mencapai belasan aturan. Namun, sampai saat ini tak pernah ada proses pengenalan kepada masyarakat.

Dalam APBD tahun 2012, terungkap dana tersebut mencapai RP. 248 juta. Berdasarkan alokasi anggaran, sosialiasi sedianya dilakukan terhadap 2.000 orang. Namun, sampai sekarang dana itu masih utuh alias tidak terpakai sama sekali.

Artikel terkait: Contoh Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Deduktif Singkat


Selanjutnya kita akan mengetahui contoh paragraf deduktif.

Apa itu paragraf deduktif?

Paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan menyebutkan atau membahas masalah-masalah umum untuk memperoleh suatu kesimpulan khusus.

Dalam pola pengembangan paragraf deduktif, kalimat utamanya berada di awal paragraf.

Jadi, yang perlu kamu ingat adalah, paragraf deduktif itu kalimat utamanya terletak di awal paragraf.

Dalam artikel ini kami membahas contoh paragraf deduktif antara lain tentang pendidikan, hewan, olahraga, hukum dan-lain.

Contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas


Kemacetan menjadi masalah baru di Pekanbaru. Permasalahan ini terjadi karena banyaknya masyarakat yang membeli kendaraan baru. Padahal di Pekanbaru terdapat berbagai macam alat transportasi umum yang memadai.

Layanan SIM keliling dan drive thru amat sangat memudahkan masyarakat. Tempatnya yang terletak pada jalan-jalan protokol sehingga mudah untuk dijangkau. Hal ini disambut baik oleh kebanyakan masyarakat.

Kecelakan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI acap kali terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya dari prajurit TNI, tetapi rakyat sipil kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.

Contoh paragraf deduktif tentang tumbuhan


Tumbuhan sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satu manfaatnya adalah memberikan oksigen di bumi kemudian digunakan manusia untuk bernafas. Selain itu, manusia juga dapat memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan, obat, tempat tinggal dan masih banyak lainnya.

Contoh paragraf deduktif tentang hewan


Tikus adalah hewan yang menjadi musuh besar bagi petani karena sangat merugikan. Berpuluh-puluh hektar sawah di berbagai daerah mengalami gagal panen disebabkan padinya dimakan tikus. Tanaman lain seperti singkong pun tak luput menjadi korbannya, bahkan buah eptai cina yang sudah tua juga habis digerogoti binatang ini.

Contoh paragraf deduktif tentang pendidikan


Terlambat sudah menjadi hal lumrah bagi mahasiswa. Terlambat tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, karena bangun kesiangan yang selalu menjadi hambatan. Kedua, menumpuknya tugas dari dosen. Ketiga, halangan yang tidak terduga-duga seperti: kecelakaan dan ban bocor. Terakhir, kurang diterapkannya kedisiplinan untuk mahasiswa dari dosen.

Contoh paragraf deduktif tentang teknologi


Di zaman modern saat ini, alat komunikasi menjadi alat penting bagi kebutuhan primer manusia. Hal tersebut terjadi karena banyak pekerjaan sekarang bergantung kepada alat komunikasi. Penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa manusia tiap harinya tidak lepas menggunakan alat komunikasi genggamnya yang disebut handphone.

Contoh paragraf deduktif dari koran


KOTA - Jarang ada pasar tradisional yang menyediakan layanan kesehatan seperti yang terlihat di pasar Songgolangit Ponorogo. Dinamakan pos kesehatan pasar alias poskespas karena ditujukan guna melayani pedagang dan pembeli. Tingkat kunjungan pasien mencapai 20 orang/hari, kendati letak poskespas itu terpencil di dekat area parkir. "Letaknya nyelempit, kalau orang baru pasti bingung mencari, ungkap Karmini, salah seorang pedagang yang menjadi pasien poskespas Pasar Songgolangit, kemarin (16/8).

Ada juga penyelenggaraan pendidikan. Aturan itu juga menggariskan sejumlah kebijakan baru di bidang pendidikan. Misalnya, alokasi bantuan personal kepada siswa SD, SMP, SMA/SMK swasta. Dengan alokasi tersebut, siswa tidak mampu tidak perlu khawatir memikirkan biaya membeli seragam hingga buku tulis. Sebab, pembkot akan menanggungnya dalam bentuk barang.

Pagi sekitar pukul 06.30 WIB satu jenis pesawat berjenis Hercules jatuh di Purwodadi, Madiun, Jawa Timur. Pesawat tersebut jatuh di area persawahan dan belum ada data resmi mengenai data pesawat tersebut. Namun diduga pesawat tersebut adalah miliki TNI Angkatan Udara (TNI-AU).

Contoh Paragraf Campuran Singkat 


Terakhir yaitu contoh paragraf campuran.

Apa itu paragraf campuran?

Paragraf campuran merupakan campuran antara paragraf deduktif dan induktif. Dengan demikian, letak kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf.

Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf merupakan penegasan kemblai dengan susunan yang agak berbeda.

Jadi, intinya paragraf campuran ini, kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf. Atau bisa dikatakan campuran antara 2 paragraf yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Dalam artikel ini kami membahas contoh paragraf campuran antara lain tentang lingkungan, pendidikan, teknologi informasi dan lain-lain.

Contoh paragraf campuran tentang lingkungan


Membersihkan sekolah menjadi kewajiban setiap siswa-siswi. Karena sekolah yantg bersih akan membuat penghuninya merasa nyaman dan tentram. Tak hanya itu, dengan rutin membersihkan, kita akan terhindar dari bibit-bibit penyakit. Tak usah setiap hari membersihkan sekolah, cukup dua kali dalam seminggu. Itulah pentingnya selalu membersihkan sekolah.

Contoh paragraf campuran tentang pendidikan


Keberadaan SMP Terbuka sangat membantu siswa kurang mampu. Dengan adanya sekolah ini, siswa yang orang tuanya tidak punya biasa untuk menyekolahkan anaknya kini bisa tersenyum lega. Anak-anak yang memiliki minat untuk melanjutkan ke jenjang sekolah dari SD hingga tingkat SMP merasa terbantu dengan adanya SMP Terbuka. Banyak siswa miskin tetapi memiliki prestasi akademik yang cukup baik, kenyataan ini harus diperjuangkan. Dengan demikian, SMP Terbuka memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa kurang mampu.

Bahasa sangat penting dalam kehidupan kita. Untuk berkomunikasi kita menggunakan bahasa. Untuk bekerja sama kita menggunakan bahasa. Untuk mewarisi dan mewariskan kebudayaan, kita perlu bahasa. Sekali lagi, betapa pentingnya bahasa bagi kehidupan kita.

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Binatang bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang tersedia di alam. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makanan dan minuman untuk tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup akan mati jika tidak makan dan minum sama sekali. Jadi, manusia, tumbuhan, dan binatang membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup.

Contoh paragraf campuran tentang teknologi


Instagram menjadi teman dekat bagi anak muda sekarang. Mulai dari bangun pagi sampai tidur kembali, pasti tidak lepas untuk menyempatkan diri untuk bermain IG. Instagram menjadi tempat mencari teman, melihat tempat-tempat bagus, dan lain-lain. Instagram memang benar-benar menjadi teman dekat bagi anak muda.

Demikianlah artikel yang telah Materibindo.com bahas mengenai contoh paragraf induktif, deduktif serta campuran. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments