Type something and hit enter

author photo
By On
Contoh Paragraf Narasi Singkat - Apa yang dimaksud dengan teks narasi? Pengertian teks naratif adalah karangan yang berisi serangkaian peristiwa, dan masalahnya didukung oleh pelaku atau para tokoh serta memerlukan imajinasi yang disusun secara runtut.

Paragraf narasi disebut juga cerita, dapat berisikan fakta, fiksi atau rekaan yang dikhayalkan penulisnya.

Paragraf narasi sering digunakan untuk mengungkapkan suatu peristiwa secara kronologis dengan urutan waktu maupun tempat.

Adapun jenis teks narasi terbagi menjadi 3, yaitu narasi ekspositoris (informatif), narasi sugestif dan narasi artistik.

Contoh paragraf narasi ekspositoris/informatif umumnya memuat cerita yang didalamnya terdapat informasi secara lengkap dan jelas serta disampaikan secara informatif dengan bahasa yang baik dan benar.

Contoh paragraf narasi sugestif umumnya menyampaikan sebuah makna kepada pembaca melalui daya khayal yang dimilikinya.

Contoh paragraf narasi artistik mempunyai tujuan menyampaikan suatu amanat/pesan tersembunyi yang diketahui oleh penulis untuk ditujukan kepada para pembaca/pendengar sehingga seolah-olah mereka melihat dengan nyata.

Berikut kumpulan contoh paragraf/teks narasi singkat beserta penjelasannya secara lengkap.

Contoh Paragraf Narasi Singkat beserta Penjelasan Lengkapnya


Contoh Paragraf Narasi #1 Ulang Tahun Niko


Hari ini merupakan hari yang akan selalu dikenang oleh Niko, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia menaruh curiga akan kelakukan teman-temannya. Benar saja, saat bel pulang sekolah berbunyi, teman-temannya memberikan sebuah kejutan kue ulang tahun dan taburan tepung ke badannya.

Contoh paragraf narasi di atas menceritakan Niko yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun, sebelumnya ia sudah menduganya, karena sikap teman-temannya berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar dugaan Niko selama ini.

Contoh Paragraf #2 Bermimpi


Pernah suatu ketika aku bermimpi bertemu seorang kakek berjenggot panjang. Kakek itu menyuruhku untuk pergi ke arah timur. Aku tidak mengerti apa maksudnya. Sesudah bangun, keinginan untuk memenuhi perintah kakek itu seperti tidak terbendung. Aku harus pergi ke arah timur. Timur .... timur ... mana? Jakarta Timur?

Menceritakan seorang anak yang bermimpi bertemu kakek misterius yang menyuruhnya untuk pergi ke arah timur.

Contoh Teks Narasi Singkat #3 Patih Pranggulang


Patih Pranggulang menghunus pedangnya. Ia mengayunkan dengan cepat pedang itu ke tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar, pedang itu jatuh ke tanah. Patih Pranggulang memungut pedang dan membacokkan lagi ke tubuh Tunjungsekar. Tiga kali Patih Pranggulang melakukan hal itu. Akan tetapi semua upayannya gagal.

Contoh di atas menceritakan Patih Pranggulang membacok Tunjungsekar. Namun hal aneh terjadi, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar, pedang itu jatuh ke tanah. Sudah tiga kali Patih Pranggulang berusaha membacok Tunjungsekar, namun semuanya gagal.

Contoh Paragraf Narasi Panjang #4 Perjuangan seorang Ibu


Hari-hariku sebagai pekerja perempuan di perusahaan industri makanan olahan sangat padat dan sungguh melelahkan. Bayangkan tiap pagi sekali aku harus bangun dan menyiapkan sarapan untuk anak-anakku. Sebelumnya, aku tentu harus memandikan mereka karena anak-anakku masih kecil.

Sambil aku ganti baju kerja, aku sempatkan untuk menyuapi anakku yang paling kecil. Setelah beres urusan rumah, segera aku berlari untuk mengejar angkutan yang mengangkutku ke jalan raya yang dilalui bus.

Contoh diatas menceritakan perjuangan seorang ibu, walaupun ia sudah lelah dengan pekerjaannya, ia tidak lupa untuk mengurusi keperluan anak-anaknya sebelum berangkat bekerja.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris/Informatif #5 Keracunan Makanan


Ratusan warga keracunan makanan. Musibah itu terjadi enam jam setelah mereka menikmati hidangan dalam hajatan sunatan di rumah Slamet Riyadi (38), warga Desa Jompo Kulon, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekitar 200 penduduk dari beberapa desa dibawa ke puskesmas. Untungnya tidak ada korban meninggal dalam musibah tersebut.

Contoh Teks Narasi Ekspositoris/Informatif #6 Merawat Merpati


Merawat dan memelihara Merpati tidaklah terlalu sulit. Bagi pemula, langkah pertama adalah membeli merpati satu pasang di tempat usaha peternakan merpati. Jika merpati masih kecil, usahakan kandang tidak terlalu terbuka agar suasana dalam kandang cukup hangat dan cukup terang.

Selanjutnya, periksalah makanan dan minumannya secara teratur. Sebaiknya kandang merpati dibersihkan secara teratur untuk menjaga kesehatan merpati dan tempat tinggalnya.

Contoh Narasi Pengalaman Pribadi #7 Hari yang Melelahkan


Hari minggu ini adalah hari yang melelahkan bagiku. Jika pagi hari, banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku. Pukul 5 pagi, aku harus sudah bangun untuk membantu ibuku memasak dan setelahnya aku harus menemani adik-adikku bermain sampai lelah dan mereka tertidur.

Contoh Karangan Narasi Ekspositoris #8 Perjuangan Ir. Soekarno


Pada 4 Juli 1927, Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) bertujuan untuk Indonesia merdeka, namun pada tanggal 29 Dember 1929, Belanda menangkap dan memasukkan beliau ke penjara Sukamiskin di Bandung sampai 31 Desember 1931 Soekarno dibebaskan, kemudian ia bergabung dengan Partindo namun untuk kedua kalinya ia ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933 kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Setelah melewati perjuangan yang panjang, bersama Bung Hatta, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Paragraf Narasi Urutan Tempat #9 Marco Polo


Marco Polo adalah salah satu penjelajah paling terkenal di dunia. Petualangannya dimulai pada tahun 1272 dari kota kelahirannya yaitu Venesia menuju ke daerah selatan Irak dan tinggal selama satu tahun disana.

Ia kemudian melanjutkan perjalanan ke Teluk Persia menuju Khurasan lalu tinggal di Afghanistan selama satu tahun. Selama tinggal di Afghanistan, ia mengunjungi beberapa tempat seperti Pakistan dan Khasmir.

Setelah meninggalkan Afghanistan, Marco Polo sempat singgah ke Nusantara melalui Sri Lanka. Marco Polo akhirnya kembali lagi ke Venesia melalui jalur sutera sepanjang Cina sampai Turki.

Contoh Karangan Narasi Singkat #10 Jalanan Jakarta


Kami menyusuri jalanan Jakarta. Bundaran di depan Hotel Indonesia terlalu megah untuk kami yang baru pertama kali datang ke Ibukota Indonesia ini. Gedung-gedung tinggi, pusat perbelanjaan yang sangat besar dan mewah. Tidak akan cukup uang kami bila masuk kesana. Mobil-mobil dari yang paling jelek hingga yang paling bagus ada disini, yang sedari tadi menjalar sangat panjang dijalanan dan hanya bergerak beberapa meter lalu berhenti lagi.

Contoh Paragraf Narasi #11 Ani


Di pagi hari Ani bangun tidur tepat pada jam 5, ia langsung mandi dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat Subuh, sehabis itu ia langsung mempersiapkan buku-buku pelajaran untuk hari ini, setiap harinya Ani sangat rajin dari bangun pagi sampai membantu orang tua memasak sarapan pagi, ia tidak pernah mengeluhkannya.

Contoh Teks Narasi Fakta #12 Domnest Outalk


Pada tahun 1878 di sebuah kota kecil bernama Bonstok, Bosnia. Terdapat sepasang suami-istri yang sedang tersenyum menyambut kedatangan buah hatinya yang lahir kedunia. Ialah Domnest Outalk, seorang anak yang nantinya akan memimpin negara tempat kelahirannya tersebut.

Waktu berlalu, hingga menginjak tahun 1891 ketika sang patriot muda memutuskan untuk mencari jati dirinya di tanah perantauan jauh dari orang tua.

Namun bukan tanpa hasil, setelah 10 tahun berselang, Agustus 1901, ia berhasil mencapai jajaran konsulat negara yang terpandang. Dan berkat tetesan darah dan keringatnya, tampuk kekuasaan tertinggi pun dapat ia raih di tahun 1913. Pencapaian yang sungguh membanggakan bagi kedua orang tuanya.

Contoh Karangan Narasi #13 Liburanku


Pada tanggal 2 Mei, sekolahku libur selama tujuh hari dan berakhir tangal 9 Mei. Aku dan keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu libur ini. Ketika itu aku memilih berlibur ke Ancol.

Pagi-pagi sekali aku sudah berbenah dan menyiapkan segala sesuatu dan perbekalan yang nantinya dibutuhkan disana. Sepanjang perjalanan, aku bernyanyi-nyanyi karena hatiku sangat bahagia bisa liburan keluarga bersama-sama.

Betapa senangnya aku sampai di Ancol, segala permainan sudah tampak di depan mata. Dengan hati suka ria, aku sambut Ancol dengan senyumku, banyak sekali orang yang hendak bersenang ria di tempat ini. Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain-main.

Contoh Teks Narasi #14 Mak Ijah


Sudah sekian lama sejak saat itu, berangkatlah Mak Ijah ke Tanah Suci, Mekkah. Sesampainya di sana, ia melakukan rukun Haji dengan baik. Tak henti-hentinya ia berdoa dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Setelah melaksanakan ibadah Haji, ia pulang bersama jamaah Haji asal Indonesia lainnya. Kepulangannya disambut hangat oleh keluarga dna kerabat yang dulu menghujatnya.

Contoh Paragraf Narasi #15 Oemar Bakri


Suatu pagi, berangkatlah bapak Oemar Bakri ke sekolah menaiki sepeda bututnya. Dia kayuh sepedanya hingga puluhan kilometer untuk sampai ke sekolah. Keringat dan letih yang dirasa tergantikan oleh sambutan anak-anak didiknya sesaat ia sampai di sekolah.

Bel masuk berbunyi, kegiatan belajar mengajar pun dimulai. Setelah beberapa waktu berlalu, akhirnya bel pulang berbunyi. Semua siswa pulang ke rumah masing-masing tak terkecuali bapak guru Oemar Bakri. Walau gajinya tak seberapa, ia selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Contoh Karangan Naratif #16 Bi Narsih


Pagi itu, Bi Narsih hendak pergi ke pasar. Ia berhenti di pinggir jalan menanti angkot datang. Beberapa menit kemudian, akhirnya angkot datang. Ia naik dan menunggu angkot tiba di pasar.

Sesampainya di pasar, ia membeli berbagai sayur-mayur. Saat hendak membayar, ia kebingungan karena tidak menemukan dompetnya. Mungkinkah ia kecopetan? Mungkinkah dompet itu jatuh? Segala pertanyaan membayangi pikirannya. Terpaksa ia mengurungkan niatnya membeli sayur-mayur. Ia pulang dengan tangan hampa, jalan kaki pula. Sungguh malang nasib Bi Narsih.

Contoh Teks Narasi Cerita Fiksi #17 Menjadi Pahlawan


Di sebuah kota X, hiduplah seorang pemuda yang bercita-cita ingin menjadi pahlawan.

Pada suatu hari ia menolong seorang anak kecil yang akan dibunuh oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat tersebut, tapi untungnya ia menang.

Karena semakin bersemangat untuk menjadi pahlawan, ia berlatih dengan 100x push up, 100 x sit up, 100x squat jump dan lari 3 KM setiap harinya. Akhirnya, ia pun bisa menjadi orang yang sangat kuat.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif Pendidikan #18


Liburan sekolah tahun lalu, aku dan ibuku pergi ke Pontianak. Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Di Pontianak, banyak sekali tempat menarik yang menjadi ciri khas kota ini.

Perjalanan kurang lebih 2 jam dengan menggunakan pesawat. Tempat pertama yang aku kunjungi adalah Sintawang. Waktu tempuh menuju kesana kurang lebih sembilan jam dari Pontianak jika menggunakan mobil.

Daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya sangat unik dan coraknya sangat khas Kalimantan Barat. Harga tenun ikat ini tergolong mahal, tergantung motif dn bahannya. Harganya bisa mencapai ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah.

Contoh Paragraf Narasi Urutan Waktu #19 Kegiatanku


Hari ini saya bangun jam 5 pagi. Sebelum berangkat ke sekolah, tidak lupa sarapan dan mandi. Hari ini pelajaran di sekolah hanya sampai jam ke 8.

Jam 2 siang saya pulang sekolah. Kemudian pada sore harinya saya mengerjakan PR Bahasa Indonesia yang diberikan oleh guru saya. Saya tidak dapat mengerjakan PR tersebut karena soalnya terlalu sulit. Malam harinya saya memutuskan untuk pergi ke rumah teman saya untuk menyelesaikan pr itu.

Contoh Paragraf Narasi tentang Lingkungan #20 Sekolahku


Di sekolahku, banyak sekali terdapat bermacam-macam tanaman bunga, seperti bunga mawar merah dan putih. Semua taman-taman kelas terhias dengan bunga yang warnanya beragam.

Demikian pula kelas kami, kelas kami penuh dengan lapisan cat warna putih dan ukiran-ukiran tangan siswa yang menghiasi mading kelas tampak menarik.

Sekolah kami bersih sekali dan juga penatannya rapi. Tidak ditemukan sama sekali sampah yang dibuang sembarangan, di masing-masing kelas sudah disediakan tempat sampah.

Baca juga: Teks Narasi (Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Unsur Pembangun Lengkap)


Demikianlah artikel hari ini tentang 20 Contoh Paragraf Narasi Singkat beserta Penjelasan Lengkapnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: brainly.co.id/tugas/2788862
faktajujur.blogspot.com/2012/08/contoh-paragraf-narasi-atau-naratif.html
www.uklis.net/2013/05/contoh-paragraf-narasi.html
www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-contoh-paragraf-narasi.html
makalahproposal.blogspot.com/2015/01/contoh-paragraf-narasi-karangan-narasi.html
iwak-pithik.blogspot.com/2012/03/contoh-paragraf-narasi.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR