Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan beserta strukturnya - Pelajaran hari ini untuk melanjutkan materi sebelumnya mengenai pengertian, jenis, struktur, ciri teks laporan hasil observasi.

Sebelum kita memasuki pembelajaran tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan beserta strukturnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja strukturnya.

Untuk mengetahui struktur teks LHO, Anda bisa membacanya pada artikel kami di bawah ini.



Kami sarankan, kalian untuk membaca terlebih dahulu penjelasannya.

1. Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Bunga Mawar


Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Bunga Mawar

Definisi umum


Mawar termasuk tanaman bunga hias berupa herba dengan batangnya yang berduri. Mawar dikenal juga dengan nama bunga ros atau ratu bunga yang merupakan simbol atau lambang keihudpan religi peradaban manusia. Mawar berasal dari dataran Cina, Eropa Timur, dan Timteng (Timur Tengah). Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).

Deskripsi bagian


Mawar adalah salah satu tumbuhan yang tahan terhadap cuaca yang dingin. Dilihat dari bunganya, memiliki mahkota bunga yang berjumlah lima helai, bunga mawar biasanya memiliki bermacam-macam warna seperti warna kuning cerah, putih, dan merah jambu. Batang bunga mawar berduri dengan permukaan kulit batan yang licin, tinggi dari batang bunga mawar dapat mencapai 5 meter. Mawar juga merupakan tumbuhan penghasil biji.

Deskripsi manfaat


Mawar memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah untuk mengatasi bengkak pada kaki, menghilangkan jerawat, kesehatan rambut, dan lain-lain. Mawar juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti untuk dijadikan obat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, serta infeksi saluran kemih.


2. Contoh Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Contoh Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Definisi umum


Lidah buaya atau disebut juga Aloe vera atau nama latinyna Aloe barbadensis Milleer merupakan jenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa. Fakta sejarah menyebutkan bangsa Mesir Kuno telah memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak 1500 SM.

Deskripsi bagian


Ciri-ciri lidah buaya adalah, biasanya hidup di tempat yang memiliki iklim panas atau biasa di tanam di dalam pot ataupun perkarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Daunnya agak runcing berupa taji, tebal, pinggirnya berduri kecil/berigi, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya dapat mencapai 15-36 cm, lebarnya 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya dapat mencapai 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan (jingga), banyak dijumpai di Afrika sisi Utara, Hindia Barat.

Deskripsi manfaat


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan lidah buaya, diantaranya adalah dapat digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, mengobati luka bakar ringan, dan masih banyak lainnya.


3. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Euphorbia

Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Euphorbia

Definisi umum


Bunga euphorbia adalah bunga yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga ini adalah Euphorbia millii. Bunga ini berasal dari Madagaskar. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga hiasan di kerajaan.

Deskripsi bagian



Ciri-ciri bunga euphorbia adalah memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga ada berbagai macam jenis seperti warna merah, pink, putih dan lain-lain. Bunga euphorbia memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.

Bunga ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Perawatan bunga ini adalah meida tanamnya jangan banyak berair contohnya seperti serbuk kulit kelapa, sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar. Dalam penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi hari.

Deskripsi manfaat


Bunga euphorbia dapat dimanfaatkan/berfungsi sebagai tanaman hias di sekitar perkarangan rumah Anda. Tidak hanya sebagai hiasan saja, namun juga dapat dijadikan obat herbal, tetapi harus diperhatikan dosis penggunaannya karena tanaman ini beracun.


4. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Anggrek

Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Anggrek

Pernyataan Umum


Bunga anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Yang merupakan tumbuhan yang memiliki banyak jenis yaitu anggrek vanda, anggrek bulan, anggrek dendrobium, anggrek macan. Jenis-jenis anggrek tersebut tersebar luas dari mulai wilayah tropika basah dan beberapa besar anggotanya ditemukan di wilayah beriklim tropis.

Aspek yang Dilaporkan


Ciri-ciri bunga anggrek yaitu: anggota jenis anggrek ditemukan di tempat gurun, biasanya hidup pada situasi dengan ketersediaan air yang rendah, dapat digunakan sebagai tanaman hias, memiliki akar serabut, menempel pada batang pohon tempatnya tumbuh (epifit), permukaan akar sering ditemukan jamur akar, batang tumbuhan anggrek beruas-ruas, perkembangan batang bisa berbentuk memanjang ataupun melebar.


5. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Bougenville


Definisi umum


Bunga bougenvlle atau sering disebut bunga kertas adalah bunga yang sering dijumpai disekitar kita. Bungai ini disebut bunga kertas karena selundang bunganya tipis dan memiliki sifat seperti kertas. Bunga ini memiliki nama latin Bougenvillea. Nama ilmiah bunga ini diambil dari nama seorang prajurit Angkatan Laut Prancis bernama Sir Louis Antoine de Bougenville. Bunga bougenville menjadi tanaman hias yang populer karena kencantikan warnanya dan perawatannya yang mudah.

Deskripsi bagian


Bunga bougenville berasal dari Amerika Selatan. Bungai ini terdapat di daerah tropis dan subtropis Amerika Selatan. Pada waktu berbunga, bunga ini memiliki kebiasaan merontokkan daunnya. Bunga ini berbentuk pohon kecil yang sulit untuk tumbuh tegak. Bunga bougenville memiliki berbagai macam warna yang mempesona, seperti warna jingga, merah menyala, merah jambu, ungu, kuning, merah pucat, putih, dan berbagai macam warna yang dicampur.

Deskripsi manfaat


Walaupun bunga ini berukuran kecil, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat bunga bougenville adalah untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian penawi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.

6. Pohon Trambesi


Definisi umum


Ki hujan adalah sebutan lain pohon trembesi. Pohon trembesi dikenal juga dengan nama pohon hujan (rain tree). Nama latinnya Albizia zaman.

Deskripsi bagian


Pohon trembesi merupakan suatu tumbuhan yang besar, tinggi, dengan tajuk yang sangat melebar. Tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan peneduh. Tinggi pohon ini dapat mencapai 25 meter. Diameter tajuknya dapat mencapai 30 meter.

Deskripsi bagian


Pohon trembesi disebut pohon ujan karena air yang sering menetes dari tajuknya. Tajuk pohon trembesi sering meneteskan air karena pohon ini memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat. Daun trembesi sangat peka terhadap cahaya. Saat cuaca mendung atau gelap, daun-daunnya menutup secara bersamaan.

Penutup (berupa kesimpulan dan deskripsi manfaat)


Pohon trembesi biasanya tumbuh di tempat yang luas. Misalnya, taman, halaman sekolah, atau pekarangan rumah yang luas. Pohon ini sangat mudah dikenali, yaitu dahan pohonnya membentuk seperti bentuk payung. Pohon trembesi dimanfaatkan sebagai pohon penyejuk taman, halaman, atau lainnya.

7. Bunga Melati


Definisi umum


Bunga melati adalah salah satu bunga yang disukai karena memiliki bau yang sangat harum. Bunga melati hanya memiliki satu warna yaitu putih. Tetapi walau hanya memiliki satu warna, bunga melati  tetap disenangi.

Deskripsi bagian


Bunga melati memiliki bagian-bagian seperti bunga pada umumnya, yaitu kelopak bunga, putik, benang sari, mahkota bunga, dan lain sebagainya.

Deskripsi manfaat


Bunga melati memiliki banyak manfaat diantaranya: untuk minyak wangi, untuk aksesoris pada saat perkawinan khususnya pada adat jawa, dan lain sebagainya.

8. Seledri


Definisi umum


Tanaman seledri adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat dan mudah di jumpai di daerah sekitar. Tanaman ini mempunyai nama lain “Apium graveolens”,selain itu biasa disebut sayuran anti hipertensi.

Deskripsi bagian


Di Indonesia, tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan dan bumbu pelengkap masakan, selain itu termasuk salah satu sayuran komersial yang bisa memberikan tambahan pendapatan. Pemanfaatan secara umum sebagai sayuran, daun, tangkai daun, dan umbi.

Deskripsi manfaat


Dalam dunia kesehatan tanaman ini mempunyai manfaat yang sangat banyak yaitu sering digunakan untuk obat asma, obat rematik, menetralkan asam tubuh, menurunkan tekanan darah, obat untuk arthristis, melindungi otak dan sistem saraf. Selain itu, juga sering digunakan sebagai sayur sup, dan lain-lain.

Seledri memiliki ciri-ciri fisik seperti memiliki tinggi kira-kira 25-100 cm, batangnya berbentuk persegi, beralur membujur, memiliki bunga kecil berwarna putih agak kehijauan yang jumlahnya banyak, bunganya tersusun majemuk berkarang, buahnya kecil-kecil berwarna coklat gelap, daunnya menjari dan memiliki aroma yang khas.

Tanaman seledri perkembangannya semakin luas dan budidaya tanaman seledri menunjukkan bahwa peluang pasar tanaman seledri semakin besar di Indonesia. Besarnya peluang pasar daun seledri membuat banyak pabrik di Indonesia yang mengolahnya untuk berbagai keperluan seperti shampo, jus, sabun, dan lain-lain.


Marissa Nur Khoviva
X MIA 7 / 24

9. Lidah Mertua


Definisi umum


Sanseviera Trifasciata atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah, karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, serta mampu menyerap racun (polutan) berbahaya di udara. Sanseviera termasuk tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dan termasuk dalam tumbuhan monokotil.

Deskripsi bagian


Asal nama Sanseviera diambil dari nama seorang bangsawan Italia yaitu Prince of Raimond de Sansgio de Sanseviero. Kemudian nama Sanseviera ini disempurnakan oleh Carl Peter Thunberg menjadi Sanseviera pada tahun 1974. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemui karena pada dasarnya lidah mertua tidak memerlukan pasokan air yang banyak dan cuaca yang sejuk, sehingga cocok di daerah tropis. Tanaman ini salah satu penghasil oksigen (O2) yang merupakan udara yang kita hirup sehari-hari. Lidah mertua mempunyai bentuk yang simpel dan minimalis, mempunyai bentuk yang beragam dan tampilan yang cantik, serta mudah perawatannya. Sehingga banyak orang yang menanam tumbuhan ini di pekarangan rumah, baik ditanam di sekitar pagar maupun di dalam pot.

Sanseviera atau lidah mertua memiliki ciri khas pada bentuk daunnya yang berdiri tegak, tebal, keras dan meruncing tajam pada bagian ujungnya, akar serabut, daun memiliki warna yang bergam yaitu hijau muda, hijau tua, hijau abu-abu, kuning dan hijau putih serta daun memiliki motif yang tidak beraturan. Berdasarkan klasifikasi ilmiah Sanseviera termasuk dalam Kingdom Plantae, Ordo Asparagelas, Kelas Ruscaceae, Genus Sanseviera dan terdiri dari spesies yang beragam yaitu spesies Sanseviera Cylindrical, Sanseviera Ehrenbergi, Sanseviera Hyacinthoides, Sanseviera Trifaciata dan lain-lain.

Sanseviera termasuk tanaman yang mudah dipelihara. Untuk memelihara, media diperlukan pertimbangan seperti ketinggian tempat, ketersediaan bahan dan iklim. Bisa tumbuh optimal diketinggian 0-1800 mdpl, bisa hidup di sinar matahari penuh/ruangan dan kebutuhan air tidak terlalu banyak. Cara perkembangbiakan Sanseviera sangat berbeda, ada yang melalui biji, rhizoma/rimpang dan stolon. Tetapi, sebagian besar Sanseviera berkembang biak melalui rimpang. Dan untuk warna rimpang akan menjadi ciri khusus untuk beberapa jenis. Teknik merawat Sanseviera dengan menyiapkan media tanam, pot, pemupukan, penyiraman, pengendalian hama penyakit dan penempatan tanaman.

Deskripsi manfaat


Manfaat Sanseviera atau lidah mertua adalah sebagai tumbuhan penyerap racun (polutan) di udara. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sanseviera antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Selain sebagai tumbuhan penyerap racun, Sanseviera mempunyai berbagai khasiat lain seperti penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis Sanseviera juga berkhasiat sebagai anti malaria, anti cendawan, anti kolesterol, sampai anti kanker.


NAMA            : ZULFA MUFLIHAH
KELAS           : X MIA 7
NO ABSEN    : 39

10. Eceng Gondok


Definisi umum


Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia Crassipes) Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan cepat tumbuh dan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya.

Deskripsi bagian


Eceng gondok hidup mengapung di air dan terkadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 04 – 08 meter. Tidak mempunyai batang, daunnya tunggal, dan berbentuk oval, ujung dan pangkalnya meruncing. Pangkal tangkai daun menggelembung, permukaan daunnya licin, dan berwarna hijau, bunganya termasuk berbentuk bulat dan berwarna hitam, buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau, akarnya merupakan akar serabut.

Deskripsi manfaat


Tanaman eceng gondok ini bisa dimanfaatkan. Pertama, berdasarkan hasil labnya eceng gondok mampu mengikat unsur logam dalam air, untuk itu tanaman ini hanya cocok hidup di air yang kotor dibandingkan air bersih. Kedua, daunnya dapat dipakai bahan pakan ternak. Ketiga, seratmya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan dan sudah diekspor ke luar negeri. Keempat, batangnya bisa dijadikan penyangga bunga.

Pelapor: Eka Ripa Oktapiani
Kelas: VII A

11. Teratai


Definisi umum


Teratai atau Nimphaea adalah tanaman yang tumbuh di permukaan air sehingga disebut dengan hidrofit. Divisi dari tanaman ini yaitu Magnoliophyta, dengan kelas Magnoliopsida, yang tergolong dalam ordo  Nymphaeales, serta famili Nymphaeaceae. Tanaman dengan nama lain Lotus ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Teratai beradpatasi dengan lingkungan yang memiliki ketersediaan air melimpah serta kelembapan yang tinggi.  Salah satu kawasan yang tepat untuk habitat teratai ialah di Kolam Tugu Kota Malang.

Deskripsi bagian


Teratai memiliki sekitar 50 spesies, beberapa diantaranya yaitu Nymphaea alba, Nymphaea blanda, dan Nymphaea lutea lotus. Sementara teratai yang berada di kolam tugu yaitu Nympahea capensis dengan bunga berwana merah muda keunguan. Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk menyaksikan mekarnya bunga teratai. Tanaman ini tersebar sangat banyak sehingga tampak memenuhi seluruh kolam. Bunga teratai terdapat pada tangkai dengan diameter antara 5-10 cm. Bagian tumbuhan yang dapat terlihat jelas adalah daun. Teratai memiliki daun yang lebar dengan bentuk melingkar dan tepi daun bergerigi. Sebagian besar daun ini mengapung di atas air untuk mengambil oksigen di udara. Teratai memiliki batang yang berfungsi untuk menyangga daun dan mengabsorsi nutrisi. Sebagian besar tenggelam di dalam air, namun ada beberapa yang muncul di atas permukaan air.

Deskripsi manfaat


Teratai sering dijadikan sebagai tanaman penghias kolam karena bunganya cantik dan berwarna-warni. Selain bermanfaat dalam aspek keindahan, teratai juga berperan penting dalam bidang kesehatan. Kandungan asam nikotinat yang ada dalam tumbuhan teratai bermanfaat untuk menghentikan muntah darah. Biji teratai digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan insomnia. Tidak sekadar itu, hidrofit jenis ini juga mampu mengobati desentri, mengatasi mimisan dan menormalkan tekanan darah. Bukan hanya berguna untuk manusia, teratai juga bisa menjadi sumber makanan bagi ikan yang hidup di kolam.

12. Sayuran Bayam


Definisi umum


Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropic, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Deskripsi bagian


Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 2 – 5 dpl. Tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuhan lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya sedikit panas.  Struktur tubuh tumbuhan ini tegak, condong, tinggi 0,4 – 1 m dan bercabang, batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5 – 8 cm, ujung tumpul, pangkal runcing, serta warnanya hijau, merah, hijau keputihan, bunga dalam tunggal yang rapat, bagian bawah duduk ketiak, bagian atas berkumpul di karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak bercabang, bunga berbentuk bulir.

Deskripsi manfaat


Bayam dimanfaatkan sebagai makanan berserat, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis, kolestrol tinggi, dan menurunkan berat badan. Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, dan vitamin A, B, D, dan C.

Pelapor: Yaya Wiharya
Kelas: VII A

13. Tulip


Definisi umum


Tulip (bahasa Latin: Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Deskripsi bagian


Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.

Deskripsi manfaat


Bunga tulip fungsinya sebagai tanaman hias yang ditaruh di halaman, bunganya kadang di taruh di vas bunga untuk memperindah tampilan ruangan. Bunga tulip juga mempunyai khasiat bagi tubuh, seperti mengobati anemia, kanker darah, dan tekanan darah tinggi/rendah.

14. Bunga Euphorbia


Definisi umum


Bunga euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia adalah Euphorbia millii. Euphorbia milii merupakan salah satu spesies dari 2000 spesies lain dari genus Euphorbia. Spesies yang asli diberi nama E. milii varietas splendens/E.splendens. Bunga euphorbia berasal dari Madagaskar. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus adalah orang yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias di kerajaannya.

Deskripsi bagian


Tanaman dari family Euphorbiaceae memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu (milky sap). Daun Euphorbia berbentuk oval dengan ukuran bervariasi menurut hibrida dan kultivar. Bunganya kecil berwarna kuning dengan cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi. Warna bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan lain-lain. Tanaman euphorbia memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.

Umumnya tanaman ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga yang memilki bunga yang tidak sempurna yang tidak memiliki organ seksual dan bersifat steril, sehingga tidak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya merupakan bunga yang tidak sempurna. Adapula tanaman yang sebagian bunganya merupakan bunga sempurna dan beberapa kondisi tumbuh bunga yang tidak sempurna. Perakaran Euphorbia merupakan akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar.

Bunga euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Perawatan bunga euphorbia ini adalah media tanamnya jangan banyak berair contohnya sepeti serbuk kulit kelapa (cocopeat), sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar. Penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi.

Deskripsi manfaat


Fungsi bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita, kadang juga ditaruh di dalam pot yang diletakkan di depan rumah. Tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja, namun bisa juga digunakan sebagai obat herbal, tetapi harus diperhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman ini juga beracun.

15. Bunga Matahari


Pernyataan Umum atau Klasifikasi


Bunga matahari (Helianthus annuus) merupakan jenis tumbuhan semusim yang populer sebagai tanaman hias dan berasal dari Amerika Utara. Bunga matahari memiliki bentuk yang mencolok dengan warna kuning cerah dapat bertumbuh 3-5 meter.

Deskripsi Bagian


Bunga matahari merupakan bunga majemuk. Ada dua tipe bunga pada bunga matahari, yaitu bunga tepi dengan satu kelopak besar berwarna kuning, dan bunga tabung yang menghasilkan biji yang bisa diolah menjadi kuaci.

Bunga matahari memiliki batang yang bulat dengan bulu-bulu halus. Meskipun merupakan batang perdu, namun batang bunga matahari kuat dan selalu membengkok mengikuti datangnya cahaya matahari. Akar bunga matahari juga halus dan kuat, serta mampu menembus tanah hingga kedalaman tiga hingga empat meter.

Daun bunga matahari merupakan daun tunggal dengan panjang sekitar 15 cm. Sementara bunganya bisa mencapai diameter 30 cm dan memiliki dua jenis bunga. Bunga di bagian pinggir disebut bunga lidah dengan bentuk kelopak berukuran besar dan berwarna kuning terang. Bunga di bagian dalam berwarna cokelat dan dapat mengalami fertilisasi menjadi biji.

Deskripsi Manfaat


Bunga tabung pada bunga matahari dapat menghasilkan biji bunga matahari yang dapat diolah menjadi kuaci dan dijual sebagai makanan ringan atau mentah. Selain itu, bunga matahari juga dapat diolah menjadi selai bunga matahari.

Bunga matahari juga dapat diolah menjadi minyak yang diekstrak dari biji dan dapat digunakan untuk memasak, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak dari bunga matahari kaya akan asam linoleat, yaitu jenis lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh.

  

Demikianlah artikel hari ini tentang  contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan dan strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments