Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan beserta strukturnya - Pelajaran hari ini untuk melanjutkan materi sebelumnya mengenai pengertian, jenis, struktur, ciri teks laporan hasil observasi.

Sebelum kita memasuki pembelajaran tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan beserta strukturnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja strukturnya.

Untuk mengetahui struktur teks LHO, Anda bisa membacanya pada artikel kami di bawah ini.



Kami sarankan, kalian untuk membaca terlebih dahulu penjelasannya.

1. Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Bunga Mawar


Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Bunga Mawar

Definisi umum


Mawar termasuk tanaman bunga hias berupa herba dengan batangnya yang berduri. Mawar dikenal juga dengan nama bunga ros atau ratu bunga yang merupakan simbol atau lambang keihudpan religi peradaban manusia. Mawar berasal dari dataran Cina, Eropa Timur, dan Timteng (Timur Tengah). Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).

Deskripsi bagian


Mawar adalah salah satu tumbuhan yang tahan terhadap cuaca yang dingin. Dilihat dari bunganya, memiliki mahkota bunga yang berjumlah lima helai, bunga mawar biasanya memiliki bermacam-macam warna seperti warna kuning cerah, putih, dan merah jambu. Batang bunga mawar berduri dengan permukaan kulit batan yang licin, tinggi dari batang bunga mawar dapat mencapai 5 meter. Mawar juga merupakan tumbuhan penghasil biji.

Deskripsi manfaat


Mawar memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah untuk mengatasi bengkak pada kaki, menghilangkan jerawat, kesehatan rambut, dan lain-lain. Mawar juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti untuk dijadikan obat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, serta infeksi saluran kemih.


2. Contoh Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Contoh Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Definisi umum


Lidah buaya atau disebut juga Aloe vera atau nama latinyna Aloe barbadensis Milleer merupakan jenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa. Fakta sejarah menyebutkan bangsa Mesir Kuno telah memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak 1500 SM.

Deskripsi bagian


Ciri-ciri lidah buaya adalah, biasanya hidup di tempat yang memiliki iklim panas atau biasa di tanam di dalam pot ataupun perkarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Daunnya agak runcing berupa taji, tebal, pinggirnya berduri kecil/berigi, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya dapat mencapai 15-36 cm, lebarnya 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya dapat mencapai 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan (jingga), banyak dijumpai di Afrika sisi Utara, Hindia Barat.

Deskripsi manfaat


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan lidah buaya, diantaranya adalah dapat digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, mengobati luka bakar ringan, dan masih banyak lainnya.


3. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Euphorbia

Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Euphorbia

Definisi umum


Bunga euphorbia adalah bunga yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga ini adalah Euphorbia millii. Bunga ini berasal dari Madagaskar. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga hiasan di kerajaan.

Deskripsi bagian



Ciri-ciri bunga euphorbia adalah memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga ada berbagai macam jenis seperti warna merah, pink, putih dan lain-lain. Bunga euphorbia memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.

Bunga ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Perawatan bunga ini adalah meida tanamnya jangan banyak berair contohnya seperti serbuk kulit kelapa, sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar. Dalam penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi hari.

Deskripsi manfaat


Bunga euphorbia dapat dimanfaatkan/berfungsi sebagai tanaman hias di sekitar perkarangan rumah Anda. Tidak hanya sebagai hiasan saja, namun juga dapat dijadikan obat herbal, tetapi harus diperhatikan dosis penggunaannya karena tanaman ini beracun.


4. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Anggrek

Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Anggrek

Pernyataan Umum


Bunga anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Yang merupakan tumbuhan yang memiliki banyak jenis yaitu anggrek vanda, anggrek bulan, anggrek dendrobium, anggrek macan. Jenis-jenis anggrek tersebut tersebar luas dari mulai wilayah tropika basah dan beberapa besar anggotanya ditemukan di wilayah beriklim tropis.

Aspek yang Dilaporkan


Ciri-ciri bunga anggrek yaitu: anggota jenis anggrek ditemukan di tempat gurun, biasanya hidup pada situasi dengan ketersediaan air yang rendah, dapat digunakan sebagai tanaman hias, memiliki akar serabut, menempel pada batang pohon tempatnya tumbuh (epifit), permukaan akar sering ditemukan jamur akar, batang tumbuhan anggrek beruas-ruas, perkembangan batang bisa berbentuk memanjang ataupun melebar.


5. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Bougenville


Definisi umum


Bunga bougenvlle atau sering disebut bunga kertas adalah bunga yang sering dijumpai disekitar kita. Bungai ini disebut bunga kertas karena selundang bunganya tipis dan memiliki sifat seperti kertas. Bunga ini memiliki nama latin Bougenvillea. Nama ilmiah bunga ini diambil dari nama seorang prajurit Angkatan Laut Prancis bernama Sir Louis Antoine de Bougenville. Bunga bougenville menjadi tanaman hias yang populer karena kencantikan warnanya dan perawatannya yang mudah.

Deskripsi bagian


Bunga bougenville berasal dari Amerika Selatan. Bungai ini terdapat di daerah tropis dan subtropis Amerika Selatan. Pada waktu berbunga, bunga ini memiliki kebiasaan merontokkan daunnya. Bunga ini berbentuk pohon kecil yang sulit untuk tumbuh tegak. Bunga bougenville memiliki berbagai macam warna yang mempesona, seperti warna jingga, merah menyala, merah jambu, ungu, kuning, merah pucat, putih, dan berbagai macam warna yang dicampur.

Deskripsi manfaat


Walaupun bunga ini berukuran kecil, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat bunga bougenville adalah untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian penawi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.

  

Demikianlah artikel hari ini tentang  contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan dan strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments

 
close