Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Pada kesempatan kali ini Materi Bahasa Indonesia akan membagikan artikel tentang Spanduk yang meliputi pengertian, fungsi spanduk dan manfaatnya, ciri-ciri, jenis-jenis, ukuran spanduk, kelebihan dan kekurangan, beserta contoh spanduk.

Apa itu spanduk? Spanduk adalah kain yang direntangkan berisi slogan, propaganda atau berita yang perlu diketahui umum.

Pengertian Spanduk | Fungsi, Ukuran, Ciri, Jenis & Contoh Spanduk

Spanduk memang salah satu alat promosi yang cukup sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, banyak produsen yang menampilkan dan mempromosikan produknya lewat spanduk.

Pada awalnya, spanduk hanya terbatas menggunakan media kain dan sablon tapi seiring perkembangan zaman spanduk sekarang bisa dengan mudah dibuat menggunakan digital printing.

Spanduk biasanya dipasang di pinggir jalan atau melintang di tengah jalan sehingga banyak terlihat oleh pengguna jalan yang melewatinya.

Baca juga: Pengertian Pamflet

Pengertian Spanduk


Spanduk adalah sebuah media informasi yang memberitahu informasi kepada khalayak ramai. Spanduk biasanya dipasang di pinggir jalan, pintu masuk kompleks dan ada juga yang dipasang di tembok-tembok perusahaan.

Pengertian spanduk adalah kain panjang yang dibentangkan dan berisi informasi singkat tentang suatu produk atau peringatan umum. Belakangan ini, spanduk menjadi pilihan media promosi paling favorit karena harganya yang murah namun ukurannya besar sehingga mudah dilirik oleh target konsumen.

Fungsi Spanduk dan Manfaatnya


Adapun fungsi spanduk diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai media promosi produk, jasa, acara, dan sebagainya.
  • Media promosi yang murah dan efektif.
  • Selain untuk dipandang saja, spanduk juga dapat mempengaruhi citra produk suatu perusahaan.
  • Mendapatkan kepercayaan masyarakat, khususnya konsumen terhadap suatu produk ataupun bisnis Anda.
  • Selalu mengingatkan masyarakat pada produk atau perusahaan Anda.
  • Membangun loyalitas masyarakat umum atau konsumen terhadap bisnis Anda.


Ciri-Ciri Spanduk


Adapun ciri-ciri spanduk adalah sebagai berikut:

  • Biasanya memiliki ukuran 90/100 x 800 cm
  • Bahannya terbuat dari kain berbentuk persegi panjang.
  • Memiliki desain dan kalimat untuk menyampaikan ide atau gagasan.
  • Kalimatnya pendek dan tulisannya besar.
  • Warnanya mencolok agar mudah dilihat dan dibaca.
  • Biasanya diletakkan di tepi jalan, di depan bangunan, atau di tempat yang banyak dilihat orang.


Kelebihan dan Kekurangan Spanduk


Kelebihan spanduk yaitu sebagai berikut:

  1. Masyarakat dapat mengatur tempo dalam membaca. Dan juga dapat mengulangi bacaannya kembali dan mengatur caranya membaca.
  2. Media ini dapat ditinjau ulang, pembaca dapat dengan santai membaca dengan teliti.
  3. Dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya.
  4. Karena sifatnya tercetak pesan-pesan yang ada dalam spanduk bersifat permanen dan kekuatan utamanya dapat dijadikan bukti.
  5. Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh.
  6. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian, pembaca dapat menanyakan kepada orang lain.


Kekurangan spanduk yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi, karena tidak bersifat auditif dan visual.
  2. Perlu kemampuan imajinasi pembaca untuk menimati dan memahaminya.
  3. Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu relatif lama.
  4. Jenis bahan yang digunakan mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
  5. Seringkali ditempatkan di tempat yang sama dengan spanduk yang lain sehingga khalayak ramai sulit untuk fokus dengan spanduk Anda.


Jenis-Jenis Spanduk dan Fungsinya


Jenis spanduk berdasarkan tempat atau letaknya dibagi menjadi dua yaitu spanduk indoor dan spanduk outdoor. Selain itu, terdapat beberapa jenis spanduk yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Pengertian Leaflet

1. X- Banner


Dinamakan spanduk X atau X Banner karena jenis ini ketika memasang menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangganya sengaja dibuat dengan bahan pipa dan aluminium kecil sehingga mudah dipindah tempat.

Spanduk jenis ini bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Uniknya spanduk jenis ini terletak pada tiangnya yang bisa dipakai berulang-ulang sehingga Anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang spanduknya saja.

2. Y- Banner


Serupa dengan X- Banner, jenis spanduk ini diberi nama berdasarkan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Spanduk jenis ini memiliki model tiang penyangga yang dapat dipisahkan dari rangkanya. Memiliki alas bagian bawah supaya lebih kuat untuk berdiri.

Namun, promosi menggunakan spanduk Y sedikit lebih rendah dibandingkan spanduk X. Ukuran standar jenis ini biasanya 60 x 160 cm.

3. Mini X- Banner


Mini X- Banner sama dengan Spanduk X hanya berbeda pada ukurannya saja. Keduanya sama-sama menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Ukuran spanduk jenis ini adalah 26 x 38 cm atau terkadang lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan.

Bahan untuk spanduk jenis ini ada dua macam, yaitu x - spanduk yang dilapisi stainless dan x - spanduk yang tanpa lapisan. Spanduk ini biasanya diletakkan di meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Up Banner


Spanduk jenis ini memiliki fungsi yang mirip seperti Mini X- Banner, biasanya juga diletakkan di atas meja. Yang unik dari jenis ini adalah bentuknya dapat di gulung setelah selesai dipakai. Sehingga ketika Anda menggunakan spanduk ini, Anda hanya perlu menarik spanduknya dari atas ke bawah.

Ukuran spanduk ini biasanya adalah 80 x 200 cm, atau 85 x 200 cm dan 120 x 200 cm dan ada juga yang berukuran 15 x 200 cm. Spanduk ini sangat efisien karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.

Spanduk jenis ini biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan lama. Jenis ini sangat pas dipasang di dalam ruangan. Karena, penggunaannya hanya diperuntukkan untuk pameran, di etalase toko, dan ruang penjualan.

Selain harganya yang murah, jenis spanduk ini mampu menampilkan produk Anda secara menyeluruh tanpa takut jatuh tertiup angin.

Ukuran Spanduk


Umumnya ukuran spanduk bermacam-macam dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap pemesan. Beberapa ukuran yang dapat dipesan untuk dijadikan spanduk, diantaranya adalah:

  • Spanduk dengan bahan dasar kain TC dengan cat extender berukuran 7 x 1,15 m dan 7 x 0,9 m.
  • Spanduk berupa umbul-umbul berbahan dasar kain dan berukuran 5 x 0,9 m dan 5 x 1,15 m yang dapat dibuat untuk berbagai keperluan Anda.

Contoh Spanduk


Contoh Spanduk Ganti Presiden

Contoh Spanduk Laundry

Contoh Spanduk Makanan


Baca juga: Materi Lengkap Baliho

Demikianlah artikel tentang pengertian spanduk, fungsinya, ukuran, ciri-ciri, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan spanduk beserta contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi: http://www.ukuran.net/macam-macam-ukuran-spanduk.html
https://blog.porinto.com/berbagai-jenis-spanduk-dan-fungsinya/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR