Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Pada kesempatan kali ini Materi Bindo akan membagikan artikel tentang Banner yang meliputi pengertian, jenis ukuran, ciri-ciri, tujuan, fungsi, dan pembuatan.

Apa yang dimaksud dengan banner? Banner adalah media promosi yang dicetak dengan digital printing yang umumnya berbentuk potrait dan vertical atau bisa dikatakan banner adalah bentuk penyederhanaan dari baliho.

Pengertian Banner | Jenis Ukuran, Ciri, Tujuan, Fungsi, Pembuatan

Banner dapat kalian temui di tempat-tempat seperti event produk, bank, mall, toko, dan sebagainya. Mengapa banyak yang menggunakan banner sebagai media promosinya? Alasannya karena banner mudah dipindah-pindah, digulung, awet dan praktis.

Di era digital sekarang ini, banner digunakan sebagai identitas sebuah website atau blog guna mempromosikan situsnya. Selain sebagai media promosi, banner juga berfungsi sebagai media iklan, publikasi, dan lain sebagainya.

Banner yang digunakan pada web atau blog akan dilengkapi sebuah link aktif, yang saat kita meng-kliknya kita akan menuju ke situs yang telah ditentukan oleh si pembuat banner.

Adapun pengertian banner menurut para ahli diantaranya kami kutip dari KBBI, Wikipedia, Kriyantono dan Durianto.

Pengertian Banner Menurut Ahli


Setelah kita mengetahui pengertian banner secara umum, selanjutnya kita harus mengetahui juga pandangan para ahli mengenai apa itu banner.

KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian banner adalah sebuah pesan atau berita yang menjadi informasi untuk khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

Wikipedia


Menurut Wikipedia,  spanduk web atau dalam bahasa inggrisnya web banner/banner ad adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan internet. Bentuk iklan ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman blog atau web yang dipakai untuk menarik perhatian pengunjung supaya mengunjungi (mengklik iklannya) situs web yang diiklankan.

Kriyantono


Menurutnya, banner adalah bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk dan akan menjadikan banyak konsumen untuk membeli produk yang dijualnya dan membayar media yang digunakan.

Durianto


Sedangkan menurut Durianto, banner adalah sebuah proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

Back to Content ↑

Ciri-Ciri Banner yang Baik


Pengertian banner dalam bahasa Inggris adalah :

"A banner is a flag or other piece of cloth bearing a symbol, logo, slogan or other message."

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi, banner adalah selembaran media biasanya kain memanjang yang berisi simbol, logo, slogan, atau pesan-pesan tertentu.

Adapun ciri-ciri banner yang bagus adalah sebagai berikut.

  • Berisikan gambar yang terdapat logo suatu komunitas/perusahaan.
  • Biasanya bentuknya mirip bendera.
  • Iklannya berupa pesan ataupun slogan.

Back to Content ↑

Tujuan Banner


Apa tujuan banner?

Tujuan banner banner dalam bahasa Inggris dan artinya.

"Function is as a medium of banner advertising, promotion, publicity, make friendsand a variety of other interests. Various types and standard sizes are normally inuse banner in your blog or site on the internet. The small-sized banner usuallyused to exchange links, whereas medium-sized banner advertising medium."

Artinya :

"Fungsi dari banner adalah sebagai media iklan, promosi, publikasi, menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya. Berbagai jenis dan ukuran standar banner yang biasanya di pergunakan dalam blog atau site di media internet. Adapun banner yang berukuran kecil biasanya di gunakan untuk saling bertukar link, sedangkan banner yang ukuran sedang untuk media iklan."

Tujuan pemasangan banner adalah untuk mengiklankan suatu produk dan menarik minat orang sebanyak mungkin.

Back to Content ↑

Fungsi Banner


Setelah kita mengetahui tujuannya, selanjutnya kita harus tahu juga fungsi dari banner. Berikut penjelasannya.

Menambah Daya tarik Web atau Blog


Fungsi banner yang kita pasang di web atau blog adalah agar tampilan situs kita lebih menarik sehingga visitor betah berlama-lama di blog Anda.

Sebagai Identitas atau Ciri Khas


Banner juga berfungsi untuk menunjukkan kepada visitor Anda tentang siapa Anda dan apa yang Anda tulis dalam situs, itu artinya Anda menciptakan sebuah brand bagi Anda dan web/blog Anda.

Sebagai Alat Promosi


Seperti pengertiannya, banner adalah alat promosi yang efektif. Dengan memasang banner Anda di web/blog yang sudah terkenal, maka Anda akan kebagian visitor jika ada yang meng-klik banner tersebut.

Menonjolkan Isi Blog atau Web


Selain itu banner juga digunakan untuk menonjolkan isi blog/web Anda, pengunjung bisa mengetahui atau paling tidak membayangkan isi web/blog Anda dari banner yang Anda buat.

Back to Content ↑

Jenis Ukuran Banner


Adapun berbagai ukuran utama dari banner adalah sebagai berikut.

- Banner ukuran standar pada umumnya untuk kepentingan promosi atau iklan "window pop-up".

Contoh:
  • 300 x 250 IMU / Pixel “Medium Rectangle”
  • 250 x 250 IMU / Pixel “Square Pop-up”
  • 240 x 400 IMU / Pixel “Vertical Rectangle”
  • 336 x 280 IMU / Pixel “Large Rectangle”
  • 180 x 150 IMU / Pixel “Rectangle"


- Banner yang dipergunakan pada blog/web di media internet ukurannya antara lain sebagai berikut.

Contoh:
  • 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”


Terdapat beberapa jenis banner/spanduk yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. X- Banner


Dinamakan Banner X atau X Banner karena jenis ini ketika memasang menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangganya sengaja dibuat dengan bahan pipa dan aluminium kecil sehingga mudah dipindah tempat.

Banner jenis ini bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Uniknya banner jenis ini terletak pada tiangnya yang bisa dipakai berulang-ulang sehingga Anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang bannernya saja.

2. Y- Banner


Serupa dengan X- Banner, jenis banner ini diberi nama berdasarkan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Banner jenis ini memiliki model tiang penyangga yang dapat dipisahkan dari rangkanya. Memiliki alas bagian bawah supaya lebih kuat untuk berdiri.

Namun, promosi menggunakan banner Y sedikit lebih rendah dibandingkan banner X. Ukuran standar jenis ini biasanya 60 x 160 cm.

3. Mini X- Banner


Mini X- Banner sama dengan Banner X hanya berbeda pada ukurannya saja. Keduanya sama-sama menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Ukuran banner jenis ini adalah 26 x 38 cm atau terkadang lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan.

Bahan untuk banner jenis ini ada dua macam, yaitu x - banner yang dilapisi stainless dan x - banner yang tanpa lapisan. Banner ini biasanya diletakkan di meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Up Banner


Banner jenis ini memiliki fungsi yang mirip seperti Mini X- Banner, biasanya juga diletakkan di atas meja. Yang unik dari jenis ini adalah bentuknya dapat di gulung setelah selesai dipakai. Sehingga ketika Anda menggunakan banner ini, Anda hanya perlu menarik bannernya dari atas ke bawah.

Ukuran banner ini biasanya adalah 80 x 200 cm, atau 85 x 200 cm dan 120 x 200 cm dan ada juga yang berukuran 15 x 200 cm. Banner ini sangat efisien karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.

Banner jenis ini biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan lama. Jenis ini sangat pas dipasang di dalam ruangan. Karena, penggunaannya hanya diperuntukkan untuk pameran, di etalase toko, dan ruang penjualan.

Selain harganya yang murah, jenis banner ini mampu menampilkan produk Anda secara menyeluruh tanpa takut jatuh tertiup angin.

Back to Content ↑

Pembuatan Banner


Dimana kita bisa membuat banner? Banner dapat dibuat di perusahaan advertising, perusahaan jasa desain ataupun dapat kalian desain sendiri dan dibawa ke tempat percetakan. Jika kalian ingin banner yang berkualitas, kalian bisa memanfaatkan perusahaan advertising yang menawarkan jasa pembuatan banner hingga siap pakai.

Back to Content ↑

Demikianlah artikel tentang pengertian banner, jenis ukuran, ciri, tujuan, fungsi, pembuatan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi: http://jkspandukbanner.blogspot.com/2018/05/tujuan-fungsi-pembuatan-spanduk-banner.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR