Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Pada kesempatan kali ini Materi Bahasa Indonesia membahas tentang baliho yang meliputi pengertiannya, ciri-ciri, jenis-jenis bahan dan ukuran baliho, fungsi dan manfaat, serta contoh baliho.

Sebelumnya kami telah membahas artikel tentang pamflet yang bisa kalian baca di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Pamflet - Cara Membuat, Ukuran, Fungsi, Persyaratan dan Contoh Pamflet

Pengertian Baliho


Baliho adalah publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat (biasanya dengan gambar yang besar di tempat-tempat ramai).

Baliho menurut Alwi, dkk. (2001:96) mempunyai pengertian publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat, biasanya dengan gambar yang besar dan dipasang di tempat-tempat umum.

Pengertian Baliho | Ciri, Bahan, Ukuran, Fungsi, Manfaat & Contoh


Baliho dinilai cukup efektif sebagai media untuk mempromosikan karena dapat menyampaikan bermacam informasi dan mudah dilihat oleh masyarakat.

Baliho merupakan media luar ruang yang bersifat temporer (tidak untuk jangka waktu lama). Berisi informasi tentang event (expo, seminar, turnament, launching produk, dan lain-lain) diletakkan di jalur hijau, di jalan raya utama.

Pengertian lain baliho adalah suatu media promosi yang di cetak menggunakan print digital yang umumnya berbentuk vertical maupun portrait dan terbuat dari papan kayu maupun tripleks.

Baliho juga bisa didefinisikan sebagai suatu poster promosi yang dicetak dengan mesin print digital, yang memiliki ukuran jumbo.

Baca juga: POSTER (Lengkap): Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi, Syarat, & Contoh Gambarnya

Fungsi Baliho dan Manfaatnya


Adapun fungsi dan manfaat baliho adalah sebagai berikut.
  • Menyampaikan materi iklan.
  • Sebagai media promosi yang efektif sebab biasaya yang dikeluarkan tidak besar.
  • Dapat dilakukan secara instan dan kontemporer.
  • Untuk menaikkan penjualan.
  • Untuk menaikkan pamor atau popularias si pengiklan.


Ciri-Ciri Baliho


Adapun ciri-ciri dari media promosi baliho adalah sebagai berikut.
  • Mempromosikan suatu event (expo, seminar, turnament, launching produk, dan lain-lain).
  • Ukurannya besar (jumbo).
  • Biasanya diletakkan di jalan raya utama.


Jenis-Jenis Bahan Baliho


Baliho memiliki jenis-jenis bahan dalam pencetakannya, diantaranya:
  1. Poly A dan Poly B: bahan ini adalah bahan termurah dalam proses pembuatan baliho. Sangat coock digunakan untuk media promosi berjangka pendek mengingat kualitas tidak cukup baik.
  2. Flexy China: bahan ini adalah jenis yang cocok untuk promosi atau acara indoor karena jika digunakan untuk promosi outdoor, ada beberapa kekurangan seperti cat yang mudah luntur saat terkena hujan, bahan yang cepat kering dan mengelupas saat musim panas dan sebagainya.
  3. Flexy Korea: berbanding terbalik dengan flexy china, meskipun harganya tidak jauh berbeda tetapi kekuatan dan ketahanan flexy korea untuk promosi outdoor terbilang lebih bagus.
  4. Flexy Jerman: bahan ini adalah jenis yang terbaik diantara dua jenis flexy sebelumnya. Cocok untuk indoor maupun outdoor karena ketahanan dan kekuatannya terhadap cuaca sangat bagus. Flexy jerman cukup awet digunakan dalam berbagai cuaca.


Jenis-Jenis Ukuran Baliho


Baliho bisa dibuat dengan berbagai ukuran, tergantung selera Anda dan perhitungan marketing, bagaimana mengaur suatu promosi iklan dengan biaya yang murah tetapi bisa mendapat hasil yang maksimal. Untuk titik pemasangan pun harus dipikirkan dengan matang, oleh karena itu diperlukan konsultasi kepada penyedia jasa baliho.

Baliho banyak dipilih masyarakat sebagai media promosi yang efektif. Secara fisik, baliho memiliki ukuran yang besar, oleh karena itu menjadi perhatian dengan warna yang mencolok membuat siapa saja meliriknya.

Baliho bisa dibuat dengan beragam jenis ukuran. Berikut ini jenis-jenis ukuran baliho yang seringkali dipesan masyarakat.

1. Baliho vertikal 2 x 3 meter


Salah satu jenis baliho yang kerap dipesan masyarakat adalah baliho vertikal dengan ukuran 2 x 3 meter. Seperti yang kita ketahui, baliho adalah media reklame yang terbuat dari papan kayu maupun tripleks. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipasang pada tiang. Ada juga yang memasangnya pada konstruksi lainnya yang sifatnya tidak permanen.

Biasanya, untuk ukuran baliho 2 x 3 meter full color dan bahan pembuatannya dan triplek, kain atau juga kertas stiker.

Sementara itu, teknik pembuatannya melalui dua cara yaitu dengan digital printing dan manual. Biasanya, baliho ini dipasang di jalan-jalan dan diminati oleh sejumlah perusahaan utnuk mempromosikan produknya.

2. Baliho Horizontal 3 x 4 meter


Selain untuk media promosi produk atau perusahaan, baliho juga berfungsi sebagai alat promosi yang efektif untuk kampanye pada saat pilkada atau pemilu.

Biasanya baliho yang digunakan untuk pemilu adalah 3 x 4 meter. Ukuran tersebut tentunya sudah diatur dan disepakati oleh pihak penyelenggara.

Baliho ini juga memiliki proses pembuatan yang sama dengan jenis ukuran sebelumnya, yaitu dari triplek tipis, kain maupun kertas stiker. Hal tersebut tergantung kemauan pelanggan sendiri.

Dari ketiga bahan yang telah disebutkan, bila dilihat di jalan-jalan, baliho dengan kertas sticker lebih terkesan elegan. Sementara itu, untuk bahan triplek, kesan yang dihasilkan ialah baliho yang kokoh.

3. Baliho Vertikal 4 x 6 meter


Ukuran baliho ini terbilang ukuran jumbo (4 x 6 meter). Biasanya diperlukan rangka penyangga yang cukup kuat.

Baliho jenis ini biasanya diminati oleh perusahaan besar atau penyelenggara event tertentu yang memiliki jangkauan luas misalnya event nasional atau setingkat nasional. Dengan ukuran jumbo ini, diharapkan bisa menarik perhatian masyarakat untuk melihatnya.

Contoh Baliho


Contoh baliho caleg lucu

Contoh baliho produk (tri)

Contoh baliho rokok


Demikianlah artikel tentang pengertian baliho, ciri-cirinya, bahan, ukuran baliho, fungsi dan manfaat serta contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi: https://katawarna.com/blog/jenis-baliho-untuk-sarana-promosi/
https://www.astalog.com/8218/apa-yang-dimaksud-baliho.htm

KLIK UNTUK BERKOMENTAR