Type something and hit enter

author photo
By On
Apa pengertian brosur, apa tujuan brosur dan fungsinya? dan sebutkan ciri-ciri brosur beserta contoh gambarnya?


Apa yang dimaksud dengan brosur? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brosur merupakan media informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat.

Sedangkan menurut Hampton (2013:1) menyebutkan definisi brosur berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu sepotong kecil kertas yang dicetak, pada umumnya menggunakan satu lembar kertas berukuran 8.5 inci x 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau dapat pula berukuran lainnya dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simaklah materi tentang brosur ini, antara lain pengertian brosur, fungsinya, tujuannya, dan juga ciri-cirinya.

Pengertian Brosur


Pengertian Brosur, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Gambarnya
Apa itu brosur? Pengertian brosur adalah media promosi iklan yang ditujukan kepada konsumen agar mengetahui kelebihan jasa dan produk atau knowledge yang ditawarkan dalam bentuk selembaran dan terbit hanya sekali.

Dengan adanya brosur akan memudahkan produsen untuk menawarkan produk atau jasa mereka terhadap konsumen.

Pengertian lain dari brosur adalah terbitan tidak berkala yang terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu, biasanya memiliki sampul,tapi tidak menggunakan jilid keras.

Sedangkan, menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap (dalam satu terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.

Fungsi dan Tujuan Brosur


Adapun fungsi-fungsi brosur terdiri atas 3 bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Fungsi informatif: artinya brosur biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan berkaitan dengan perusahaannya. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan, produk baru atau layanan yang ditawarkan, atau juga perubahan nama perusahaan.
  2. Fungsi iklan: artinya brosur sangat penting sebagai alat iklan atau promosi, yang menarik dan memungkinkan untuk mempromosikan produk atau jasa.
  3. Fungsi identifikasi: artinya desain brosur yang baik memungkinkan kalian untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan kalian. Jika kriteria ini disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan kalian mudah diidentifikasi.

Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.
  1. Information
  2. Promotion
  3. To increase attractiveness for a product
  4. As an identy for a product

Ciri-ciri Brosur


Brosur memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan media-media promosi lainnya, seperti poster. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Tujuannya untuk menginformasikan produk atau jasa kepada khalayak ramai.
  • Biasanya memiliki pesan yang tunggal.
  • Brosur dibuat menarik, agar menjadi perhatian publik.
  • Didistribusikan secara mandiri (oleh perusahaan tersebut).
  • Desainnya yang menarik dan juga isinya jelas.

Contoh Brosur


Contoh Brosur dalam Bahasa Inggris
Contoh Brosur dalam Bahasa Inggris

Contoh Brosur Sekolah
Contoh Brosur Sekolah

Contoh Brosur Wisata
Contoh Brosur Wisata

Contoh Brosur Bimbel
Contoh Brosur Bimbel

Contoh Brosur Makanan
Contoh Brosur Makanan

Baca juga: POSTER (Lengkap): Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi, Syarat, Contoh Gambarnya


Demikianlah artikel hari ini tentang Pengertian Brosur, Fungsi, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Referensi: brainly.co.id/tugas/7004273
infobams.blogspot.com/2014/12/mengenal-pengertian-brosur-fungsi-dan.html
heztytatawarna.wordpress.com/2013/12/03/fungsi-brosur/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR