Type something and hit enter

Posted by On
Apakah kalian sedang mencari contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya? Kebetulan sekali, MateriBindo akan membagikan beberapa contoh teks cerita sejarah yang dibuat secara singkat dan lengkap.

Sebelum kita mulai membuat contohnya, sebaiknya kalian terlebih dahulu memahami apa itu teks cerita sejarah.

Apa yang dimaksud dengan teks cerita sejarah? Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan mengenai suatu fakta yang menjadi latar belakang terjadinya sesuai yang mempunyai nilai-nilai sejarah.

Nah, kalian sudah tahu kan pengertian teks cerita sejarah. Selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja struktur teks cerita sejarah.

Adapun struktur untuk membuat teks cerita sejarah yang lengkap dan bagus.
  • Orientasi: bagian pembuka atau pengenalan.
  • Urutan peristiwa: bagian rekaman peristiwa sejarah, umumnya dijelaskan dalam urutan kronologis.
  • Reorientasi: bagian ini berisi komentar tentang suatu kejadian sejarah yang diceritakan.

Setelah kita mengengetahui pengertian dan struktur teks cerita sejarah. Selanjutnya kita memasuki artikel yang akan dibahas kali ini yaitu tentang contoh teks cerita sejarah singkat dan strukturnya.

Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya


#1 Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur


Orientasi:


Candi borobudur merupakan peninggalan agama Buddha yang terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar tahun 824 M.

Urutan Peristiwa:


Monumen Buddha memiliki luas 123x123 m^2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi borobudur beraksitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India.

UNESCO mengakui dan juga memuji kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di Indonesia dan dunia.

Dalam menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 tahun. Dibawah komando arsitek Gunadarma dengan 60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo yang letaknya sekitar 2 km sebelah timur candi.

Pada saat pembangunan candi ini, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membuat candi adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau pengukur panjang rambut dari dahi sampai dasar dagu.

Reorientasi:


Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, ia membangun candi ini sekiar tahun 824 M. Candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

Sumber: www.contohteksku.com/2016/10/contoh-teks-cerita-sejarah.html

#2 Contoh Teks Cerita Sejarah Kemerdekaan Indonesia 


Orientasi:


Bermula dari pecahnya Perang Asia Timur Raya, dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan di Pusat Pertahanan Amerika Serikat "Pearl Harbour" tanggal 8 Desember 1941.

Tentara Jepang semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indonesia, Malaya, Filipina, dan Indocina. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda.

Wilayah pendudukan Jepang semakin meluas, dengan dikuasainya Batavia tanggal 5 Maret 1942. Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan akhirnya Pemerintah Belanda menyatakan "menyerah tanpa syarat".

Urutan Peristiwa:


Awalnya masyarakat Indonesia menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang. Pemerintah Jepang mulai aktif merangkul rakyat Indonesia dengan pembentukan beberapa organisasi masyarakat, yang sebenarnya "ada udang di balik batu" untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II.

Peristiwa penting yang terjadi yaitu pertemuan Soekarno, M Hatta dan Rajiman dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pasukan Jepang mulai melemah, dan pasukan Amerika semakin kuat. Amerika mengamuk sehingga pada tanggal 6 Agustus 1945 menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan 9 Agustus bom atom kedua di Nagasaki.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Reorientasi:


Berita kekalahan Jepang tidak dapat ditutupi, dengan perjanjian Post dan Jepang menyerahkan kekuasaanya kepada sekutu, otomatis Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sumber: www.materibelajar.id/2016/10/04-contoh-teks-cerita-sejarah-lengkap.html

#3 Contoh Teks Cerita Sejarah Huruf Braille


Orientasi:


Huruf Braille adalah huruf yang khusus dibuat untuk para tuna netra. Huruf ini dibuat seperti titik yang timbul, diciptakan oleh Louis Braille.

Urutan Peristiwa:


Louis Braille dilahirkan di Coupvray, Perancis, 1809. Awalnya penglihatannya normal, tetapi akibat terkena peralatan kuda milik ayahnya membuat sebelah matanya buta pada usia 3 tahun. Akibat infeksi pada matanya tersebut, Braille harus rela kehilangan penglihatan di kedua matanya.

Pada tahun 1816, Charles Barbier, seorang anggota militer Perancis menemukan metode menulis dengan menggunakan titik dan tanda garis. Metode ini biasa diguankan pada peperangan di malam hari.

Meskipun sesungguhnya metode tersebut terbilang bagus, tetapi sulit untuk dipelajari. Braille menganalisis kekurangan dari metode ciptaan Charles Barbier. Braille menemukan bahwa pada metode itu belum ada tanda baca dan notasi musik, serta memerlukan beratus titik dan garis untuk membuat satu kalimat.

Pada tahun 1821, seorang tentara telah membuktikan bahwa perutusan yang ditulis dengan titik dan tanda sengkang dapat ditekankan di atas kertas untuk digunakan pada ketentaraan di waktu malam hari dalam parit pertahanan. Braille memperbaiki sistem ini dan menulis buku berkaitan dengan sistem Braille pada 1829 dan 1837.

Reorientasi:


Meskipun pada awalnya terdapat berbagai halangan oleh mereka yang tidak memahami keperluan orang buta, Braille tetap gigih menyebarkan tulisan ciptaannya tersebut.

Kegigihan tersebut diterima khalayak ramai yang mengalami nasib sama dengannya. Melalui usahanya tersebut, beribu-ribu orang buta akhirnya dapat membaca.

Louis Braille meninggal dunia tahun 1852 pada usia 41 tahun karena penyakit Tuberculosis yang dideritanya.

Sumber: brainly.co.id/tugas/7124172

#4 Contoh Teks Cerita Sejarah "Nelson Mandela"


Orientasi:


Nelson Mandela meninggal dunia dalam usia 95 tahun, ia meninggal karena penyakit infeksi paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013.

Urutan Peristiwa:


Ucapan duka datang dari penjuru dunia atas kepergian pahlawan penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini.

Mandela menjadi tokoh inpirasi dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, ia menolak dominasi kulit putih ataupun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya tersebut, ia tidak hanya meraih Nobel Perdamaian tahun 1993, namun juga penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.

Hampir 100 kepala negara yang menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di Stadion FNB, Soweto, Afrika Selatan, pada 10 Desember 2013.

Para pemimpin yang selama ini berbeda pandangan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS saat itu Barrack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.

Reorientasi:


Nelson Mandela dimakamkan di Desa Qunu, tempat ia menghabiskan masa kecilnya dengan adat Xhosa, pada 15 Desember 2013. Pemakaman ini terletak di tanah luas milik keluarga yang dibangun Mandela setelah dibebaskan dari penjara tahun 1990.

Mandela dipenjara oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun dari tahun 1964 sampai 1990.

Sebelumnya, jenazah Mandela disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria, tempat ia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada tahun 1994.

Sumber: gubugmamben.blogspot.com/2017/10/5-contoh-teks-cerita-sejarah-smama.html 

#5 Contoh Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api


Orientasi:


Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengobarkan segalanya.

Urutan Peristiwa:


Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik "bumihangus". Rakyat tidak rela bila kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan, pada 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir meninggalkan kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Semua listrik mati, Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itu diutuslah pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakan gudang tersebut dengan granat tangan .Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan tersebut merupakan langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.

Reorientasi:


Istilah Bandung Lautan Api muncul dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, yang menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Sumber: diniwoody.blogspot.com/2015/09/teks-cerita-sejarah-bandung-lautan-api.html

#6 Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi "Legenda Kalimantan"


Orientasi:


Di sebuah bukit yang jauh dari desa, di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin dan anak gadisnya. Anaknya sangat cantik cantik jelita. Namun sayang, ia mempunyai perilaku yang amat buruk. Gadis itu adalah seorang pemalas, tak pernah mau membantuk ibunya melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Kerjaannya hanya bersolek setiap hari.

Selain pemalas, anak gadis itu sikapnya sangat manja. Segala permintaannya harus dipenuhi. Setiap kali ia meminta sesuatu kepada ibunya harus dikabulkan, tanpa memperdulikan keadaan ibunya yang miskin, setiap hari harus membanting tulang hanya untuk mencari sesuap nasi.

Urutan Peristiwa:


Pada suatu hari, anak gadis itu diajak ibunya turun ke desa untuk berbelanja. Letaknya amat jauh, sehingga mereka harus berjalan kaki yang cukup melelahkan. Anak gadis itu berjalan melenggang dengan memakai pakaian yang bagus dan bersolek agar orang-orang dijalan melihatnya nanti akan mengagumi kecantikannya.

Sementara itu bunya berjalan di belakang sambil membawa keranjang dengan pakaian yang tak layak/sangat dekil. Karena mereka hidup di tempat terpencil, tak seorangpun mengetahui bahwa kedua perempuan yang berjalan itu adalah ibu dan anak.

Ketika mereka mulai memasuki desa, orang-orang desa memandangi mereka. Mereka begitu terpesona akan kecantikan anak gadis itu, terutama para pemuda desa yang tak puas-puasnya memandang wajah gadis itu. 

Namun ketika melihat orang yang berjalan dibelakang gadis tersebut, sungguh kontras keadaannya. Hal itu membuat orang bertanya-tanya.

Di antara orang yang melihatnya itu, seorang pemuda mendekati dan bertanya kepada gadis itu, "Hai gadis cantik. Apakah yang berjalan dibelakang itu ibumu?" Namun , jawaban anak gadis itu "Bukan" katanya dengan angkuh. "Ia adalah pembantuku!" Kedua ibu dan anak itu kemudian meneruskan perjalanan.

Tak seberapa jauh, mendekat lagi seorang pemuda dan bertanya lagi "Hai manis. Apakah yang berjalan dibelakangmu itu ibumu?", "Bukan.. bukan," jawabnya. "Ia adalah budak!". Begitulah sikap gadis itu setiap bertemu seseorang selalu jawabannya begitu.

Pada mulanya mendengar jawaban dari putrinya itu jika ditanya orang, ia masih bisa menahan diri. Namun setelah berulang kali, akhirnya ibu itu berdoa "Ya Tuhan, hamba tak kuat menahan hinaan ini. Anak kandung hamba begitu teganya memperlakukan diri hamba sedemikian rupa. Ya tuhan hukumlah anak durhaka ini! Hukumlah dia..."

Atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, perlahan-lahan tubuh gadis itu berubah menjadi batu. Perubahan itu dimulai dari kaki. Ketika perubahan itu telah mencapai setengah badan, anak gadis itu menangis memohon ampun kepada ibunya "Oh, ibu.. ibu ampunilahsaya, ampunilah kedurhakaan anakmu ini. Ibu... ibu.. ampunilah anakmu.." Anak gadis itu terus meratap dan menangis memohon kepada ibunya.

Akan tetapi, semuanya sudah terlambat. Seluruh tubuh gadis itu akhirnya berubah menjadi batu. Sekalipun telah menjadi batu, orang-orang dapat melihat bahwa kedua matanya menitikkan air mata, seperti sedang menangis. Oleh karena itu, batu yang berasal dari gadi yang mendapat kutukan dari ibunya disebut "Batu Menangis".

Reorientasi:


Demikianlah cerita berbentuk legenda di atas, yang oleh masyarakat setempat dipercaya bahwa kisah itu benar-benar pernah terjadi. Barangsiapa yang mendurhaki ibu kandung yang telah melahirkannya dan membesarkannya, pasti perbuatan laknatnya itu akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sumber: dindanur13.blogspot.com/2015/08/bahasa-indonesia-cerita-sejarah.html

#7 Gempa Bumi Sumatera Barat 30 September 2009

Orientasi


Provinsi Sumbar atau Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang berada di antara pertemuan dua lempeng benua besar yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia dan patahan Semangko. Keadaan gegografis seperti ini memang sangat rawan dan memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap gempa bumi. Bahkan menurut para ahli Sumatera Barat memiliki siklus 200 tahunan gempa besar.

Urutan Peristiwa


Gempa Bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan besara kekuatan mencapai 7,6 skala richter di lepas pantai. Gempa bumi ini terjadi tepatnya pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009 yang berlokasi di lepas pantai dengan jarak sekitar 50 km barat laut kota Padang. Dari data yang diperoleh dari Satkorlak PB, ada sebanyak 1.117 orang tewas. Dari korban ini, yang terbanyak adalah berasal dari 3 kota dan 4 kabupaten di Sumbar.

Reorientasi


Meski gempa bumi di Sumatera Barat ini sudah lama terjadi, namun gempa tersebut masih menempel kuat dalam ingatan benak kita. Terlebih lagi bagi saudara-saudara kita yang keluarga dan orang kesayangannya menjadi korban, tentu sangat berat sekali menghilangkan trauma tersebut. Untuk kita yang tidak menjadi korban gempa bumi, maka sudah selayaknya kita memahami karakter geografis bumi Indonesia untuk kemudian dijadikan sebagai pelajaran terkait gempa bumi ini.

#8 "Sejarah Internet"


Orientasi


Siapa yang tidak kenal internet, pada zaman modern seperti ini, internet merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus ada. Internet sendiri merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Dephan Amerika serikat pada tahun 1969. Melalui proyek yang bernama ARPA yang diebut ARPANET, mereka mendemonstrasikan bagaimana hadware dan software mampu menjalin komunikasi dengan jarak yang tak terhingga melalui telepon.

Urutan Peristiwa


Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah yang pada tahun 1969 membuat satu jaringan terpadu. Kemudian pada tahun 1972, baru ARPANET diperkenalkan kepada khalayak umum yang kemudian banyak yang tertarik dan ingin bergabung di dalamnya.

Reorientasi


Saat ini, keberadaan jaringan internet sangat penting sekali untuk manusia. Internet bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan bahkan juga untuk berbisnis. Bukan saja untuk kalangan orang dewasa, internet kini juga sangat dibutuhkan oleh kalangan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka sangat membutuhkan informasi, selama memiliki koneksi internet, maka berbagai macam informasi bisa didapatkan dengan mudah.

#9 "Sejarah Instagram"


Orientasi


Instagram adalah salah satu dari sekian banyak media sosial yang digandrungi warga masyarakat saat ini. Instagram sendiri adalah sebuah medsos yang fokus kepada berbagai gambar foto. Instagram adalah terdiri dari gabungan dua kata yaitu "insta" yang berasal dari kata instan dan "gram" yang berasal dari kata telegram. Jadi Instagram ini adalah media sosial yang biasa digunakan oleh usernya untuk berbagi foto.

Urutan Peristiwa


Instagram ini ditemukan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Kevin Systrom dan Mike Krieger adalah CEO dari Perusahaan Burbn, Inc. yang berdiri pada tahun 2010. Dari perushaan inilah kemudian Instagram muncul di tengah masyarakat. Namun kemudian dalam perjalanannya pada tahun 2012 Instagram diumumkan telah diambil alaih atau diakuisisi oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi


Kini, media sosial Instagram ini tidak hanya untuk berbagi gambar saja. Banyak sekali yang memanfaatkan Instagram untuk bisnis, kampanye dan berbagai keperluan yang lainnya. Dan bukan gambar saja, Instagram juga sudah bisa untuk mengupload berbagai macam video.

#10 Kerajaan Sunda


Orientasi


Kerajaan Sunda terletak di daerah Jawa Barat sekarang. Tak dapat dipastikan dimana pusat kerajaan ini sesungguhnya. Berdasarkan sumber sejarah berupa prasasti dan naskah-naskah berbahasa Sunda Kuno dikatakan bahwa pusat kerajaan Sunda telah mengalami beberapa perpindahan.

Urutan Peristiwa


1. Menurut Kitab Carita Parahyangan, Ibukota kerajaan Sunda mula-mula di Galuh, kemudian menurut Prasasti Sanghyang Tapak yang ditemukan di tepi sungai Cicatih, Cibadak Sukabumi, Isi dari prasasti itu tentang pembuatan daerah terlarang di sungai itu yang ditandai dengan batu besar di bagian hulu dan hilirnya.
2. Oleh Raja Sri Jayabhupati penguasa kerajaan Sunda. Di daerah larangan itu orang tidak boleh menangkap ikan dan hewan yang hidup di sungai itu. tujuannya mungkin untuk menjaga kelestarian lingkungan (agar ikan dan lain-lainnya tidak punah) siapa yang berani melanggar larangan itu, ia akan dikutuk oleh dewa-dewa.
3. Kerajaan Sunda beribu kota di Parahyangan Sunda. Sementara itu menurut prasasti Astana Gede (Kawali – Ciamis) ibu kota kerajaan Sunda berada di Pakwan Pajajaran.
4. Mengenai perpindahan kerajaan ini tak diketahui alasannya. Akan tetapi, hal-hal yang bersifat ekonomi, keamanan, politik, atau bencana alam lazim menjadi alasan perpindahan pusat ibu kota suatu kerajaan.

Reorientasi


Kerajaan Sunda menguasai daerah Jawa Barat untuk waktu yang lama, diantara rajanya, yang terkenal adalah Jaya Bhupati dan Sri Baduga Maharaja.


Demikianlah artikel hari ini tentang Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Kelas XII dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Diupdate: 12/12/2023

1 comments: