Type something and hit enter

Posted by On

Materibindo.com - Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 beserta kunci jawabannya. 


Menjelang pertengahan semester, semua siswa/i di SMA/SMK/MA harus mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS). 


Kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi penilaian tengah semester ini dengan belajar beberapa contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1. 


Semua contoh soal UTS ini juga sudah disertai dengan kunci jawaban agar kamu mudah dalam mengecek jawaban setelah selesai menjawab soal-soalnya. 


Berikut ini kami membagikan kumpulan soal UTS/PTS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 yang bersumber dari SMA Negeri 1 Karanganyar.


Kumpulan Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1

soal uts bahasa indonesia kelas 12

Ada sekitar 50 butir soal (PG/Pilihan Ganda/Pilgan) bahasa Indonesia kelas XII dan jawabannya yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam menghadapi ujian dari guru.


PETUNJUK UMUM


  • Tulis namamu di sudut kanan atas.
  • Bacalah setiap soal dengan teliti.
  • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
  • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!


Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para  wanita pejuang dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu  tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia sehingga pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. Berbagai  kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa bagi para ibu.


1. Penanda waktu yang ditemukan dalam kutipan teks di atas adalah…

A. Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. 

B. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa.

C. Membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

D. Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

E. Hari ibu merupakan hari saat memberikan kado istimewa.


2. Struktur teks cerita sejarah pada paragraf kedua kutipan teks di atas adalah….

A. Orientasi                        D. penutup

B. urutan peristiwa 1          E. reorientasi

C. urutan peristiwa 2


3. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah….

A. Hari Ibu di Indonesia diperingati pada 22 Desember untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji keibu-an para ibu. 

B. Membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

C. Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

D. Hari ibu merupakan hari saat memberikan kado istimewa.

E. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa.


4. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para  wanita pejuang dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia sehingga pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Proses nominalisasi yang tepat terdapat pada kata….

A. Bertemunya                 D. perjuangan

B. Mengadakan                 E. diperingati

C. dikenal


5. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Saat pemerintah Belanda (VOC) menjajah bangsa Indonesia mereka merebut hasil pertanian dan perkebunan milik warga Indonesia secara paksa. Selain itu, masyarakat juga dipekerjakan semena-mena tanpa diberi upah. Sistem kerja paksa saat itu dinamakan rodi. Unsur serapan yang diadopsi secara utuh dari bahasa asing adalah ....

A. Upah                             D. VOC

B. Sistem                           E. asing

C. rodi


6. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Sekitar tahun 850 Masehi, Prambanan disempurnakan dan diperluas oleh Rakai Pi Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu. Sebuah prasasti berangka tahun 856 M menyebutkan bahwa bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk memuliakan dewa Siwa. Paragraf di atas termasuk ke dalam ....

A. Reaksi                             D. orientasi

B. Peristiwa                         E. koda

C. reorientasi


7. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Berita kekalahan Jepang dalam perang pasifik telah diketahui oleh Sutan Syahrir sehingga para golongan muda mendesak golongan tua untuk segera melaksanakan kemerdekaan. Hal itu dilakukan agar kita tidak memiliki hutang budi terhadap Jepang. Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang melainkan karena perjuangan rakyat Indonesia.

Penggalan teks di atas menggunakan struktur teks cerita sejarah yaitu ....

A. Orientasi                         D. penutup

B. kesimpulan/koda             E. pembuka

C. reorientasi


8. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Tahun 1992, bangsa ini tersenyum bangga ketika dua atlet berhasil memenangkan medali emas dalam ajang Olimpiade Barcelona.

Orientasi di atas bisa dilanjutkan oleh kalimat-kalimat berikut ini, kecuali ....

A. Atlet yang memenangkan medali emas berasal dari kontingen bulu tangkis.

B. Susi Susanti dan Alan Budikusuma menjadi pahlawan saat itu.

C. Indonesia mengikuti olimpiade sejak olimpiade Helsinki, 1952 di Finlandia.

D. Kisah cinta Susi Susanti dan Alan Budikusuma merebak.

E. Selain medali emas, Indonesia juga meraih medali 2 perak dan 1 perunggu dari kontingen bulu tangkis saat itu.


9. Perhatikan kalimat berikut dengan saksama!


Belanda menjajah bangsa Indonesia selamakurang lebih 350 tahun.

Kata yang bergaris bawah menunjukkan keterangan ....

A. Waktu                             D. pelengkap

B. Tempat                            E. objek

C. cara


10. Perhatikan teks berikut dengan saksama!

Bangsa Indonesia tidak memiliki senjata untuk melawan penjajah, sedangkan bangsa Indonesia hanya mengandalkan bambu runcing dengan semangat persatuan dan kesatuan untuk mengalahkan penjajah pada masa itu.

Penggalan kalimat di atas menggunakan keterangan ....

A. Waktu                             D. pelengkap

B. Tempat                            E. objek

C. cara


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 14!


Hari Guru 

Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuan diperingatinya hari ini adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru. 


Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi. 


Education International (EI), sebuah federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia, yakin bahwa Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. EI juga percaya bahwa prinsip-prinsip Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia. Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia. 


Dorongan bagi Education International dan 400 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. Setiap tahun, EI melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar.


11. Penulisan teks cerita sejarah di atas menggunakan model … .

A. urutan waktu             D. Khusus-umum

B. urutan tempat             E. Sebab-akibat

C. umum-khusus


12. Abstraksi teks cerita sejarah di atas yang tepat adalah … .

A. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia.

B. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. Education International melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar.

C. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Education International melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kokontribusi profesi pengajar.

D. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. Dorongan bagi Education International dan 400 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini.

E. Dorongan bagi Education International dan 400 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia.


13. Kalimat berikut ini yang mengandung nomina apositif adalah… .

A. Education International (EI), sebuah federasi yang mewakili pengajaran profesional di seluruh dunia, yakin bahwa Hari Guru Sedunia harus dikenal dan dirayakan di seluruh dunia. 

B. EI juga percaya bahwa prinsip-prinsip Rekomendasi 1966 dan 1997 harus dipertimbangkan untuk diimplementasikan ke seluruh dunia.

C. Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru Sedunia. 

D. Dorongan bagi Education International dan 400 lebih anggotanya telah berkontribusi pada tersebarnya prinsip ini. 

E. Setiap tahun, EI melakukan kampanye kesadaran masyarakat untuk menerangkan kontribusi profesi pengajar.


14. Penulisan kalimat berikut ini yang sesuai dengan “Ejaan yang Disempurnakan” adalah… .

A. Hari guru sedunia diperingati setiap tanggal 5 oktober sejak tahun 1994. 

B. Tujuan diperingatinya hari ini adalah untuk memberikan dukungan kepada para Guru di seluruh dunia.

C. Lebih dari seratus negara memperingati Hari Guru.

D. Keberlangsungan Generasi pada masa depan ditentukan oleh Guru.

E. Hari guru mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru.


15. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Pada masa imperialisme di Indonesia, pemerintah Belanda terus melakukan upaya perbaikan ekonomi. Pada tahun 1829, seorang tokoh bernama Johannes Van de Bosch mengajukan usulan kepada Raja Belanda untuk melakukan penanaman tanaman yang akan laku di pasar dunia. Penanaman itu dilakukan di seluruh tanah jajahan, termasuk Indonesia. Tanah jajahan dianggap sebagai tanah yang menguntungkan bagi negeri induk. Proses penanaman pun dilakukan secara paksa. Dengan demikian, perekonomian Belanda segera pulih, bahkan meningkat.

Istilah sejarah yang diambil dari bahasa asing untuk menggambarkan tanam paksa seperti pada teks di atas adalah ....

A. romusha

B. devide et impera

C. cultuurstelsel

D. rijsttafel

E. inladers


16. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Pada masa imperialisme di Indonesia, pemerintah Belanda terus melakukan upaya perbaikan ekonomi. Pada tahun 1829, seorang tokoh bernama Johannes Van de Bosch mengajukan usulan kepada Raja Belanda untuk melakukan penanaman tanaman yang akan laku di pasar dunia. Penanaman itu dilakukan di seluruh tanah jajahan, termasuk Indonesia. Tanah jajahan dianggap sebagai tanah yang menguntungkan bagi negeri induk. Proses penanaman pun dilakukan secara paksa. Dengan demikian, perekonomian Belanda segera pulih, bahkan meningkat.

Istilah yang tepat untuk mengganti ungkapan bercetak miring pada teks di atas adalah ....

A. Koloni             D. kolonialisasi

B. Kolonial           E. kolonisme

C. kolonialisme


17. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


Pada masa orde baru, politik luar negeri Indonesia dikembalikan pada politik bebas aktif yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian, Indonesia segera memulihkan hubungan dengan negara-negara tetangga. Di antaranya adalah penghentian kronfontasi dengan Malaysia. Pemulihan hubungan diplomatik tersebut merupakan hasil perundingan yang dilakukan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tun Abdul Razak, dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik. Perundingan tersebut berlangsung di Bangkok pada 29 Mei hingga 1 Juni 1966.

Kata bercetak miring pada teks cerita sejarah di atas memiliki makna ....

A. Penjajahan             D. permusuhan

B. Penguasaan            E. persaingan

C. perdebatan


18. Perhatikan teks berikut dengan saksama!


... benteng Kaum Padri jatuh ke tangan Belanda, pemimpin pasukan Tuanku Imam Bonjol beserta sisa-sisa pasukannya pun ikut tertawan. 

Konjungsi yang tepat untuk menghubungkan kalimat di atas ialah ....

A. Setelah             D. semenjak

B. Ketika              E. hingga

C. selama


19. Perhatikan kalimat berikut dengan saksama!


Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia … pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Konjungsi yang tepat untuk mengisi kalimat di atas adalah….

A. Sampai                D. sementara

B. Demi                   E. Sejak

C. Sehingga


20. Bacalah teks berikut dengan saksama!


Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional. Kemerdekaan yang telah diproklamasikan merupakan hasil serangkaian perjuangan bersenjata dan diplomasi. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia bersungguh-sungguh untuk merdeka. Pemuda pemudi ikut andil dalam meraih kemerdekaan.

Berdasarkan teks di atas, kalimat berikut ini yang mengandung nomina koordinatif adalah… .

A. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional. 

B. Kemerdekaan yang telah diproklamasikan merupakan hasil serangkaian perjuangan bersenjata dan diplomasi. 

C. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia bersungguh-sungguh untuk merdeka. 

D. Pemuda pemudi ikut andil dalam meraih kemerdekaan.

E. Bendera pusaka masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional. 


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!


Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kejadian ini berlangsung tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan keduanya dari intervensi pihak luar. Daerah Rengasdengklok dipilih karena menurut perhitungan militer, tempat tersebut jauh dari jalan raya Jakarta-Cirebon. Disamping itu, mereka dengan mudah dapat mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok.


21. Pronomina penunjuk ini pada kalimat kedua paragraf pertama kutipan teks cerita sejarah tersebut mengacu pada….

A. Peristiwa Rengasdengklok

B. Golongan muda

C. Golongan tua

D. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

E. Proklamasi kemerdekaan Indonesia


22. Pronomina persona mereka pada kalimat terakhir paragraf kedua kutipan teks cerita sejarah mengacu pada….

A. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

B. Tentara Jepang

C. Golongan tua

D. Golongan muda

E. Pihak luar


23. Bacalah teks berikut dengan saksama!


Pertempuran 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda, Merah-Putih-Biru di hotel Yamato oleh tentara Belanda, sehingga menyulut berkorbarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Belanda dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. 

Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah….A. Pertempuran 10 November terjadi pada tanggal 10 November 1946.

B. Pertempuran 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda.

C. Pertempuran 10 November terjadi di Surabaya, Jawa Timur. 

D. Peristiwa pertempuran 10 November dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Jepang oleh tentara Inggris.

E. Perlawanan rakyat Surabaya membuat tentara Belanda menyerah dan meninggalkan kota Surabaya.


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 24 s.d. 29!


Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur, belum dapat dipadamkan hingga saat ini. Bahkan kebakaran merembet hingga Jawa Tengah. Cuaca kering, angin kencang dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015). Sutopo menjelaskan dari Sabtu (24/10/15) malam hingga minggu dini hari api merembet dari Pos 3 jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang ke Pos 1 dan satu jalur Cemoro Sewu. Kemudian pada siang hari api semakin membesar dan mendekati pemukiman warga sore harinya. Tanaman yang tebakar adalah pinus sehingga mudah sekali menjalar ke tempat lain.


24. Paragraf pertama pada teks berita di atas menunjukkan struktur ….

A. abstraksi

B. orientasi

C. peristiwa

D. sumber berita

E. evaluasi


25. Paragraf yang menunjukkan struktur peristiwa adalah ….

A. paragraf 1

B. paragraf 2 

C. paragraf 3

D. paragraf 1 dan 2

E. paragraf 2 dan 3


26. Struktur sumber teks berita dalam penggalan teks berita di atas adalah ….

A. Metronews.com

B. Penjaga Pos 3 jalur Cemoro Kandang

C. Penjaga Pos 1 jalur Cemoro Sewu

D. Warga pemukiman sekitar

E. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)


27. Arti kata rilis dalam penggalan teks berita di atas 

adalah ….

A. menyampaikan

B. menerbitkan

C. mengeluarkan

D. mengumumkan

E. mengadakan


28. Penulisan kalimat yang tepat sesuai dengan EyD adalah ….

A. “Cuaca kering; angin kencang; dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi Dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015).

B. “Cuaca kering, angin kencang, dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015).

C. Cuaca kering, angin kencang dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015).

D. Cuaca kering; angin kencang; dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015).

E. “Cuaca kering, angin kencang. dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi Dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metronews.com, Minggu (25/10/2015).


29. Pertanyaan yang tidak sesuai dengan teks berita di atas adalah ….

A. Kapan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur terjadi?

B. Apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur?

C. Siapa Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)?

D. Bagaimana proses tejadinya kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur?

E. Mengapa tanaman pinus mudah sekali terbakar dan menjalar ke tempat lain?


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 30 s.d. 36!


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (29/10/2015). Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri untuk meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan.Pantauan Kompas.com, pesawat Kepresidenan tiba di Bandara sekitar pukul 08.15 WIB. Adapun, beberapa menteri yang ikut mendampingi di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Selain itu, Presiden juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Rencananya, Jokowi beserta rombongan akan menuju Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Kayu Agung. Kabupaten OKI merupakan daerah yang terdampak kabut asap cukup parah selama 3 bulan terakhir.


30. Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ….

A. Presiden Jokowi tiba di Palembang

B. Kabut asap cukup parah selama 3 bulan terakhir 

C. Beberapa menteri mendampingi presiden Jokowi

D. Presiden Jokowi mengunjungi daerah yang terdampak kabut asap di Palembang

E. Kabupaten Oki merupakan daerah terdampak kabut asap yang paling parah


31. Pernyataan yang sesuai dengan teks berita di atas adalah ….

A. Presiden Jokowi tiba di Palembang didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan Menteri Pendidikan Tinggi

B. Presiden Jokowi tidak didampingi Ibu Negara Iriana Widodo.

C. Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (29/10).

D. Presiden juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Teten Masduki.

E. Jokowi beserta rombongan telah mengunjungi Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Kayu Agung.


32. Verba aktif transitif yang terdapat pada teks berita di atas adalah ….

A. didampingi, terdampak

B. mendampingi, menuju

C. merupakan, meninjau

D. tiba, beserta

E. terdampak, menikmati


33. Adapun, beberapa menteri yang ikut mendampingi di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Antonim dari kata mendampingi dalam kalimat di atas adalah ….

A. menemani

B. menyertai

C. mengikuti

D. menghindari

E. mengiringi


34. Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri untuk meninjaulangsung lokasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

Yang bukan sinonim dari kata meninjau adalah ….

A. melihat

B. memeriksa

C. menilik

D. menyelidiki

E. mengabaikan


35. Rencananya, Jokowi beserta rombongan akan menuju Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Kayu Agung. 

Jenis keterangan yang terdapat pada konjungsi beserta pada kalimat di atas adalah ….

A. tujuan

B. cara 

C. syarat

D. penyerta

E. perbandingan


36. Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri untuk meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan.


Klausa utama kalimat majemuk di atas adalah ….

A. Jokowi tiba

B. Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Widodo

C. Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri 

D. Jokowi tiba untuk meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan

E. untuk meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di Sumatera Selatan


37. Cermati kedua kutipan teks berikut dengan saksama!


Teks 1

Kirab Budaya dalam rangkaian hari jadi kota Surakarta menjadi salah satu daya tarik wisata budaya, Dalam acara itu tercermin kerja sama, partisipasi, dan kegotongroyongan warga kota dengan pemimpin pemerintahan. Banyak anggota masyarakat yang datang dan rela berdesak-desakan di sekitar jalur rute kirab. Hal itu mencerminkan kecintaan dan penghormatan masyarakat kepada kota dan pemimpinnya.


Teks 2

Karnaval dalam rangka Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-70 berjalan meriah. Sepanjang jalan protokol jalur karnaval sudah dipadati warga masyarakat yang akan menyaksikan. Berbagai mobil hias dan pejalan kaki dari berbagai kelompok atau instansi ikut menyemarakkan karnaval. Mereka menghiasi mobil dengan berbagai aksesoris sesuai karakteristik kelompoknya. Dalam suasana panas pun, warga sangat antusias mengikuti dan menyaksikan satu demi satu peserta pawai. Mereka seakan tak menghiraukan teriknya siang itu.

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah ….

A. kerelaan warga dan suasana menyaksikan kirab 

B. kirab budaya dikemas sebagai kegiatan pariwisata 

C. penyelenggara kegiatan kirab budaya atau karnaval 

D. nilai-nilai perjuangan yang tercermin dalam kirab

E. berbagai aksesoris menghiasi acara kirab


38. Cermati kedua kutipan teks berikut dengan saksama!


Teks 1

Kanker Usus Besar Mengarah ke Usia Muda 

Jakarta, Kompas- Dari sekian banyak kematian akibat kanker, kanker usus besar merupakan penyebab kematian nomor dua. Angka kasusjenis kanker ini diperkirakan akan terus meningkat dan mengarah pada usia muda.


Teks 2

Kebiasaan Minum Susu Botol Picu Karies Gigi 

Jakarta , Kompas-Masalah gigi berlubang atau karies dialami oleh sekitar 85 persen anak usia di bawah lima tahun di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan minum susu botol pada usia akhir balita. Bila tidak segera diatasi, hal itu akan menurunkan kualitas perkembangan anak.


Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ….

A. Teks 1 berapa, mengapa, bagaimana, teks 2 apa, berapa, di mana, mengapa

B. Teks 1 mengapa, bagamana, teks 2 berapa, apa,di mana, bagaimana

C. Teks 1 siapa, apa, bagaimana, teks 2 apa, di mana, berapa

D. Teks 1 berapa, di mana, kapan, teks 2 berapa, apa, di mana, kapan

E. Teks 1 di mana, bagaimana, kapan , teks 2 apa, mengapa, berapa


Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 39 s.d. 43!


DOHA, KOMPAS.com - Sistem pendidikan masa kini perlu diubah untuk menyiapkan generasi muda yang siap menyongsong perubahan dunia yang begitu cepat. Pendidikan perlu menyeimbangkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dengan tetap memegang nilai-nilai tradisional yang relevan dan modern. Persoalan tersebut mengemuka dalam dialog-dialog di acara World Innovation Summit for Education (WISE) ke-4 di Doha, Qatar, yang berakhir pekan lalu.


Dalam menghadapi perubahan pendidikan untuk mempersiapkan generasi muda dunia yang lebih baik, seruan saling belajar, berbagi, dan bekerjasama di antarorganisasi dan negara mencuat.Mona Mourshed, Partner and Leader, Global Education Practice McKinsey and Company, mengatakan dunia pendidikan terus menghadapi tantangan soal belum sinkronnya lulusan dengan pasar tenaga kerja yang tersedia. Dunia pendidikan belum dikatakan berhasil jika hanya membuat lulusannya bisa bekerja begitu lulus.


"Yang penting apakah lulusan itu bisa membangun karirnya, bukan sekadar bekerja," kata Mona. Dalam upaya menyelaraskan dunia pendidikan dan dunia kerja, kata Mona, di banyak tempat terkendala kurangnya kesempatan magang bagi siswa/mahasiswa.


39. Yang bukan merupakan Sumber berita dalam struktur berita di atas adalah….

A. Mona

B. Partner and Leader, Global Education Practice McKinsey and Company

C. World Innovation Summit for Education (WISE) ke-4 di Doha, Qatar

D. Generasi muda

E. Mona Mourshed


40. Mona Mourshed, Partner and Leader, Global Education Practice McKinsey and Company, mengatakan dunia pendidikan terus menghadapi tantangan soal belum sinkronnya lulusan dengan pasar tenaga kerja yang tersedia.

Arti kata sinkron dalam kalimat di atas adalah ….

A. selaras

B. berlaku

C. terjadi

D. serentak

E. bersangkutan


41. Sistem pendidikan masa kini perlu diubah untuk menyiapkan generasi muda yang siap menyongsong perubahan dunia yang begitu cepat.

Kelompok kata pada predikat kalimat di atas berbentuk ….

A. Kelompok kata adjektif

B. Kelompok kata verba

C. Kelompok kata nomina

D. Kelompok kata adverbial

E. Kelompok kata preposisi


42. Dunia pendidikan belum dikatakan berhasil jikahanya membuat lulusannya bisa bekerja begitu lulus.

Konjungsi kata jika pada kalimat di atas adalah jenis keterangan ….

A. Keterangan pewatas

B. Keterangan penyebab

C. Keterangan syarat

D. Keterangan penyerta

E. Keterangan kesalingan


43. Pendidikan perlu menyeimbangkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dengan tetap memegang nilai-nilai tradisional yang relevan dan modern.

Bentuk kata pada subjek dalam kalimat di atas adalah ….

A. Nomina

B. Verba

C. Preposisi

D. Adjektif

E. Adverbia


Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 44 dan 45!


Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik. Ratu lebah menghasilkan telur 2.000 sampai 3.000 butir setiap hari. Seekor ratu lebah juga bertugas melahirkan calon ratu. Oleh lebah pekerja, lebah calon ratu ini dibawa ke dalam suatu ruangan. Lalu ruangan ini dimasukkan cairan kuning (royal jelly). Lebah pekerja juga bertugas mengangkut air dan serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, serta mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk pohon. Lebah pekerja dibantu lebah jantan dalam menyelesaikan tugasnya. Secara khusus lebah jantan bertugas mencari tempat-tempat yang banyak mengandung sari madu. Dengan tarian lebah, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain ketika menemukan suatu tempat yang mengandung banyak sari madu.


44. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

A. tugas-tugas ratu lebah

B. pemberian tanda lebah jantan kepada lebah lain

C. sistem pembagian kerja lebah

D. pengangkutan serbuk sari bunga oleh lebah pekerja

E. produksi telur lebah oleh ratu lebah


45. Mengapa lebah ratu oleh lebah pekerja dibawa ke dalam suatu ruangan?

A. lebah mempunyai sistem kerja yang baik

B. lebah ratu bertugas melahirkan calon ratu

C. ruangan ratu lebah menghasilkan cairan kuning 

D. lebah pekerja mengangkut air dan serbuk sari bunga

E. lebah pekerja dan lebah jantan menyelesaikan tugas


Cermatilah teks berikut untuk untuk menjawab soal nomor 46 s.d. 48


(1)Kecanduan pada pornografi bisa merusak otak. 

(2)Kerusakan tersebut bahkan bisa sampai dua pertiga bagian otak. 

(3)Otak pecandu pornografi akan terangsang untuk memproduksi hormon dopamin dan endorfin, yaitu suatu bahan kimia otak yang membuat rasa senang dan merasa lebih baik.

(4)Dalam kondisi normal, zat-zat ini akan sangat bermanfaat untuk membuat orang sehat dan menjalankan hidup dengan lebih baik. 

(5)Tapi dengan pornografi, otak akan mengalami hyperstimulating (rangsangan yang berlebihan), sehingga otak sangat ekstrem, yang kemudian bisa membuat otak mengecil dan rusak.(Dari: majalah kesehatan Psiko Medika).


46. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....

A. (1)         D. (4)

B. (2)         E. (5)

C. (3)


47. Kalimat fakta dalam kalimat tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)         D. (4)

B. (2)         E. (5)

C. (3)


48. Makna hormon pada paragraf tersebut adalah ....

A. zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu

B. molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup

C. cairan terdiri atas plasma, sel-sel merah dan putih

D. alat tubuh yang menghasilkan getah atau sekret

E. cairan pekat dan licin yang dihasilkan oleh kelenjar selaput lendir


49. Cermatilah paragraf berikut!


Hingga saat ini komik masih dianggap sebagai sumber bacaan yang buruk. Padahal, komik sesungguhnya merupakan salah satu media yang kurang efektif untuk menyampaikan pesan, ide, gagasan, hingga kritik sosial. Anggapan bahwa komik merupakan bacaan buruk dilembagakan di sekolah pada era 1990-an. Anak-anak yang membaca komik di razia. Pada era itu lebih sulitmeyakinkan bahwa komik adalah sumber bacaan yang bermanfaat. Dengan komik, pesan serumit apapun dapat disampai dengan terlalu mudahdicerna pembaca.

Frasa yang tepat untuk mengganti frasa bercetak miring adalah ….

A. paling efektif, amat sulit, kurang mudah

B. terlalu efektif, paling sulit, agak mudah

C. agak efektif, sangat sulit, kurang mudah

D. cukup efektif, sangat sulit, lebih mudah

E. sangat efektif, terlalu sulit, kurang mudah


50. Cermatilah paragraf berikut!


Hujan lebat berhari-hari mengguyur kawasan rawan longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, sekitar ….. 2007. Lalu, terdengar …. Meraungraung yang menandakan bahaya segera datang. Dengan komando beberapa warga desa yang terlatih, puluhan orang segera meninggalkan rumah, mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sekitar empat jam kemudian, longsor besar melanda, melumat banyak rumah yang baru ditinggalkan penghuninya. Warga pun …. Berkat alat pendeteksi dini longsor yang dipasang di kawasan itu, mereka selamat.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

A. Nopember, sirene, bersukur

B. november, sirine, bersyukur

C. November, sirene, bersukur

D. nopember, sirine, bersyukur

E. November, sirene, bersyukur


Ulangan Harian Bersama / Semester Gasal 2016 / Bhs. Indonesia / XII IPA-IPS 


KUNCI JAWABAN SOAL UTS/PTS MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XII

1. D 11. E 21. A 31.C 41. B

2. E 12. B 22. D 32. B 42. C

3. A 13. A 23. B 33. D 43. A

4. D 14. C 24. B 34. E 44. C

5. C 15. C 25. E 35. D 45. B

6. B 16. A 26. E 36. C 46. A

7. C 17. D 27. A 37. A 47. B

8. D 18. A 28. B 38. A 48. A

9. A 19. C 29. E 39. D 49. D

10. C 20. D 30. D 40. A 50. E


Baca juga: Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 dan Jawabannya


Demikianlah artikel kali ini tentang 50 soal UTS/PTS bahasa Indonesia kelas 12 dan jawabannya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi latihan soal untuk menghadapi Ujian Tengah Semester yang sesungguhnya. Sekian dan terima kasih.

0 comments