Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Apa saja contoh teks anekdot tema pendidikan? Mungkin itu pertanyaan yang sedang kalian cari.

Kalian beruntung menemukan artikel ini, karna MateriBindo akan membahas contoh teks anekdot tentang pendidikan beserta struktur teksnya.

Contoh-contoh yang akan kami sajikan bisa dibilang terbaru dan juga terlengkap.

Dan tidak lupa pula kami terangkan dengan strukturnya. Agar kalian lebih memahami contoh teks anekdot yang akan kami paparkan.

Sebelum kami membagikan beberapa contoh teksnya. Sebaiknya kita terlebih dahulu mengingat kembali materi teks anekdot secara singkat.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan
Pertama, kita harus mengetahui pengertian teks anekdot. Apa yang dimaksud dengan teks anekdot?  

Dikutip dari Wikipedia Anekdot adalah sebuah cerita singkat, lucu, dan menarik yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya.

Nah, kalian sudah tahu kan pengertiannya, selanjutnya kita harus mengetahui struktur teksnya. Adapun struktur teks anekdot sebagai berikut.

  • Abstraksi: berisi gambaran awal tentang isi teks anekdot.
  • Orientasi: bagian yang menjelaskan latar belakang terjadinya suatu peristiwa.
  • Krisis: bagian yang menerangkan pokok permasalahan.
  • Reaksi: bagian penyelesaian masalah.
  • Koda: bagian penutup cerita.

Apakah kalian sudah mengerti? Jika masih terasa janggal, silahkan baca artikel lengkapnya di bawah ini.

BACA SELENGKAPNYA: Teks Anekdot: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkap


Tidak perlu berlama-lama lagi silahkan simak contoh teks anekdot pendidikan lengkap dengan strukturnya.

#1 Contoh Teks Anekdot Pendidikan Singkat "Hasil Ulangan"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Singkat "Hasil Ulangan"

Pada saat pulang sekolah, ibu Andi langsung bertanya perihal hasil ulangan hari ini. Mata pelajaran yang diuji adalah Matematika, yang menurut sebagian siswa merupakan mapel menakutkan.

"Andi, bagaimana hasil ulangan hari ini? Bisa kan ngerjainnya?", tanya ibu.

"Kemarin Andi sudah belajar untuk ulangan hari ini bu. Dari 10 soal, Andi hanya salah satu bu", jawabnya.

"Hebat anak ibu, semoga nanti hasil ulangannya bagus", sambut ibu dengan senangnya.

"Tapi bu, 9 soal lainnya Andi lupa kerjakan bu", lanjut Andi.

"#@#$%", jawab ibu.

Bagian-bagian strukturnya:

  • Abstraksi: Pada saat pulang sekolah,ibu Andi langsung bertanya perihal hasil ulangan hari ini. Mata pelajaran yang diuji adalah Matematika, yang menurut sebagian siswa merupakan mapel menakutkan
  • Orientasi: "Andi, bagaimana hasil ulangan hari ini? Bisa kan ngerjainnya?"
  • Krisis: "Kemarin Andi sudah belajar untuk ulangan hari ini bu. Dari 10 soal, Andi hanya salah satu bu"
  • Reaksi: "Hebat anak ibu, semoga nanti hasil ulangannya bagus"
  • Koda: "Tapi bu, 9 soal lainnya Andi lupa kerjakan bu"
Sumber: http://ruangseni.com/4-contoh-teks-anekdot-pendidikan-lucu/


#2 Contoh Teks Anekdot Pendidikan Lucu "Tips supaya lulus UN"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Lucu "Tips supaya lulus UN"

Pada saat pelajaran mau dimulai, seorang guru memberikan nasehat kepada murid-muridnya bahwa jika mereka ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah.

Lalu para murid tersebut bingung, dan bertanya kepada guru tersebut.

Murid: "Kok bisa gitu bu, emang apa kaitannya lulus UN dengan patuh pada perintah?"

Guru: "Di soal kan sudah ada perintahnya"

Murid: "Apa yang diperintahkan bu?"

Guru: "Perintahnya kan begini PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR, ini yang harus kalian patuhi, maka dari itu jangan pilih jawaban yang salah, dijamin kalian akan lulus UN"

Murid: "#!#!#$"

Bagian-bagian strukturnya:

  • Abstraksi: Pada saat pelajaran mau dimulai, seorang guru memberikan nasehat kepada murid-muridnya bahwa jika mereka ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah.
  • Orientasi: Lalu para murid tersebut bingung, dan bertanya kepada guru  tersebut. 
  • Krisis: "Kok bisa gitu bu, emang apa kaitannya lulus UN dengan patuh pada perintah?"
  • Reaksi: "Perintahnya kan begini PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR, ini yang harus kalian patuhi, maka dari itu jangan pilih jawaban yang salah, dijamin kalian akan lulus UN"
  • Koda:  "#!#!#$"
Sumber: http://materi4belajar.blogspot.com/2016/02/6contoh-teks-anekdot-lucu-terbaru.html

#3 Contoh Teks Anekdot Pendidikan yang panjang "Mahasiswa Ganteng"

 
Contoh Teks Anekdot Pendidikan yang panjang "Mahasiswa Ganteng"

Abstraksi

Suatu hari, 2 orang teman lama asik mengobrol, mereka dulunya adalah kawan SMA yang sekarang sudah kuliah di universitas yang berbeda.

Orientasi

Beler: "Lama gak ketemu kawan, gimana kabar lu sekarang?"

Congli: "Baik kawan, kalau lu apa kabar?

Beler: "Ya, baik juga kawan. Ngomong-ngomong gimana kuliah lu?"

Krisis

Congli: "Seru kawan, gak salah pilih kampus gue ini"

Beler: "Serunya kayak apa kawan? Fasilitasnya lengkap ya?"

Congli: "Kalo soal fasilitas mah gue gak pikirin, gue kuliah disini karna dosen-dosen ceweknya cantik-cantik, muda, dan sexy. Kalo pas ketemu di tempat dugem, mereka beda banget kawan!"

Reaksi

Beler: "Waduh, mahasiswa jaman now, carinya yang begituan hahaha!"

Congli: "Hahaha, iya dong! Kalau lu bro gimana?"

Koda

Beler: "Seru juga kawan, betah gue disini gak mau lulus"

Congli: "Lah, kok bisa gitu? Emang ada apaan di kampus lu?"

Beler: "Dosen cowoknya ganteng-ganteng sama kayak lu bro!"

Congli: "#@!#@!$$!@#!"


Sumber: https://gudangpelajaran.com/teks-anekdot-pendidikan/

#4 Contoh Teks Anekdot Pendidikan "Nama Asing"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan "Nama Asing"

Abstraksi

Pada suatu hari di kelas, seorang guru sedang mengabsen murid-muridnya. Ia tertuju dengan nama yang aneh, karna penarasan sang guru memanggil muridnya.

Orientasi

Guru: "Smary Saklitinov, coba kesini"

Murid: "Iya bu, saya!"

Krisis

Guru: "Ibu pengen tanya sama kamu, kamu keturunan Yugoslavia ya nak?"

Murid: "Ngga bu!"

Guru: "Terus, kenapa nama kamu Smary Saklitinov?"

Reaksi 

Murid: "Oooo itu, saya jelaskan bu Smary itu singkatan dari nama bapak saya (S)antoso dan ibu saya (Mary)anti.

Guru: "Ohh begitu, kalau nama belakang mu?"

Murid: "Sabtu Kliwon Tiga November"

Koda

Ibu guru pun mendadak jatuh pingsan...

Sumber: http://semuacontoh.blogspot.com/2017/08/3-contoh-teks-anekdot-tentang-pendidikan.html

#5 Contoh Teks Anekdot Pendidikan "Pelajaran yang disukai"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan "Pelajaran yang disukai"

Abstraksi

Pada suatu hari, ada seorang guru yang bertanya kepada muridnya mengenai mata pelajaran yang paling disukai.

Orientasi

Guru: "Anak-anak, bapak ingin bertanya, apa pelajaran yang paling kalian sukai?"

Ari botak: "Matematika pak"

Indro gondrong: "Bahasa Inggris pak!"

Panji kriting: "Kesenian pak!"

Krisis

Guru: "Bagus sekali semua, kalau kamu Jono? Apa pelajaran yang kamu sukai?"

Reaksi 

Jono: "Pelajaran kosong pak"

Koda

Guru: "#!#@$$$"

#6 Contoh Teks Anekdot Pendidikan Pendek "Alasan tidak masuk sekolah"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Pendek "Alasan tidak masuk sekolah"

Pada suatu hari, ada seorang guru yang bertanya ke beberapa muridnya. Ia bertanya alasan para muridnya tidak masuk sekolah.

Guru: "Bintang, kenapa kamu tidak masuk sekolah kemarin?"

Bintang: "Saya kecelakaan bu"

Guru: "Kalo kamu popon, kenapa bolos kemarin?"

Popon: "Kecelakaan bu. Kemarin saya nabrak orang gila yang ngejar bola di jalan."

Guru: "Kalo kamu rahmet, kenapa tak masuk sekolah"

Rahmet: "Kena macet bu, gara-gara ada dua pelajar bego saling tabrakan saat main basket di jalan".

Guru: "Kenapa gak cari jalan yang lain?"

Rahmet: "Kalo saya cari jalan lain, siapa yang jadi wasitnya?"

Sumber: http://hadialwani.blogspot.com/2015/08/contoh-cerita-anekdot.html

#7 Contoh Teks Anekdot Pendidikan Sindiran "Tanda orang pintar"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Sindiran "Tanda orang pintar"

Pada suatu kelas, ada seorang guru yang bertanya pada muridnya.

Guru: "Anak-anak, apa tanda orang pintar?"

Para murid: "Rajin baca dan nulis bu!!"

Amir: "Rajin nyontek bu!!"

Guru: "Lah kok bisa gitu mir?"

Amir: "Buktinya kita nyontek buat kapal, akhirnya kita pintar buat kapal, betul kan bu?"

Guru: "Betul juga kamu mir, jadi anak-anak selain rajin baca dan nulis rajinlah juga menyontek"

Para murid: "Asikk, besok ulangan bisa nyontek kan bu?"

Guru: "Bukan, yang model itu"

Sumber: http://padamunyai.blogspot.com/2015/09/pengertian-dan-contoh-teks-anekdot.html

CONTOH LAINNYA: [UPDATE] Contoh Teks Anekdot Singkat, Lucu Beserta Struktur Teksnya


Demikianlah artikel hari ini tentang 7+ Contoh Teks Anekdot Pendidikan Singkat Terbaru dan Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR