Type something and hit enter

Posted by On
Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat beserta Strukturnya - Materi ini untuk melanjutkan pelajaran sebelumnya tentang pengertian, struktur, ciri, kaidah teks tanggapan kritis.

Sebelum kita mulai membahas kumpulan teks tanggapan kritis, ada baiknya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis?.

Pada intinya teks ini berisi pendapat oleh seseorang untuk mengkritisi persoalan yang dianggap salah dan harus berdasarkan fakta serta memberikan alasan yang logis, yang dapat diterima oleh orang lain.

Kita harus tau juga struktur teks tanggapan kritis, strukturnya yaitu evaluasi, deskripsi dan penegasan ulang.


Contoh teks tanggapan kritis yang akan kami bahas meliputi tentang sekolah, lingkungan hidup, pendidikan, pergaulan bebas, kesehatan, dan masih banyak lainnya.

PENTING! Kami akan mengupdate artikel ini jika ada contoh teks tanggapan kritis terbaru.
KUMPULAN Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya

#1 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Full Day School" beserta Strukturnya


Evaluasi

Kemendikbud yang bernama Muhadjir Effendy menggagas sistem belajar full day school untuk anak-anak tingkat SD dan juga SMP. Tujuan diberlakukannya full day school agar siswa mendapat pendidikan karakter dan pengetahuan umum di sekolah.

Deksripsi

Namun, konsep full day school mengundang pro dan kontra dari berbagai pihak.

Menurut mantan rektor UMM atau Universitas Muhammadiyah Malang, maksud full day school untuk memberi jam tambahan. Tetapi, pada jam-jam tambahan itu siswa tidak akan dihadapkan dengan mapel yang membosankan.

Kegiatan yang dilakukan setelah jam belajar-mengajar usai adalah ekskul. Dari kegiatan ekskul diharapkan siswa dapat melatih 18 karakter, yang diantaranya jujur, disiplin, toleransi, dan cinta tanah air.

Penegasan Ulang

Oleh sebab itu maka orang tua tidak perlu khawatir atas keamanan anak-anak mereka, karena tetap berada di bawah bimbingan para guru selama berada di sekolah. Peran orang tua tetap penting, pada hari sabtu dapat menjadi waktu keluarga. Dengan begitu, komunikasi antara orang tua dan anak tetap terjaga.

#2 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Pelajar Bermotor" beserta Strukturnya


Evaluasi

Era globalisasi membuat banyak sekali perubahan. Salah satunya yaitu trend pelajar mengendarai motor ke sekolah. Fenomena ini tidak terjadi hanya di kota saja tetapi juga di desa-desa.

Alasan mereka karena ingin tampil kekinian dan tidak dikatakan ketinggalan zaman. Alasan itu diperkuat karena orang tua sibuk dengan pekerjaan mereka. Kesibukan itu membuat orang tua tidak bisa meluangkan waktu untuk antar-jemput anak ke sekolah.

Deskripsi

Trend pelajar mengendarai motor memunculkan berbagai persoalan tentang penting atau tidaknya membawa motor. Ada yang berpendapat bahwa pergi ke sekolah naik motor lebih praktis, efisien dan hemat waktu.

Selain itu, tidak perlu pula mengeluarkan tarif biaya kendaraan umum. Dan juga dapat melatih kemandirian anak.

Namun, berbagai anggapan miring mengenai fenomena pelajar mengendarai motor bermunculan. Kebanyakan pelajar mengendarai motor belum mempunyai SIM sehingga dapat dikatakan melanggar peraturan.

Dan ada juga sebagian pelajar yang mengendarai motor secara ugal-ugalan yang membahayakan pengendara jalan yang lain. Ada pula pelajar yang mengendarai motor tidak langsung pulang ke rumah, tapi nongkrong dulu sama teman-temannya.

Penegasan ulang

Dengan demikian, dari berbagai pro dan kontra yang ada, seharusnya pelajar yang ingin mengendarai motor ke sekolah harus memiliki SIM. Persyaratan memiliki SIM umur minimal 17 tahun. Dan juga harus diperketat pengawasan pelajar yang membawa motor.

Pengawasan dilakukan tidak hanya oleh orang tua, namun juga oleh polisi lalu lintas, masyarakat sekitar, dan juga guru-guru di sekolah agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

#3 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "Kurikulum 2013" beserta Strukturnya


Evaluasi

Kurikulum 2013 atau K13 dibentuk untuk tujuan mengembangkan karakter siswa, jadi bukan hanya terfokus pengetahun saja. Dengan adanya K13, siswa dituntut untuk belajar secara interaktif, yakni berinteraksi dengan siswa lain, guru, lingkungan, masyarakat, dan lainnya.

Siswa mendapatkan ilmu bukan hanya dari guru saja, melainkan bisa dari siapa saja, di mana saja, ataupun diperoleh dari internet. Kegiatan pembelajaran dalam K13 meliputi kegiatan mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengomunikasikan.

Deskripsi

Kurikulum 2013 dinilai cukup baik, walaupun demikian segala sesuatu pasti memilki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan K13 cukup banyak, di antaranya setiap siswa dituntut untuk menjadi lebih aktif, inovatif, dan kreatif.

Siswa juga dituntut untuk mengembangkan kebiasaan belajar secara mandiri dan tidak hanya bergantung pada kegiatan belajar di kelas. Selain itu, kualitas kreativitas, kerja sama, kemandirian, solidaritas, empati, toleransi, dan kecakapan hidup siswa akan meningkat pesat dalam kurikulum ini. Itulah sisi posisif K13.

Sedangkan, kekurangan K13 tidak kalah banyak, di antaranya kurikulum ini bertentangan dengan UU nomor 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional. K13 berbeda jauh dari KTSP 2006 sehingga membingungkan para tenaga pengajar.

Pengembangan kurikulum ini tidak melibatkan guru secara langsung. Orientasi pembelajaran dan hasil pada K13 tidak seimbang. Selain itu, ada juga penambahan mapel yang dirasa belum tepat.

Penegasan ulang

Berdasarkan dari berbagai pernyataan-pernyataan diatas, K13 menekankan pada pengembangan karakter sisiwa, namun bukan berarti melupakan pengetahuannya. Karakter dinilai lebih penting dibandingkan pengetahuan. Apa gunanya bila orang memiliki pengetahuan, tetapi karakternya buruk?.

#4 Contoh Teks Tanggapan Kritis berjudul "SMA atau SMK?" beserta Strukturnya


Evaluasi

Sebagian orang bingung apalagi orang tua dan siswa kelas 9 SMP dalam memilih antara SMA atau SMK. Dalam memilih kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan sebelum memilihnya. Apa alasan yang dapat memperkuat pilihan kita?.

Deskripsi

Alasan pertama,  kita pasti sudah tahu jika lulusan SMK lebih siap untuk bekerja dibandingkan lulusan SMA.

Kebanyakan orang berfikir jika lulusan SMK tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Anggapan ini tentunya salah, karena SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kelebihan masuk SMK, siswa sudah dibekali hardskill berupa kemampuan yang spesifik sehingga saat kuliah tidak merasa kesulitan. Sedangkan di SMA, siswa lebih diajarkan kemampuan teoretik saja.

Namun, jika dibandingkan dengan SMA, materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA. "Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA", pernyataan dari salah seorang Blogger.

Jika kita ingin melanjutkan langsung ke perguruan tinggi, lulusan SMK dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan SMA. Sehingga rata-rata anak SMK sulit untuk masuk perguruan tinggi yang jurusannya berbeda dengan jurusannya pada saat SMK.

Sedangkan SMA lebih bebas dan banyak pilihan untuk melanjutkan perguruan tinggi. Mengingat di SMA, materi-materi yang diajarkan mencakup semuanya atau bisa dikatakan lebih luas dibandingkan SMK.

Penegasan Ulang

Dengan demikian, dari pernyataan-pernyataan diatas, siswa lulusan SMK lebih siap kerja dibandingkan SMA. Namun, untuk menentukan itu semua tergantung bakat, minat, dan kemampuan kita.

#5 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Narkoba berjudul "Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram" beserta Strukturnya


Evaluasi

Pada zaman sekarang, peredaran narkoba merajalela di negeri kita tercinta ini. Baik di kalangan pelajar, masyarakat, pejabat negara, hingga artis-artis Indonesia. Yang menjadi pro dan kontra adalah hukuman mati bagi pengedar serta pemakai narkoba.

Deskripsi

Ada sebagian masyarakat yang setuju dengan hukuman mati bagi pengedar atau pemakai narkoba. Dan ada pula yang tidak setuju dengan hukuman mati bagi para pengedar dan pemakai narkoba.

Salah satu alasan masyarakat setuju dengan hukuman mati, karena narkoba dapat mempengaruhi pola pikir pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsenstrasi yang terganggu.

Selain itu, masyarakat yang tidak setuju dengan hukuman mati, beralasan masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya".

Penegasan ulang

Setiap orang diberikan hak untuk hidup oleh Tuhan YME, tetapi hidupnya dipergunakan untuk berbuat yang merugikan diri sendiri. Dengan demikian, hukum mati perlu ditegaskan kembali. Mengingat dampak narkoba yang begitu besar dapat merusak masa depan generasi muda Indonesia.

#6 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Kesehatan, berjudul "Masyarakat dan Rokok"


Evaluasi


Pada era globalisasi saat ini, mudah kita jumpai berbagai macam rokok tersedia di warung-warung dan bahkan banyak pula di kalangan masyarakat yang gemar mengkonsumsinya.

Walaupun sudah diberi peringatan keras pada bungkus rokok tertulis "Merokok Membunuhmu" tetapi tetap saja masih ada yang mengkonsumsinya. Dengan harga rokok yang tergolong murah menyebabkan banyak anak-anak ikut mengkonsumsinya.

Deskripsi


Sebenarnya rokok secara perlahan mengurangi hidup penggunanya. Merokok membuat kecanduan, kalau sudah kecanduan maka akan terus menerus membelinya sehingga menjadi boros.

Merokok selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain. Malah, asap rokok lebih berbahaya bagi orang yang berada disekitar perokok.

Namun, orang yang merokok berpendapat bahwa merokok itu membuat mereka menjadi jantan, yang kedua merokok dapat mengurangi stress dan mereka lebih memilih tidak makan seharian daripada tidak merokok sehari saja.

Penegasan ulang


Berdasarkan dua pendapat di atas, penulis lebih condong dengan pernyataan rokok sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Karena rokok itu membunuhmu! dan jangan sesekali mencoba merokok, karna jika kalian sudah mencobanya pasti akan ketagihan dan membuat hidup kalian boros.

#7 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang UNBK dan Strukturnya


Evaluasi


UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer bisa disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional (UN) dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional kertas atau Paper Based Test (PBT).

Deskripsi


Dalam pelaksanaannya, UNBK dinilai cukup baik dibandingkan dengan ujian nasional berbasis kertas, walaupun demikian segala sesuatu pasti menuai pro dan kontra.

Ada banyak asalan mengapa UNBK dirasa belum siap untuk diselenggarakan. Alasan pertama karena pengetahuan tentang teknologi terbatas, komputer dan internet yang masih belum tersedia di sekolah-sekolah Indonesia. Alasan berikutnya adalah jaringan intenret yang dikhawatirkan tiba-tiba terputus dapat menyebabkan soal tidak terunduh dengan sempurna.

Namun, pandangan berbeda muncul dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka tetap menyelenggarakan ujian nasional dengan berbasis komputer (UNBK). Menurut mereka, dengan adanya UNBK diharapkan menaikkan mutu pendidikan di Indonesia. Dan juga pelaksanaan ujian berbasis komputer lebih fleksibel atau dinamis karena tidak harus terjadwal secara nasional pada jam yang sama.

Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK, tingkat kecurangan pada pelaksanaan UNBK adalah nol.  Alasan berikutnya adalah kebocoran soal, keterlambatan datang, tertukar, dan ketidakjelasan soal dapat diminimalisir. Selain itu juga siswa justru dapat menghemat waktu emreka karena tidak perlu mengisi LJK dan kerusakan pada LJK dapat dihindari.

Penegasan Ulang


Dengan demikian, pengadaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) perlu dilakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, pemerintah juga perlu mengatasi aspek-aspek yang dapat menganggu jalannya ujian nasional. Sehingga masyarakat terutama para siswa tidak perlu takut akan adanya UNBK dan justru mendukung sepenuh hati.

#8 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Pergaulan Bebas


Evaluasi


Pada masa sekarang, banyak para remaja yang sudah mengenal pergaulan bebas. Di Indonesia sebaiknyak ita tidak melakukan pergaulan bebas. Pergaulan bebas sering di temui di kalangan masyarakat masa kini terutama para remaja yang berarti salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana "bebas" dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran.

Deskripsi


Pergaulan bebas mempunyai dampak negatif yaitu, seperti bereman dengan orang-orang yang kurang memahami norma contohnya mabuk-mabukan, merokok, sex bebas, dan lain-lain.

Sebaliknya, ada juga dampak positif dari pergaulan bebas yaitu mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal mulai dari cara berkomunikasi ,cara menghormati, cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan lain-lain.

Penegasan ulang


Sebaiknya para orang tua harus mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak ke jalan yang salah dan pilihlah tontonan yang mendidik dan menggunakan intenret sebaik mungkin, bukan untuk menonton hal-hal yang negatif.

#9 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Peraturan Sekolah


Evaluasi


Pada saat ini banyak peraturan sekolah yang harus ditaati oleh para siswa terutama untuk siswa laki-laki. Contohnya rambut yang harus pendek. Ternyata masih banyak siswa yang melanggar peraturan tersebut.

Deskripsi


Di berbagai sekolah sering mengadakan razia rambut. Banyak siswa dipotong rambutnya karena sudah panjang dan bermodel. Setelah razia itu dilaksanakan, banyak siswa yang berpendapat mengap harus ada razia rambut. Padahal rambut tidak menganggu kegiatan belajar mengajar.

Ada beberapa pendapat yang tidak mendukung tentang hal ini, menurut Wikipedia, disiplin sekolah  itu "refers to students compying with a code of behavior often known as the school rules". Yang dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian (standarts of clothing), ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar.

Penegasan ulang


Jadi, bagaimanapun para siswa harus menaati peraturan sekolah. Agar menciptakan suasana yang enak dan rapi untuk dilihat. Selain itu bisa membuat sekolah tersebut menjadi sekolah yang disiplin dalam kerapian berpenampilan di sekolah.

Update: 04/01/2024

10. Teks Tanggapan Kritis tentang Dampak Media Sosial bagi Pelajar


Evaluasi


Pada zaman ini, penggunaan media sosial di kalangan pelajar sudah menjadi hal yang candu. Hampir semua pelajar memiliki akun media sosial pribadi. Bahkan, jika ada pelajar yang tidak memiliki media sosial akan dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak dan pengaruh bagi pola pikir serta tindakan yang mereka lakukan terhadap penggunaan media sosial.

Deskripsi


Banyak kalangan pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA menghabiskan waktunya di depan komputer atau smartphone mereka hanya untuk bermain media sosial. Pada umumnya, mereka menggunakan media sosial untuk berkomunikasi kepada teman atau kerabat dan mencari informasi mengenai tugas sekolahnya. Namun, ada beberapa pelajar yang menyalahgunakan penggunaan media sosial, sehingga menimbulkan dampak yang kurang baik bagi pengguna sendiri. Mereka menggunakan media sosial untuk melihat situs-situs yang tidak pantas bagi umur mereka, seperti situs yang mengusung tema kekerasan, kejahatan, pornografi, penggunaan narkotika, dan lain sebagainya. Sehingga, mereka yang masih berada di usia labil menjadi penasaran dan ingin mencoba. 

Selain itu, tidak sedikit pengguna media sosial yang menjadikan media sosial sebagai sarana untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan dan penculikan. Kemudian, media sosial juga dapat memicu terjadinya pergaulan bebas yang dapat menjerumuskan pengguna pada tindak kriminal. Tidak jarang pula ditemukan pengguna media sosial yang saling menghina satu sama lain, serta banyak pengguna media sosial yang malas berkomunikasi di dunia nyata. Hal ini tentu dapat menimbulkan perpecahan bagi para pengguna media sosial, khususnya di kalangan pelajar. Apalagi sifat candu yang timbul akibat terus menerus menggunakan media sosial sangat berpengaruh bagi cara kerja otak mereka. Mereka cenderung lebih menutup diri pada lingkungan sekitar.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Namun, dengan mengesampingkan dampak negatif bagi penggunaan media sosial, banyak pula alasan yang mendukung timbulnya dampak positif penggunaan media sosial di kalangan pelajar.

Alasan pertama, perubahan kurikulum yang terjadi baru-baru ini mendorong siswa untuk lebih aktif mencari informasi di berbagai media, salah satunya adalah media sosial, karena saat ini banyak akun media sosial yang selalu membagi pengetahuan, hal ini sangat membantu siswa dalam mencari dan menambah wawasan secara praktis. Alasan kedua, media sosial berperan sangat penting sebagai media berkomunikasi jarak jauh. Dengan demikian, para pengguna media sosial akan tetap mempererat tali silaturahmi meski berada di tempat yang berbeda.

Alasan berikutnya mengenai dampak positif penggunaan media sosial adalah media sosial menyediakan tempat untuk berpesan positif, seperti para ulama agama dan motivator. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai tempat berbagi pengalaman serta mengakrabkan hubungan pertemanan jika seseorang malu bertanya di dunia nyata.

Penegasan ulang


Secara umum, saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang menyatakan bahwa media sosial memiliki dampak negatif. Namun, jika pengguna lebih bijak dalam penggunaan media sosial, akan banyak juga dampak positif yang mereka terima.


Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam memberikan pengawasan yang ketat terhadap putra putri mereka. Selain itu, kesadaran penggunalah yang paling penting dalam menggunakan media sosial secara bijak dan sehat. Dengan demikian, hal ini dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya dampak negatif penggunaan media sosial bagi pelajar.

11. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Smartphone


Orientasi


Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih.Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan,aktivitas,dan lain-lain.SAMSUNG,ADVAN,ASUS,APPLE,danBLACKBERRY merupakan contoh smartphone yang tren saat ini.

Evaluasi


Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya.Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka.Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

Tafsiran


Namun, banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone.Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Juga,smartphone di anggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone dapat digunakan untuk melihat situs-situs dewasa. Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang berbau pembelajaran.Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

Kesimpulan


Sebaiknya kita memakai smartphone denagn cara yang baik,agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif dan juga dapat merugikan diri sendiri.

12. Pilih melanjutkan SMA atau SMK


Evaluasi


Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang tua dan juga siswa SMP seringkali dibingungkan dengan pilihan ini. Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harus segera menentukan pilihannya. Tentu untuk memilih akan masuk SMA ataupun SMK tidak boleh sembarangan. Kita harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing – masing pilihan sebelum kita memilihnya. Apa saja alasan – alasan yang dapat memperkuat langkah kita?

Deskripsi


Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajarkan teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan disana para siswa juga dibekali dengan kemampuan praktek yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Seperti yang sering kita dengar atau lihat, para siswa SMK seringkali melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa hanya diajarkan teoretik saja secara mendalam. Sehingga lulusan SMA harus kuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hardskill berupa kemampuan kejuruan yang spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi kejuruannya. Sedangkan di SMA, siswa lebih diajarkan kemampuan teoretik saja.

Namun, jika dibandingkan dengan SMA, materi – materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi – materi yang diajarkan di SMA. Hal ini karena di SMK kita lebih diajarkan secara detail pada jurusan yang kita ambil saja. Sedangkan di SMA kita diajarkan berbagai macam materi sesuai bidang yang kita ambil, misalakan bidang IPA. “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA,” pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan di blognya. Dari sini kita dapat menilai bahwa kemampuan berfikir secara logika anak SMA jauh lebih bagus dibandingkan dengan anak SMK. Anak SMK cenderung memilih sebuah langkah secara instan atau cepat tanpa mempertimbangkannya secara lebih dalam.

Jika untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Sehingga rata – rata siswa SMK kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi. Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusannya dulu di SMK. Kalupun bisa, dia akan kesulitan karena di SMK dia hanya diajrkan materi – materi yang mendalam di jurusannya saja. Sedangkan lulusan SMA bisa lebih bebas untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Mengingat pada saat SMA, materi – materi yang diajarkan mencakup semuanya.

Penegasan ulang


Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap kerja dibandingkan dengan SMA. Sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Namun, untuk menentukan pilihan itu semua tergantung dengan minat, kemampuan, serta bakat kita.

13. Sosial Media


Evaluasi


Di era globalisasi saat ini banyak sekali bermunculan social media. Bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan social media, bahkan pelajar sekolah yang belum cukup umur juga sudah akrab dengan social media yang sekarang sedang berkembang. Berawal dari Friendster, kemudian muncul Facebook, Twitter, Skype, Foursquare, Line, WhatsApp, Path, Instagram, dan masih banyak lainnya. Semakin lama akan semakin Banyak perkembangan dari sosial media. Fungsi utama dari sosial media adalah alat untuk berkomunikasi dan mencari informasi.

Deskripsi


Namun sesuatu yang berlebihan pasti juga akan menghasilkan dampak yang buruk, seperti halnya sosial media. Apabila seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya atau malas berkomunikasi nyata, maka akan mengganggu cara komunikasi kita dengan orang sekitar kita, seperti orang tua atau tetangga. Juga akan tertinggal dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna social media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.

Selain itu para pelajar yang terlalu sering bermain media sosial maka akan mengurangi waktu belajar mereka. Dan dampak yang paling berbahaya adalah Pornografi. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi dapat merajalela.

Namun tidak sepenuhnya sosial media memiliki dampak negatif. Sosial media juga dapat dimanfaatkan Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa mendapat informasi tersebut. Jika menggunakan sosial media jaringan pertemanan akan semakin luas. Karena dengan menggunakan sosial media, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.

Penegasan ulang


Sebenarnya baik buruk sosial media itu tergantung pada diri kita sendiri. Jika seseorang dapat memilah-milah antara baik dan buruknya sosial media, pasti tidak ada buruknya menggunakan sosial media. Jadikanlah sosial media sebagai hiburan semata atau tempat bertukar informasi. Jangan sampai karena terlalu sering manggunakan sosial media,  jadi melupakan dan menelantarkankan hal pokok seperti belajar.

14. Pesawat Kepresidenan


Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

Meskipun tidah semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik. Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional.

Alasan berikutnya jelas bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat kepresiden bukan merupakan prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. Kepekaan kepada rakyat dapat ditunjukkan secara langsung dengan mengeluarkan kebijakan yang memihak kepada rakyat, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.

Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

15. Pramuka Indonesia


Evaluasi


Pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk mendidik siswa agar disiplin, terampil, dan menolong sesama. Pramuka sudah ditetapkan di SMP, terutama di SMP N 3 Kab. Tebo. Pada kurikulum 2013, pramuka sudah mulai diwajibkan bagi para siswa. Hanya saja ada beberapa siswa yang tidak mau mengikuti kegiatan pramuka. Hal ini menimbulkan perdebatan di kalangan siswa.

Deskripsi teks


Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa pramuka sangat dibutuhkan bagi siswa SMP. Alasan yang pertama, bahwa pramuka mendidik para siswa menjadi siswa yang rajin, disiplin, dan terampil. Alasan berikutnya, bahwa di dalam pramuka dianjurkan untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli dengan lingkungan, dan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Hal ini sudah tercantum dalam trisatya dan dasadarma pramuka yang akan ditetapkan oleh anggota pramuka. Tidak hanya menerapkan trisatya dan dasadarma, pramuka juga bermanfaat bagi siswa yang bercita-cita menjadi tentara ataupun polisi karena pada kegiatan pramuka, siswa dianjurkan latihan baris-berbaris.

Akan tetapi, ada beberapa siswa yang menolak untuk mengikuti kegiatan pramuka. Mereka beralasan bahwa kegiatan pramuka membuat mereka lelah dan kepanasan. Hal ini dikarenakan mereka harus latihan baris-berbaris di lapangan. Alasan berikutnya, siswa menganggap bahwa kegiatan pramuka menghambat waktu untuk belajar.

Simpulan


Dengan demikian, pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa di kurikulum 2013. Kegiatan pramuka ini bertujuan untuk mendidik siswa agar memiliki pribadi yang sukses dimasa yang akan datang dan mengarahkan kita ke dalam hal yang bermanfaat dan  lebih positif.


Demikianlah artikel hari ini tentang KUMPULAN Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

0 comments