Type something and hit enter

Posted by On

Pada pelajaran ini kita akan membahas pengertian kalimat menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya yang diambil dari berbagai sumber di internet.


Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan kalimat untuk berkomunikasi. Dengan kalimat kita dapat mengekspresikan diri kita, juga dapat bertanya dengan menggunakan kalimat, dan masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan kalimat.


Kalimat merupakan sebuah ujaran sistematis yang digunakan seseorang. Disampaikan seseorang kepada orang lain sebagai media/perantara untuk menyampaikan pikiran, gagasan, ataupun ide secara lengkap dan jelas.


Kelengkapan dan kejelasan kalimat menjadi bagian yang sangat penting di dalam terwujudnya komunikasi yang baik dan benar antar-pengguna bahasa tersebut (Finoza, 19).


Berikut ini akan dijelaskan pengertian kalimat menurut para ahli.


Definisi Kalimat Menurut Para Ahli

pengertian kalimat menurut para ahli


1. Ramlan


Kalimat adalah satuan gramatik yang dibatasi oleh adanya jeda panjang dan disertai nada akhir turun atau naik (Ramlan, 1981:6).


2. Gorys Keraf


Menurut Gorys Keraf (1984:141) "Kalimat adalah satu bagian ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenyapan, sedangkan intonasinya menunjukan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap".


3. TBBI


Dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (1988:254) didefinisikan kalimat adalah bagian terkecil ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran utuh secara ketatabahasaan.


4. Samsuri


Menurut Samsuri (1985:54) mengatakan bahwa kalimat adalah untai berstruktur dari kata-kata, jadi untaian yang tidak terstruktur bukanlah kalimat.


5. Chaer


Menurut Chaer (2000:141) "Kalimat adalah satuan bahasa yang berisi suatu 'pikiran' atau 'amanat' yang lengkap.


6. Widiagustini


Di dalam berkomunikasi, secara lisan maupun tulisan, kalimat merupakan satuan yang langsung digunakan didalam berbahasa (Widiagustini, 2019).


7. Arifin dan Amran


Dengan kata lain, kalimat merupakan satuan bahasa yang disampaikan seseorang baik secara lisan maupun tertulis yang mempunyai suatu maksud (Arifin dan Amran Tasai, 1985:66).


8. Sutan Takdir Alisyahbana


Kalimat adalah satuan kumpulan kata yang terkecil yang mengandung pikiran yang lengkap.


9. Sutan Mohamad Zain


Kalimat adalah susunan kata-kata yang menyatakan suatu maksud dan buah pikiran.


10. A.A Fokker


Definisi kalimat sebagai ucapan bahasa yang mempunyai arti penuh dan turunnya suara menjadi cirinya sebagai batas keseluruhannya.


11. M. Ramlan


Kalimat adalah satuan gramatika yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik.


12. Arifin dan Tasai


Kalimat adalah bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh (Arifin, 2006).


13. Widjono


Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang merupakan kesatuan pikiran.


14. Tarigan


Kalimat adalah satuan bahasa yang relatif dapat berdiri, yang mempunyai pola intonasi akhir dan yang terdiri dari klausa (Tarigan, 2006).


15. Pengertian Kalimat Menurut KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang menjadi kesatuan pikiran. Susunan kalimat biasanya terdiri dari kata, frasa, dan klausa.


16. Abdul Chaer


Kalimat adalah susunan kata-kata yang teratur yang berisi pikiran yang lengkap (Abdul Chaer, 2012:240).


17. Bloomfield


Menurut Bloomfield (dalam Ba'dudu dan Herman, 2005:48) kalimat adalah suatu bentuk linguistis, yang tidak termasuk ke dalam suatu bentuk yang lebih besar karena merupakan suatu konstruksi gramatikal.


18. Hockett


Menurut Hockett (dalam Ba'dudu dan Herman, 2005:48) kalimat adalah suatu konstitut atau bentuk yang bukan konstituen; suatu bentuk gramatikal yang tidak termasuk ke dalam konstruksi gramatikal lain.


19. Maulana


Kalimat merupakan kata-kata, kesatuan kata, membentuk satu pengertian dan pikiran yang lengkap, dalil atau ayat yang di dalam kitab (Maulana, 2011:196).


20. Kridalaksana


Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual maupun potensial terdiri dari klausa (Kridalaksana, 2009:103).


21. Darjowidojo


Dardjowidojo (1988:254) menyatakan bahwa kalimat ialah bagian terkecil dari suatu ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara ketatabahasaan.


22. Slametmuljana


Slametmuljana (1969) menjelaskan bahwa kalimat sebagai keseluruhan pemakaian kata yang berlagu, disusun menurut sistem bahasa yang bersangkutan; mungkin yang dipakai hanya satu kata, mungkin lebih.


23. Alwi


Alwi (2003:320) menyatakan bahwa kalimat adalah satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan dan tulisan yang mengungkapkan pikiran utuh.


24. Sakri


Sebuah kalimat dalam tulisan terdiri atas deret kata yang dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik, tanda tanya, atau tanda seru (Sakri, 1994:7).


25. Ramlan


Menurut Ramlan (2005:23) kalimat adalah satuan gramatikal yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik.


26. Parera


Parera (2009:44) mengatakan bahwa kalimat adalah suatu tutur yang disertai oleh ciri-ciri prosodi yang menunjukkan bahwa tutur itu telah berakhir dan tutur itu merupakan sebuah konstruksi ketatabahasaan yang maksimal


27. Lado


Lado (dalam Parera, 1991:2) menyatakan bahwa kalimat adalah bentuk dari ekspresi penuh yang terkecil (setiap kata yang terdapat di dalam kalimat).


28. Mustakim


Dalam berbahasa, kita sebenarnya tidak menggunakan kata-kata secara lepas, tetapi kata-kata itu terangkai sesuai dengan kaidah-kaidah sehingga membentuk rangkaian kata yang dapat mengungkapkan gagasan, perasaan, atau pikiran yang relatif lengkap itulah yang disebut kalimat (Mustakim, 1994:65).


29. Moeliono


Moeliono (1998:311) kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh.


30. Finoza


Kalimat adalah bagian ujaran atau tulisan yang biasanya mempunyai struktur minimal subjek dan predikat dan intonasi finalnya menunjukkan ujaran/tulisan tersebut sudah lengkap maknanya (Finoza, 2008:149).


31. Nurhadi


Menurut Nurhadi (2017:169), "Kalimat adalah unit bahasa yang terkecil yang mengandung satuan pikiran lengkap, yang disusun dari kata-kata dengan menggunakan kaidah tata kalimat".


32. Cook, Elson dan Picket


Menurut Cook, 1971:39-40; Elson dan Pickett, 1969:82 (dalam Tarigan, 2015:6), menjelaskan bahwa kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif dapat berdiri sendiri, yang mempunyai pola intonasi akhir dan yang terdiri dari klausa.


33. Sukini


Sukini (2010:54), "Kalimat adalah konstruksi sintaksis yang berupa klausa, dapat berdiri sendiri atau bebas, dan mempunyai pola intonasi final".


Berdasarkan penjaraban di atas dapat disimpulkan bahwa kalimat merupakan susunan kata-kata yang membentuk suatu makna dalam penggunaannya sebagai bagian dari bahasa.


Baca juga: KALIMAT: Pengertian, Unsur, Struktur Pola, Jenis dan Contohnya


Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian kalimat menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments