Type something and hit enter

Posted by On

Materibindo.com - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kumpulan contoh teks berita tentang sekolah, mulai dari kebersihan sekolah, perpustakaan, kegiatan di sekolah.


Teks berita merupakan salah satu mata pelajaran bahasa Indonesia yang akan Anda pelajari. Untuk itu diperlukan pemahaman yang mendalam dengan mengetahui contoh-contohnya.


Sebelumnya ketahui dulu apa itu teks berita? Menurut Nasution dalam Alief (2008:1) pengertian berita adalah laporan peristiwa-peristiwa  atau kejadian yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifatnya yang aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh termuka, akibat kejadian tersebut berpengaruh terhadap pembaca.


Unsur-unsur teks berita adalah suatu keharusan, jika tidak ada unsur ini, maka berita akan membingungkan masyarakat. Unsur-unsur berita yaitu 5W+1H atau AdikSimba.

  • Apa (what?)
  • Dimana (where?)
  • Kapan (when?)
  • Siapa (who?)
  • Mengapa (why?)
  • Bagaimana (how?)


Adapun struktur teks berita terdiri dari 3 struktur yaitu orientasi berita, peristiwa dan sumber berita.


Langsung saja berikut ini contoh teks berita tentang sekolah lengkap.


Baca juga: Materi Teks Berita Lengkap


1. Contoh Berita tentang Kebersihan Sekolah

contoh teks berita tentang sekolah

Jumat 15 Januari 2016 di SD Negeri Sidorejo 03 akan diadakan kegiatan kebersihan sekolah.para siswa dihimbau membawa alat kebersihan masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan agar membuat sekolah terlihat bersih dan bebas dari sampah. Karena akhir-akhir ini sering turun hujan maka pasti banyak air yang menggenang disembarang tempat. 


Maka dari itu kegiatan ini dilaksanakan agar tempat-tempat yang menjadi genangan air itu tidak ada dan tidak menjadi sarang nyamuk bertelur. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan para guru pun juga ikut turun tangan dalam kegiatan tersebut.semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi kita semua agar dapat menjaga kebersihan dimanapun kita berada.


2. Contoh Teks Warta Berita tentang Perpustakaan Sekolah


Ibu Sri Pagilarsih S.Pd salah satu guru di salah satu sekolah di Jawa Timur terobsesi untuk meningkatkan tingkat minat baca di sekolahnya. dengan cara mendirikan perpustakaan sekolah. perpustakaan ini berisi tentang buku-buku fiksi ataupun nonfiksi, dengan upaya ini tingkat minat baca di jawa timur meningkat.


3. Contoh Teks Berita dengan Tema Kegiatan Sekolah dengan Unsur 5W+1H


SMA Negeri 7 Merauke mengadakan beberapa lomba dalam rangka memperingati HUT sekolah yang ke 28. Berbagai lomba tersebut antara lain lomba cerdas cermat antar SMP, lomba pidato bahasa Inggris antar SD serta lomba mewarnai antar TK. Pengumuman mengenai lomba pun sudah disiarkan melalui radio dan surat ke setiap sekolah.


Kepala sekolah SMPA Negeri 7 Merauke yakni bapak Lutfiantoro mengatakan bahwa lomba-lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa dan menjalin tali silaturahmi antar sekolah. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 1 hingga 4 oktober 2022. Kegiatan seluruhnya dilaksanakan di aula SMA Negeri 7 Merauke.


Pembahasan


Berikut ini unsur 5W1H dari teks berita di atas:


Apa yang diadakan oleh SMA Negeri 7 Merauke?

Jawab: SMA Negeri 7 Merauke mengadakan beberapa lomba.


Kapan kegiatan tersebut dilaksanakan?

Jawab: Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 4 oktober 2022.


Dimana seluruh kegiatan dilaksanakan?

Jawab: Kegiatan seluruhnya dilaksanakan di aula SMA Negeri 7 Merauke.


Mengapa kegiatan tersebut diselenggarakan?

Jawab: Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas siswa dan menjalin tali silaturahmi antar sekolah.


Siapa yang menyampaikan tujuan dari kegiatan?

Jawab: Kepala SMA Negeri 7 Merauke.


Bagaimana cara menyiarkan kegiatan yang akan dilaskanakan?

Jawab: Pengumuman mengenai lomba disiarkan melalui radio dan surat ke setiap sekolah.


4. Contoh Teks Berita di Lingkungan Sekolah


Osis SMA Negeri 3 Merauke menggelar kegiatan latihan kepemimpinan pada Senin (24/72023). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan bertempat di aula sekolah. Peserta yang mengikuti kegiatan latihan kepemimpinan merupakan 2 perwakilan siswa kelas 10 dan 11.


Kegiatan latihan kepemimpinan sendiri merupakan kegiatan tahunan OSIS yang diselenggarakan guna merekrut anggota OSIS baru. Kepala SMA Negeri 3 sendiri menuturkan bahwa tujuan kegiatan latihan kepemimpinan ialah untuk melatih para siswa untuk memiliki sikap kepemimpinan dan menumbuhkan jiwa kebersamaan agar kelak dapat melanjutkan OSIS dengan baik. Oleh karena itu dalam kegiatan tersebut terdapat banyak materi dan games yang bermanfaat bagi peserta.


Baca juga: Contoh Teks Berita tentang Pendidikan


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks berita sekolah dengan unsur 5W+1H. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments