Type something and hit enter

Posted by On

Pada kesempatan kali ini Materibindo akan membahas artikel contoh teks prosedur tentang teknologi dan elektronik. 


Pertama kita kembali mengingat apa yang telah dipelajari pada artikel sebelumnya yang berjudul materi teks prosedur.


Di artikel tersebut disebutkan pengertian teks prosedur menurut para ahli salah satunya oleh Kosasih mengatakan teks prosedur istilah populernya trik merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah lengkap dan jelas tentang cara melakukan sesuatu.


Adapun struktur teks prosedur terdiri dari 3 bagian yaitu tujuan, material (alat dan bahan), dan langkah-langkahnya. Agar teks prosedur yang kita buat benar harus memiliki kriteria struktur tersebut.


Langsung saja berikut contoh teks prosedur elektronik dan teknologi beserta strukturnya.


Contoh Teks Prosedur Teknologi dan Strukturnya

contoh teks prosedur teknologi


1. Membuat Kabel LAN Cross


Oleh USWATUN HASANAH

X MM2, SMKN 11 Malang


Tujuan:


Saat ini internet sudah tidak asing lagi bagi kita. Internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, saya akan menunjukkan proses pembuatan kabel Lan tipe Cross yang digunakan untuk untuk menyambungkan keInternet.


Alat dan bahan:


Salah satu yang harus dipersiapkan adalah alat-alatnya. Alat yang digunakan  meliputi tang krimping, kabel utp atau stp, konektor rj45, lan tester.


Langkah-langkah:


Setelah alat telah dipersiapkan. Langkah pertama, kupas jung kabel sekitar 2 cm. Sehingga, kabel kecil yang berada didalam terlihat.


Langkah kedua, untuk kabel tipe cross, antara ujung yang satu dengan ujung lainnya harus berbeda urutan warnanya. Yang ujung satu menggunakan tipe cross dan yang satunya lagi tipe straight.

Berikut ini susuan warna. Untuk kabel straight :

  • Hijau
  • Putih hijau
  • Putih orange
  • Biru
  • Putih biru
  • Orange
  • Putih coklat
  • Coklat


Untuk kabel cross :

  • Hijau
  • Putih hijau
  • Putih orange
  • Biru
  • Putih biru
  • Orange
  • Putih coklat
  • Coklat


Agar mengurutkannya lebih mudah, urutkan dari kanan ke kiri.

Setelah warna tersusun. Langkah ketiga, potong ujung kabel agar ujung menjadi rata.

Langkah keempat, masukkan kabel kedalam konektor rj45 dan doronglah kabel sampai menempel pada ujung konektor rj45.

Langkah kelima, krimping kabel menggunakan tang krimping, hingga terdengar bunyi krek.

Langkah terakhir, tes kabel menggunakan lan tester. Jika kabel yang telah kita buat berhasil, maka lampu pada lan tester akan menyala dan siap digunakan untuk menghubungkan antar switch dan antar hub.


Keterangan :

  • Tang krimping . Tang yang digunakan untuk mengrimping (menjepit) agar kabel yang telah dimasukkan kedalam konekor rj45 tidak terlepas.
  • Lan tester. Alat yang digunakan untuk menguji kabel yang telah dibuat.
  • Konektor rj45. Salah satu jenis konektor yang digunakan untuk kabel tipe cross.
  • Kabel UTP (unshielded twisted pair) adalah kabel yang terpilin atau terbelit tanpa pelindung.
  • Kabel STP (shielded twisted pair) adalah kabel berpilin atau terbelit dengan pelindung.
  • Switch dan hub adalah sebuah alat jaringan komputer sebagai central atau pusat untuk membagi koneksi yang saling terhubung dengan port – port rj45.


2. Pembuatan Kursi dari Aplikasi Blender


Nila Sari Agustina

X-MM-2, SMKN 11 Malang


Tujuan:


Blender merupakan sebuah aplikasi untuk membuat animasi 3 dimensi seperti meja, kursi dan lain-lain. Dibawah ini adalah cara untuk membuat sebuah kursi.


Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama adalah kita harus mempersiapkan laptop/komputer yang sudah terinstal aplikasi Blender. Lalu, klik icon Blender tersebut pada leptop anda. Kemudian pilihlah icon persegi yang didalamnya terdapat beberapa sumbu yaitu X,Y dan Z. Tariklah sumbu Z keatas. 
  2. Langkah kedua yaitu pilihlah object mode. Kemudian, klik edit mode. Lalu, pilih face select setelah itu klik kanan pada bagian sisi kotak, lalu klik sumbu Z dan antara kebawah hingga membentuk pipih.
  3. Langkah ketiga, setelah persegi tersebut berbentuk pipih. Berilah garis disetiap keliling persegi tersebut dengan menekan CTRL+R. Kemudian, klik icon face select sehingga akan terdapat titik disetiap sudut.
  4.  Langkah terakhir yaitu, klik kanan + shift disetiap sudut tersebut. Lalu, klik kanan + shift pada bagian sandaran kursi. Kemudian, tekan tombol E pada keyboard dan tarik keatas hingga membentuk seperti sandaran kursi. Setelah meembentuk seperti kursi pada umumnya, pilih icon render untuk memainkan atau mengubah tampilan kursi tersebut berbentuk seperti kursi sungguhan atau nyata.


3. Cara Membuat Kabel Lan Tipe (Straight)


Nama : Sulistiyowati

Kelas : X-MM2

Sekolah : SMKN 11 Malang 


Tujuan:


Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya adalah menyambungkan internet menggunakan kabel dan salah satu kabel yang bisa di gunakan adalah dengan menggunakan kabel Lan tipe Straight . Bagaimana cara membuat kabel tipe straight ? Berikut adalah langkah-langkahnya :


Langkah-langkah:


Pertama, Kupas kabel jenis Utp atau bisa juga menggunakan kabel tipe Stp dengan panjang 2 cm, atau sesuai ukuran yang di inginkan. Kupas hingga kabel yang berada di dalam kelihatan.


Kedua, Jika kabel sudah dikupas maka perlu diluruskan agar lebih mudah untuk dimasukkan kedalam konector. Setelah semua kabel lurus.


Ketiga, mengurutkan kabel tipe straight sesuai warna. Berikut adalah warna- warna untuk kabel tipe straight : 

  • Hijau
  • Putih hijau
  • Putih orange
  • Biru
  • Putih biru
  • Orange 
  • Putih coklat
  • Coklat 


Keempat, potong ujung kabel tipe straight hingga rata. Setelah rata, masukkan kabel tipe straight kedalam konektor Rj45 hingga ujung-ujung kabel menempel pada konektor Rj45 tersebut. Lalu, krimping konektor dan kabel yang sudah diurutkan hingga berbunyi krek.


Jika sudah di krimping, untuk melihat apakah sudah bisa atau belum maka, kita bisa mencoba  menggunakan Lan Tester  untuk memastikannya.


4. Cara Membersihkan CPU dengan Benar


Dhymas Afdzan Abilla

X Multimedia 2

SMKN 11 Malang


Tujuan:


Faktor  yang sering diabaikan oleh pengguna komputer, yaitu membersihkan komputer dari debu yang berasal pada casing / CPU . jika debu semakin banyak, maka pendingin pada CPU akan terganggu . 


Langkah-langkah:


Pada teks ini, saya akan menjelaskan tentang cara membersihkan CPU dengan benar . berikut langkah-langkah :

  1. Matikan arus listrik, kemudian lepas semua kabel yang terhubung dan Peripheral lainnya . Pastikan tidak ada kabel yang terhubung ke CPU .
  2. Lepas casing dibagian kiri CPU dengan menggunakan obeng .
  3. Setelah melepaskan casing tersebut, kita akan membersihkan Power Supply Unit (PSU) . bagian tersebut memiliki lebih banyak debu . Jika menumpuk, Power Supply Unit tersebut akan melonjak (meningkat) . PSU dapat dibersihkan menggunakan kuas kecil .
  4. Setelah itu, bersihkan RAM, harddisk, CD ROM menggunakan kuas kecil. Khusus untuk RAM, bersihkan kaki–kaki pada konektor menggunakan penghapus
  5. Bersihkan mainboard menggunakan kuas kecil . lakukan secara perlahan .
  6. Setelah membersihkan mainboard tersebut, kita harus membersihkan Heatsink Processor . bagian ini harus dibersihkan dengan hati – hati . karena banyak komponen yang berbentuk kecil dan sulit di dibersihkan
  7. Kemudian, bersihkan Processor dan Casing CPU menggunakan kuas kecil .
  8. Setelah komponen–komponen sudah dibersihkan, rakit kembali dengan urutan terbalik ketika membongkarnya
  9. Jika sudah selesai membersihkan, kita Running Test .


5. Cara Setting Bios Untuk Instalasi Operasi Sistem


Ria Lestari 

XMM2, SMKN 11 Malang


Tujuan:


Bios adalah singkatan dari Basic Input Output System. Merupakan suatu software yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) computer. Bios berfungsi untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST Power On Selft Test.


Langkah-langkah:


Jika anda ingin menyetting bios untuk instalasi operasi system, anda dapat melakukannya dengan cara seperti dibawah ini:

  1. Pertama, hidupkan komputer terlebih dahulu.
  2. Kedua, setting CD-ROM pada posisi 1st boot dengan cara masuk ke menu boot.
  3. Ketiga, setelah selesai menyetting CD-ROM, simpan hasil settingannya dengan cara tekan tombol F10 pada keyboard. 


6. Cara Membuat Desain Meja Menggunakan Blender


Rinanda Prehaneni

XMM2, SMKN 11 Malang


Tujuan:


Meja merupakan salah satu benda tiga dimensi. Meja biasa terbuat dari kayu ataupun besi. Biasanya, sebelum membuat meja kita harus membuat degsain terlebih dahulu. Cara pembuatan degsain saat ini berbeda dengan sebelumnya. Sekarang manusia modern sudah bisa membuat degsain meja menggunkan aplikasi blender. 


Langkah-langkah:

  1. Pertama, klik sebanyak dua kali aplikasi blender  yang sudah terinstal . Lalu buat papan meja dengan diameter tipis dan memanjang. 
  2. Kedua, edit meja menggunakan object mode lalu pilih edit mode klik face.
  3. Ketiga, pipihkan dan rapikan papan meja dengan cara klik kanan mouse berlawanan denga sumbu sampai berbentuk persegi panjang.
  4. Keempat, klik ctrl+r lalu klik kanan dua kali lakukan sebanyak empat kali mengikuti bentuk papan meja.
  5. Kelima, untuk membuat kaki meja, tekan sift+klik kanan. Lakukan empat kali terhadap tiap sudut papan meja.
  6. Keenam, tekan huruf “e” untuk menarik kaki meja. 
  7. Ketujuh, kembali ke object mode dengan menekan tab pada keyboard.
  8. Kedelapan, berilah warna yang diinginkan dengan cara klik world lalu klik  ambient color dan pilihlah warna yang diinginkan. Setelah itu, klik rendered.
  9. Setelah selesai, simpanlah degsain dengan cara klik ctrl+s dan beri nama. Degsain meja selesai dan siap digunakan untuk membuat meja. 


7. Proses Pembuatan Desain Meja Dengan Software Blender


VONY ALVIONITA

X MM 2 , SMKN 11 Malang


Tujuan:


Saat ini memang marak – maraknya animasi tiga dimensi kartun yang mayoritas disukai anak – anak. Banyak software yang digunakan untuk membuat animasi tiga dimensi. Kali ini kita akan membuat desain meja sederhana menggunakan software Blender.


Alat dan bahan:


Alat yang harus dipersiapkan pertama kali dalam proses mendesain adalah laptop / pc yang telah terinstall software Blender, mouse, keyboard, dan sketsa meja yang akan kita buat.


Langkah-langkah:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hidupkan laptop / pc kemudian klik kiri dua kali icon Blender. Setelah itu, akan muncul tampilan dari Blender.
  • Langkah kedua, ganti objek mode menjadi edit mode agar kita dapat mengutak atik objek menjadi bentuk meja.
  • Langkah ketiga, tarik sumbu Z untuk menebalkan / memipihkan dan sumbu Y untuk memanjangkan objek dalam membentuk atasan meja. Setelah itu, tekan CTRL+R tarik garis berwarna ungu dengan posisi vertical dan horizontal. Kemudian, klik icon kubus dipojok hingga muncul titik - titik disetiap bagian.
  • Langkah kelima, tekan shift dan klik kiri pada setiap bagian pojok meja. Kemudian, tekan dan tahan huruf E pada keyboard untuk membuat bidang sebagai bawahan meja.
  • Langkah terakhir adalah, pemberian warna. Dengan klik icon color, dan pilihlah warna yang anda inginkan. Setelah itu, klik objek mode dan Rendered untuk memainkan atau memutar meja yang telah anda buat. Sehingga, anda dapat melihat dari segala arah.


8. Cara Menginstall Windows 7 dengan Menggunakan DVD


Dimas Bayu Segara

X Multimedia 2

SMK Negeri 11 Malang 


Untuk memulai proses instalasi Windows 7. Anda memerlukan boot pertama dari Windows 7 DVD. Lalu bagaimana langkah-langkah menginastall ulang Windows 7?


Berikut langkah-langkah install Windows 7 :

  1. Restart atau hidupkan komputer atau laptop
  2. Saat menyalakan komputer atau laptop, masuk Setup Menu dengan menekan F2 (pada beberapa laptop jenis lain tekan Esc, F1, atau Del pada komputer).
  3. Jika berhasil anda akan masuk ke Setup Utility, klik Boot ubah Boot pertama yaitu hardisk menjadi DVD. Jika sudah, tekan F10 untuk save & exit. Tapi jangan lupa masukan DVD terleih dahulu.
  4. Mulai proses install Windows 7 dari DVD. Klik apa saja pada keyboard, misalnya klik enter (waktunya hanya 5 detik. Jika 5 detik tidak di klik, proses tidak akan terjadi, sehingga kalian harus restart lagi).
  5. Setelah menunggu untuk loadingfile, kompter atau laptop akan starting Windows secara otomatis.
  6. Kemudian pilih English pada kolom language, klik next.
  7. Klik install now.
  8. Klik I accept the licens term, kemudian klik next.
  9. Proses menginstall segera dimulai.
  10. Langkah selanjutnya, klik custom (advanced) untuk memperbarui semua sistem yang lama. Dapat juga klik upgrade untuk mengupgrade sistem Windows lama ke Windows yang baru.
  11. Selanjutnya mempartisi Hardisk.
  12. Jika sudah mempartisi, klik next. Kemudian tunggu kompuer atau laptop memproses installing Windows.
  13. Setelah menunggu beberapa jam, laptop atau komputer akan merestart sendiri secara otomatis. Setelah itu, muncul tabel untuk mengisi nama laptop atau komputer. Jika sudah, klik next.
  14. Jika ingin menggunakan password silahkan di isi kolom password. Setelah itu, klik next.
  15. Klik use remmended setting.
  16. Sesuaikan waktu yang di kehendaki, kemudian klik next.
  17. Selesai.


9. Cara Menghidupkan Komputer


Tujuan:


Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang saat ini sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum kita menggunakannya, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur langkah-langkah bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. 


Langkah-langkah:


Bagaimana cara menghidupkan komputer? Ikuti  langkah-langkah dibawah ini cara menghidupkan komputer dengan benar:


1. Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.

2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer

3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.

4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.

5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.


10.  Jaringan Komputer


Tujuan: 


Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dantanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.


Alat dan bahan: 


1. Personal computer (PC) 

2. LAN Card/Modem

3. Hub 

4. Switch 

5. Repeater 

6. Router 

7. Kabel UTP 

8. Konektor 

9. Tang Crimping 

10. Tester 

11. Obeng


Langka-langkah:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan letak dari switch dan komputer karena nanti akan berpengaruh pada panjang pendeknya kabelyang akan digunakan.

2. Selanjutnya adalah potong kabel sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Karena nantisemua komputer akan terhubung ke switch maka pastikan letak switch bisa dijangkau oleh semua komputer.

3. Langkah ketiga adalah kriping kabel dan konektor menggunakan tang krimping. Pastikan urutan kabel sudah benar yaitu straight yang artinya antara ujung kabel 1 danujung kabel satunya mempunyai urutan yang sama.

4. Cek koneksi kabel dengan LAN Tester 

5. Selanjutnya hubungkan kabel ke komputer dan switch sehingga komputer bisa salingterhubung

6. Beri Ip Address pada komputer dengan network yang sama. Misalnya: komputer 1: IP- 192.168.1.2 netmask - 255.255.255.0, Komputer 2: IP - 192.168.1.3 netmask -255.255.255.07.Kemudian cek koneksi jaringan dengan melakukan ping ke alamat host yang dituju.


11. Cara Memeriksa Tagihan Listrik Secara Online 


Tujuan:


Di era digital, kemajuan teknologi membuat kita melakukan berbagai hal dengan mudah. Termasuk membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik. Kini kita dapat membayar tagihan listrik melalui berbagai aplikasi e-commerce. 


Tak ketinggalan, PLN juga meluncurkan PLN Mobile untuk memberikan kemudahan pada para pelanggannya. Dengan mengunduh aplikasi PLN mobile, kita bisa mengetahui seberapa banyak tagihan dan listrik yang kita gunakan melalui aplikasi tersebut. 


Langka-langkah:


Berikut langkah-langkah untuk mengetahui tagihan listrik anda secara online: 

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel melalui Play Store pada perangkat Android atau melalui Apple Play Store pada perangkat iOS. 
  2. Buka aplikasi tersebut untuk mengakses informasi yang Anda butuhkan. 
  3. Klik ‘Daftar’ untuk melakukan registrasi. 
  4. Bila sebelumnya sudah pernah memasang PLN Mobile dan sudah memiliki akun, pilih ‘Login’ untuk masuk. 
  5. Lengkapi data diri seperti nama, ID pelanggan, lokasi, nomor HP aktif, dan lain-lain yang dibutuhkan sebagai kelengkapan registrasi. 
  6. Ketika sudah terdaftar, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik. 
  7. Masukkan nomor meteran bagi pelanggan listrik pasca-bayar, atau masukkan ID pelanggan bagi pelanggan listrik prabayar. 
  8. Kemudian, klik Cari. Status tagihan dan nominalnya ditampilkan secara jelas melalui aplikasi PLN Mobile.


Baca juga: Kumpulan Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru


Demikianlah artikel contoh teks prosedur tentang teknologi dan elektronik beserta strukturnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments