Type something and hit enter

Posted by On

Apa yang dimaksud pengertian resensi menurut para ahli? Kamu tentunya pernah mendengar istilah resensi. Tahukah kalian inti resensi itu memberitahu kepada calon pembaca tentang keunggulan dan kelemahan suatu buku, sekaligus saran kepada calon pembaca mengenai perlu atau tidaknya buku itu dibaca.


Kata resensi berasal dari bahasa Belanda yaitu recensie, dari bahasa Inggris disebut review, sedangkan dalam bahasa Latin menyebutkan revidere atau recensere yang artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai.


Secara umum pengertian resensi adalah tulisan atau informasi yang membahas, mengulas, dan memberi pertimbangan atau penilaian mengenai karya orang lain tentang kelemahan, keunggulan, dan kelayakannya.

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

Resensi bertujuan untuk memberi informasi kepada khalayak agar karya itu mau dibaca, didengar, atau ditonton. Karya yang biasa diresensi antara lain buku, gambar, musik, atau film. Orang yang membuat suatu resensi disebut resensator.


Pengertian Resensi Menurut Para Ahli


1. Fardengki


Menurut Fardengki, dkk (2012), mengatakan bahwa resensi merupakan hasil penilaian atau timbangan terhadap kelebihan dan kelemahan suatu buku, sehingga dapat diartikan bahwa resensi adalah kegiatan yang membahas, mengulas dan menilai sebuah karya tulis tentang baik dan buruk kualitas sebuah karya tulis tersebut.


2. Zaenuddin


Zaenuddin (2004:95) menyebutkan bahwa meresensi buku pada dasarnya adalah melakukan penilaian terhadap kualitas sebuah buku. 


3. Putra


Putra (2008:78) menyebutkan bahwa ada beberapa nama lain dari resensi buku yaitu review buku, tinjauan buku, ulasan buku, bedah buku, timbangan buku, dan pustaka.


4. Keraf


Menurut Keraf (1994:274) resensi adalah tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah karya atau buku. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.


5. Dalman


Menurut Dalman (2016:165) resensi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menilai baik tidaknya sebuah buku, yang dinilai ini adalah keunggulan dan kelemahan buku (baik fiksi maupun nonfiksi) sehingga orang merasa terpersuasif setelah membacanya.


Menurut Dalman (2015, hlm. 165), “Resensi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menilai baik tidaknya sebuah buku”. Artinya, resensi merupakan kegiatan dalam menilai sebuah buku baik dari kelebihannya maupun kekurangannya.


6. KBBI


Resensi merupakan suatu tulisan tentang suatu karya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi berarti pertimbangan atau pembicaraan buku.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi diartikan sebagai pertimbangan atau pembicaraan tentang buku dan sebagainya. Secara garis besar resensi diartikan sebagai kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.


7. WJS. Poerwadarminta


WJS. Poerwadarminta (dalam Romli, 2003:75) mengemukakan bahwa resensi secara bahasa sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Perbincangan buku tersebut dimuat di surat kabar atau majalah.


8. Panuti Sudjiman


Resensi menurut Panuti Sudjiman (1984) adalah hasil pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.


9. Euis Sulastri


Dalam buku Bahasa dan Sastra Indonesia (yang ditulis Euis Sulastri dkk) Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda,  resentie, yang berarti kupasan atau pembahasan. Jadi, pengertian resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.


10. Saryono


Saryono (1997:56) menjelaskan Pengertian Resensi sebagai sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copy sampul buku.


11. Samad


Menurut Samad (1997, hlm. 1), “Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu revidere atau recensere yang berarti melihat kembali, menimbang atau menilai. Tindakan meresensi buku dapat berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, dan mengkritik buku”. Artinya, resensi merupakan kegiatan mengulas sebuah buku untuk memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi buku dan mengkritik sebuah buku.


12. Sudarman


Sudarman (2008, hlm. 219) mengatakan, “Secara bahasa, resensi berasal dari bahasa Belanda “Recentie”, yang berarti wawasan. Wawasan yang dimaksud disini adalah wawasan akan baik buruknya suatu karya”. Artinya, resensi merupakan wawasan mengenai sebuah karya berupa kelebihan dan kekurangan karya tersebut.


13. Mursidi


Mursidi (2016, hlm. 50), “Kata resensi berasal dari bahasa Latin, revidere atau recensere yang berarti melihat kembali, menimbang atau menilai. Jadi dapat diartikan resensi yaitu memberikan penilaian, membahas, mengungkap kembali isi buku, atau mengkritik sebuah buku”. Dalam hal ini, resensi merupakan kegiatan melihat kembali suatu karya untuk membahas dan mengungkap kembali isi buku sehingga dapat dinilai kelebihan dan kekurangannya.


14. Fanani


Fanani (2016, hlm. 70), “Resensi adalah sebuah penilaian terhadap objek resensi. Objek resensi bisa berupa buku, film, musik, atau karya seni lainnya”. Artinya, kegiatan resensi yaitu melakukan pengamatan, menimbang dan memberikan penilaian terhadap suatu objek resensi seperti buku, film, musik, atau karya yang lainnya.


15. Hernowo


Hernowo (2016, hlm. 214), “Ulasan buku (a book review) merupakan gambaran sekaligus evaluasi terhadap suatu buku”. Dalam hal ini, ulasan buku yaitu kegiatan membahas suatu buku dengan memberikan penilaian atau evaluasi terhadap buku tersebut.


16. Yus Rusyana


Apa yang disebut dengan resensi menurut Yus Rusyana?


Resensi adalah suatu tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku.


Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa resensi adalah ulasan, pertimbangan atau penilaian terhadap suatu karya terutama buku ke dalam sebuah tulisan. Tujuan resensi adalah untuk memberikan penilaian secara objektif, sehingga dapat memberikan informasi kepada para pembacanya tentang buku tersebut layak dibaca atau tidak melalui kekurangan dan kelebihan yang ditulis oleh peresensi.


Baca juga: RESENSI (Pengertian, Jenis, Unsur, Struktur, Tujuan, Manfaat)


Demikianlah artikel tentang pengertian resensi menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments