Type something and hit enter

Posted by On

Materibindo.com - Apa itu argumentasi menurut para ahli? Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan artikel berjudul pengertian teks argumentasi menurut para ahli lengkap.


Apa yang dimaksud dengan argumentasi? Teks argumentasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau sikap pembaca dengan memberikan alasan-alasan yang logis dan kuat.


Teks argumentasi biasanya digunakan untuk membahas topik-topik yang kontroversial, seperti politik, hukum, agama, sosial, dan lain-lain. Paragraf argumentasi juga sering ditemukan dalam bentuk esai, pidato, debat, kritik, dan editorial.


Pengertian Teks Argumentasi Menurut Para Ahli

Baca juga: Materi Teks Argumentasi


Langsung saja berikut pengertian teks argumentasi menurut para ahli terlengkap.


Pengertian Teks Argumentasi Menurut Para Ahli


Berbagai ahli telah memberikan definisi tentang teks argumentasi menurut para tokoh, di antaranya adalah:


Alwasilah


Argumentasi merupakan karangan yang membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran dari sebuah pernyataan (statement). Dalam teks argumen, penulis menggunakan berbagai strategi atau piranti retorika untuk meyakinkan pembaca ihwal kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan tersebut (Alwasilah, 2005: 116). 


Nursisto


Nursisto (1999: 43) menyatakan bahwa argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Karangan argumentasi pasti memuat argumen, yaitu bukti dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain bahwa pendapat yang disampaikan benar.


Pengertian Argumentasi Menurut Keraf


Argumentasi merupakan suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis. Melalui argumentasi penulis mampu merangkaikan fakta-fakta sedemikian rupa,  sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak (Keraf, 2004: 3).


Pengertian paragraf argumentasi menurut Keraf (2005:3) adalah, "Suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembacanya".


Paragraf argumentasi adalah suatu bentuk retorik yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuaidenganapa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 2007:3).


Pengertian Teks Argumentasi Menurut KBBI


Dalam KBBI, Alwi dkk (2005:64) mengemukakan argumentasi adalah, "paragraf yang bertujuan membuktikan pendapat".


Finoza


Finoza (2007:207) mengemukakan, "Paragraf argumentasi adalah paragraf yang bertujuan meyakinkan pembaca agar menerima atau mengambil suatu doktrin, sikap, dan tingkah laku tertentu".


Menurut Finoza dalam H. Dalman (2015:137)“Karangan Argumentasi adalah karangan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar menerima atau mengambil suatu doktrin, sikap, dan tingkah laku tertentu”.


Maimunah 


Maimunah (2011:35) adalah salah satu bentuk paragraf yang berisi gagasan, pikiran, atau membahas tentang suatumasalah yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau meyakinkan pihak lain dengan argumen-argumen yang disajikan secara logis dan objektif.


Sujanto


Menurut Sujanto (1988:117), paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang bagaimana ia mempengaruhi pembaca agar mengubah sikap dan caraberpikir terhadap suatu objek atau masalah yang sifatnya kontroversial dengan sikap sertapikiran yang telah dimiliknya lebih dahulu.


Tasai dan Arifin


Paragraf argumentasi disebut juga paragraf persuasi. Paragraf ini lebih bersifat membujuk atau meyakinkan pembaca terhadap suatu hal atau objek (Tasai dan Arifin, 2000:129).


Suparni


Menurut Suparni (1984:210), paragraf argumentasi adalah pargraf yang mengemukakan, contoh dan bukti yang kuat serta meyakinkan sehingga orang akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap dan keyakinan kita.


Karangan argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca agar pembaca membenarkan pendapat, gagasan, atau sikap, yang kita ungkapkan dalam karangan (Suparni dalam Ahmad dkk, 2015:58).


Jauharoti


Menurut Jauharoti dkk (dalam Ahmad dkk, 2015:58) argumentasi adalah karangan yang terdiri atas paparan alasan dan penyintetisan pendapat untuk membangun suatu kesimpulan. 


Sirait


Menurut Sirait(1985:27), karangan argumentasi adalah karangan yang meyakinkan atau membujuk. Dengan demikian, argumentasi mencoba membuat orang mau menerima suatu penilaian bahkan kadang-kadang untuk bertindak atas dasar penilaian tersebut.


Aceng Hasani


Menurut Aceng Hasani (2005 : 43) Argumentasi adalah suatu jenis karangan yang berusaha mempengaruhi orang lain dengan cara menyajikan bukti – bukti sebagai penguat argumentasi yang dinyatakan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.


Daud


Menurut Daud (2004), teks argumentasi akan kuat dan berhasil ketika penulis mampu mengemukakan tiga prinsip, yakni pernyataan, alasan yang mendukung, dan pembenaran.


Kokasih


Menurut pendapat Kokasih (2002), pengertian teks argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca meyakini kebenaran tersebut.


Taufiqur Rahman


Taufiqur Rahman mengungkapkan pendapatnya bahwa teks argumentasi bisa juga diartikan sebagai bentuk bukti atau alasan yang digunakan untuk memperkuat pendapat di dalam sebuah tesis, meskipun pada umumnya argumentasi juga dipakai untuk menolak suatu pernyataan.


Nani Darmayanti


Menurut Nani Darmayanti, teks argumentasi merupakan teks yang memberikan alasan kuat dan meyakinkan. Di dalam teks argumentasi, penulis menyatakan pendapat dengan penjelasan dan alasan yang kuat agar bisa memengaruhi pembaca. Teks argumentasi harus kritis, logis, dan berdasarkan dengan fakta-fakta yang ada.


Dalman


Sedangkan menurut H. Dalman (2015:137) “Karangan argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca meyakini kebenaran itu”.


M. Atar Semi


Sedangkan M. Atar Semi mengatakan (2017:74)“ Argumentasi adalah tulisan yang bertujuan meyakinkan atau membujuk pembaca tentang kebenaran pendapat penulis”.


Baca juga: Kumpulan Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat


Demikianlah artikel tentang pengertian teks argumentasi menurut para ahli, KBBI dan pakar lainnya lengkap. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 comments