Type something and hit enter

Posted by On

Apa perbedaan dari pidato, ceramah dan khotbah? Dalam artikel ini kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan 5 perbedaan antara teks ceramah, pidato dan khutbah.


Pertama-tama kami akan menjelaskan pengertian pidato, ceramah dan khotbah secara ringkas. 


Apa yang dimaksud dengan teks pidato? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:1071) bahwa pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.


Apa yang dimaksud dengan teks ceramah? Ceramah dalam kamus Bahasa Indonesia adalah pidato yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang dimaksud disini adalah keseluruhan untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim.


Apa yang dimaksud dengan khotbah? Menurut KBBI, khotbah adalah pidato yang berisi ajaran agama.

perbedaan pidato, ceramah, dan khotbah


Baca juga: Struktur, Ciri dan Contoh Teks Pidato 


Setelah mengetahui pengertian singkatnya, langsung saja berikut perbedaan pidato, ceramah dan khotbah.


Perbedaan Ceramah, Pidato dan Khutbah


Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan tentang ceramah, dapat kita simpulkan bahwa ceramah adalah salah satu bentuk dari pidato. 


Adapun perbedaan antara pidato, ceramah, dan khotbah, seperti yang dikutip dari pendapat Muflih (2004, hlm. 47), akan dijelaskan sebagai berikut.

Pidato Ceramah Khotbah
Menggunakan ragam bahasa ilmiah (bahasa yang baik dan benar). Menggunakan ragam bahasa ilmiah popular dan diselingi bahasa sastra. Menggunakan bahasa ilmiah popular dan dapat diselingi gaya bahasa sastra.
Membaca naskah maupun tanpa naskah. Tanpa membaca naskah. Dengan membaca naskah atau kerangka khotbah.
Disampaikan dalam situasi resmi. Disampaikan dalam situasi resmi dan santai. Disampaikan dalam situasi resmi keagamaan yang sakral.
Tanpa diselingi interupsi. Dengan interupsi dan tanya jawab (bukan keharusan). Tanpa interupsi.
Bersifat antara lain: Instruktif, Deformatif, Deskriptif. Informatif, Edukatif, Persuasif. Deskriptif, Persuasif.


Berdasarkan tabel yang telah disajikan, tampak bahwa perbedaan antara pidato, ceramah, dan khotbah tidak begitu signifikan. 


Banyak kesamaan yang dapat ditemukan antara ketiganya. Hal ini menunjukkan bahwa pidato, ceramah, dan khotbah semuanya merupakan bentuk kegiatan berbicara di depan publik, baik secara resmi maupun tidak. 


Namun, ada perbedaan yang cukup penting antara pidato dan ceramah dalam hal sifatnya. Pidato cenderung bersifat instruktif, deformatif, dan deskriptif, sedangkan ceramah lebih bersifat informatif, edukatif, dan persuasif.


Baca juga: Materi Bahasa Indonesia Teks Ceramah


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan pidato, ceramah dan khotbah. Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang materi di atas, Anda dapat mengunjungi situs web materibindo.com yang menyediakan berbagai artikel menarik dan informatif tentang pendidikan bahasa Indonesia. Selamat membaca!

0 comments