Type something and hit enter

Posted by On

Apakah kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan ini: apa yang dimaksud dengan teks persuasi menurut para ahli? Jika iya, kami akan membagikan artikel tentang pengertian teks persuasif menurut para ahli secara lengkap disini.


Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang definisi teks persuasi, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu teks persuasi secara umum. 


Teks persuasi adalah suatu teks yang bertujuan untuk membujuk pembaca atau pendengar agar melakukan atau mempercayai sesuatu. 


Teks persuasi dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti iklan, politik, pendidikan, dan propaganda. Langsung saja berikut pengertian teks persuasif menurut para ahli.


Baca juga: Materi Teks Persuasif Lengkap


Definisi Teks Persuasif Menurut Para Ahli

Pengertian Teks Persuasif Menurut Para Ahli


Istilah persuasi merupakan alihan bentuk kata persuasion dalam bahasa Inggris. Bentuk kata persuasion diturunkan dari kata to persuade yang artinya membujuk atau meyakinkan. 


Jadi, karangan persuasi adalah karangan yang berisi paparan berdaya-bujuk, berdaya-ajak, ataupun berdaya imbau yang dapat membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti imbauan implisit maupun eksplisit yang disampaikan oleh penulis. Dengan kata lain, persuasi berurusan dengan masalah memengaruhi orang lain lewat bahasa.


1. Keraf


Menurut Keraf dalam Dalman (2018:145) persuasi adalah suatu seni  verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan  sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara (bentuk lisan misanya  pidato) atau oleh penulis (bentuk tulisan, cetak, elektronik) pada  waktu sekarang atau pada waktu yang akan datang.


2. Keraf


Keraf (2007:118) memberikan pengertian persuasi adalah suatu seni verbal yang bertujuan meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki pembicara pada waktu itu atau pada waktu yang akan datang.


3. Finoza


Menurut finoza (2009:253) karangan persuasi adalah karangan yang  bertujuan membuat pembaca percaya, yakin, dan terubujuk akan hal-hal  yang dikomunikasikan hal yang berupa fakta terdapat atau gagasan atau  perasaan seseorang.


4. Suparno dan Yunus


Menurut suparno dan yunus (dalam Dalman 2018:146)  karang persuasi adalah karangan yang berisi karangan berdaya bujuk,  berdaya ajuk, ataupun berdaya himbau dan dapat membangkitkan  ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti himbauan implisit dan kemampuan eksplisit yang di lontarkan oleh penulis.


5. Suparno dan Yunus


Jelaskan apa yang disebut dengan teks persuasi? Persuasi adalah karangan yang ditujukan untuk memengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai sesuatu hal yang disampaikan penulisnya (Yunus dan Suparno, 2004:1.12).


6. Dalman


Menurut Dalman (2015:3) “menulis adalah suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan (informasi) secara tertulis kepada pihak lain dengan  menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Aktivitas menulis melibatkan  beberapa unsur, yaitu: penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan, saluran atau media, dan pembaca.


7. Marwoto


Menurut Marwoto dalam Dalman (2015:4) “menulis adalah mengungkapkan ide atau gagasannya dalam bentuk karangan penulis mampu menuangkan ide, gagasan, pendapatnya dengan mudah dan lancar.”


8. Tarigan


Menurut Tarigan (1994:113) karangan atau tulisan persuasif adalah karangan yang dapat menarik minat dan dapat meyakinkan bahwa pengalaman membaca merupakan suatu hal yang penting.


9. Kaffer


Menurut Kaffer (2001 : 119) Menjelaskan bahwa persuasi bertujuan untuk mengubah fikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang kita inginkan.


10. Kaffer


Menurut Kaffer (2011 : 118) Persuasi merupakan usaha untuk membujuk seseorang untuk mau mengikuti tujuan yang dikehendaki tanpa paksaan.


11. Vitale


Menurut Vitale dalam bukunya yang berjudul Hypnotic Writting (2007 : 29) mengatakan bahwa Hypnotic writting adalah sebuah kediatan yang dengan sengaja menggunakan kata-kata untuk mengadu orang ke keadaan mental yang mana terfokus. Dimana mereka akan cenderung membeli produk atau jasa anda.


12. Pengertian Teks Persuasif Menurut KBBI


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005) Menjelaskan bahwa persuasi adalah bujukan atau ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek yang meyakinkan. 


Baca juga: Contoh Teks Persuasif Berbagai Tema


Demikianlah artikel tentang pengertian teks persuasif menurut para ahli secara lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Dikutip dari berbagai sumber.

0 comments