Type something and hit enter

Posted by On

Apakah Anda sedang mencari Buku PDF Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum Merdeka? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. 


Dalam artikel ini, saya akan memberikan informasi tentang cara download buku paket cerdas berbahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum Merdeka PDF.


Apa itu Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 12 Kurikulum Merdeka

Buku PDF Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum Merdeka


Buku PDF Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum Merdeka adalah sebuah file digital yang berisi materi pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas XII yang mengikuti kurikulum merdeka. 


Baca juga: Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Pengertian kurikulum merdeka adalah sebuah sistem pendidikan yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta mengembangkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan kritis.


Buku ini berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK/MA Kelas XII

Penulis: Bambang Trimansyah

Penelaah: Maman Suryaman & Priscila Fitriasih Limbong

Penyelia/Penyelaras: Supriyatno, E. Oos M. Anwas, Anggraeni Dian Permatasari, Firman Arapenta Bangun, Yanuar Adi Sutrasno

Koordinator Visual & Desain: Deden Sopandi

Ilustrator: R. Habibullah Ahmad, Deden Sopandi

Desainer: Indah Nur Juita

Penerbit: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek)

Cetakan pertama, 2022


Materi Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum Merdeka


Buku ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia untuk kalian, peserta didik SMA/SMK/MA Kelas XII.


Buku ini terbagi atas 6 (enam) bab pembelajaran dengan topik-topik terkini yang dapat menjadi wahanan bagi kalian memahami teori dan keterampilan kebahasaan secara menarik dan menyenangkan.


Daftar Isi


BAB 1 Mengkritisi Informasi Tentang Tokoh


Pada Bab I di kelas XII ini kalian akan belajar menemukan informasi dan mencermati kesahihan data di dalam informasi. Selain itu, kalian juga diharapkan mampu menggunakan informasi pada sumber pendukung, seperti eksiklopedia, kamus, dan tesaurus.


BAB 2 Mempresentasikan Ide Kewirausahaan


Pada Bab 2 ini kalian akan belajar memahami sebuah informasi yang kompleks dari teks aural atau teks audio visual, termasuk menandai informasi yang tidak akurat. Kalian juga akan berpraktik menulis teks prosedur untuk materi yang kompleks sehingga dapat mempresentasikan ide-ide kalian di bidang kewirausahaan.


BAB 3 Memahami dan Mendiskusikan Fenomena Kecerdasan Buatan


Pada Bab 3 ini kalian akan mempelajari bagaimana menemukan dan memahami ide pokok serta ide pendukung pada teks yang panjang dengan topik baru. Kalian juga diharapkan mampu mengajukan hipotesis berdasarkan teks dan gambar pendukung yang dipahami. Selain itu, ada tantangan menggunakan kata-kata yang jarang muncul di dalam teks tentang sains.


BAB 4 Menyampaikan Opini tentang Perundungan


Pada Bab 4 ini kalian akan mempelajari perwatakan tokoh di dalam sebuah cerita dengan alur yang kompleks dan membedakan fakta, fiksi, opini, serta asumsi di dalam teks naratif.


Kalian juga akan diminta membacakan teks pidato terkait suatu topik tertentu. Selanjutnya, kalian akan mempelajari cara menuliskan teks narasi/deskripsi dan menuliskan tanggapan terhadap suatu hal. 


Kalian juga akan melakukan simulasi diskusi daring dengan menggunakan aplikasi konferensi video serta menjelaskan kembali informasi yang kalian dengan melalui audio-video.


BAB 5 Mengungkapkan Kekaguman Dalam Narasi Kearifan Lokal


Pada Bab 5 ini kalian akan memperdalam beberapa hal yang telah kalian pelajari sebelumnya. Kalian kembali akan mempelajari tentang bagaimana menemukan fakta dan fiksi, opini, serta asumsi dalam teks narasi dan informasi.


Selain itu, kembali kalian mempelajari bagaimana menimbang keakuratan data pada sebuah teks sambil menandai kosakata baru. Hal yang baru dalam bab ini adalah keterampilan menelusuri sumber informasi yang menyajikan tampilan visual secara ekfektif.


Kalian juga akan ditantang untuk menulis esai yang panjang dan menceritakan sesuatu secara runut.


BAB 6 Menulis Praktik Baik dan Cerita tentang Lingkungan


Pada bab ini kalian akan belajar mengungkapkan kembali penjelasan terkait instruksi yang kompleks. Kalian juga diharapkan mampu menilai efektivitas format penyajian data di dalam sebuah teks sehingga mudah dipahami oleh pembaca.


Selain itu, ada hal menantang untuk memilih dan memilah informasi di antara beragam sumber informasi. Kalian juga akan diajak menulis cerpen dengan menggunakan unsur intrinsik dan gaya bahasa yang menarik.


Pada akhir bab kalian akan menyelisik akurasi penggambaran tokoh, alur, dan latar sosial kemasyarakatan di dalam sebuah teks novel.


Ada Apa Di dalam Buku ini?


Di dalam buku ini kalian akan menemukan simbol-simbol sebagai penanda kegiatan pembelajaran yang akan kalian lakukan. Cermati simbol-simbol berikut ini beserta artinya.


  • Tujuan Belajar: Menunjukan tujuan pembelajaran dan materi pokok yang akan dipelajari.
  • Siap-Siap Belajar: Menandakan saatnya kalian mendiskusikan apa yang telah kalian ketahui tentang tema yang akan dipelajari.
  • Kupas Teori: Menunjukkan kegiatan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Membaca dan Memirsa: Menunjukkan saatnya kalian membaca teks yang diberikan dan memirsa suatu tayangan dengan seksama.
  • Menyimak: Menunjukkan kegiatan menyimak sebuah teks yang dibacakan dengan saksama.
  • Berbicara, Berdiskusi, dan Mempresentasikan: Menunjukkan saat kalian diminta berbicara dan bertukar pendapat tentang topik tertentu kemudian kalian akan mempresentasikan hasil diskusi tersebut.
  • Menulis: Menunjukkan saatnya kalian diminta meningkatkan keterampilan menulis sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Kreativitas: Menunjukkan saatnya kalian mengerjakan sebuah proyek atau suatu karya berdasarkan tema atau topik tertentu.
  • Jurnal Membaca: Menunjukkan saatnya kalian membaca buku dan sumber bacaan lain lalu mencatnya pada jurnal.
  • Refleksi: Menunjukkan saatnya kalian mengingat kembali materi pembelajaran dan merefleksikan bagaimana cara kalian mempelajarinya di setiap bab.


Download PDF Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum Merdeka


Kami akan membagikan link unduh buku siswa bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum Merdeka berbentuk file PDF secara gratis. Kalian bisa klik tombol download di bawah ini:


Buku Siswa Cerdas Berbahasa Indonesia Kelas 12 PDF


Baca juga: Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka PDF


Demikianlah informasi tentang link download buku PDF bahasa Indonesia kelas 12/XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka untuk siswa secara gratis hanya disini. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 comments