Type something and hit enter

Posted by On

Bagi adik-adik yang sudah memasuki kelas 12/XII atau kelas 3 SMA/SMK dan berencana untuk melanjutkan kuliah ke universitas idaman. 


Namun bingung jurusan apa yang harus dipilih dan apa saja pertimbangan-pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah agar kalian tidak menyesal kemudian.


Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan mempengaruhi masa depan kamu. Ada berbagai alasan mengapa orang ingin kuliah, salah satunya adalah agar cepat diterima kerja atau untuk daftar cpns.


Jangan khawatir, berikut kami bagikan beberapa pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah: 


Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah


1. Minat dan Passion


Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan passion akan membuat kamu memiliki semangat untuk menjalani keseharian di kampus. 


Misalnya, jika Anda suka hitung-menghitung atau membaca-menulis, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat tersebut.


Jika Anda suka bidang teknologi, Anda dapat memilih jurusan Teknik Informatika agar mengasah bakatmu di dunia kampus.


2. Prospek Kerja


Pertimbangkan juga prospek kerja dari jurusan yang kamu pilih. Rajin-rajinlah update dengan tren global dan bandingkan dengan keadaan terkini di Indonesia. 


Misalnya, jika kamu suka masak, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan tata boga. Atau kamu ingin jadi PNS, bisa juga melihat jurusan apa yang paling banyak dibutuhkan CPNS.


Untuk kamu yang bingung kami telah membuat: Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja


3. Biaya Kuliah


Biaya kuliah jaman sekarang tidaklah murah. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan. Kamu harus tahu berapa biaya yang dibutuhkan dan apakah biaya tersebut sesuai dengan keadaan ekonomimu.


Jangan memaksakan diri untuk memilih jurusan kuliah yang di luar batas kemampuan ekonomimu, misalnya jurusan Kedokteran yang biaya kuliahnya tergolong mahal.


Kecuali, kamu mendapatkan beasiswa secara penuh.


4. Masa Depan


Setelah selesai kuliah, langkah selanjutnya yang akan kamu jalani biasanya adalah bekerja. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana prospek kerja dari jurusan yang kamu pilih.


5. Rekam Jejak Alumninya


Salah satu sudut pandang dalam menilai prospek kerja adalah dengan melihat alumni jurusan yang Anda incar. Coba lihat siapa saja tokoh-tokoh bangsa yang berlatarbelakang pendidikan jurusan tersebut.


Kesimpulan


Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan mempengaruhi masa depan kamu. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti minat dan passion, prospek kerja, rekam jejak alumninya, biaya kuliah, dan masa depan saat memilih jurusan. 


Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, kamu dapat memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.


Demikianlah artikel tentang pertimbangan-pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal kemudian. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 comments