Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan - Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau disingkat karya ilmiah menurut Eko Susilo adalah suatu tulisan atau karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil penelitian, pengamatan, peninjauan dalam bidang tertentu, disusun menggunakan metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersatu bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya.

Baca juga: Materi Karya Tulis Ilmiah Terlengkap ini.

Berikut adalah 3 contoh karya tulis ilmiah (KTI) tentang pendidikan moral/karakter 2019 yang baik dan benar.

Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan Karakter Singkat & Lengkap


Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan Karakter Bangsa


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam di masyarakat, baik melalui media cetak, wawancara, dialog dan lain sebagainya. Persoalan yang mengemuka di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan yang terjadi di mana-mana, serta dunia politik yang menuai pro dan kontra menjadi salah satu topik hangat di masyarakat.

Berbagai alternatif penyelesaian masalah telah dilakukan seperti peraturan, undang-undang, penerapan hukum yang lebih kuat. Kepedulian masyarakat terhadap pendidikan budaya dan karakter bangsa juga telah menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah telah mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui Departemen Pendidikan Nasional. Karena itulah kami menjadi tertarik untuk menjadikan topik ini sebagai bahasan karya ilmiah yang akan kami tulis.

B. Rumusan Masalah

  1. Peristiwa apa sajakah yang kini marak terjadi sebagai bentuk penyimpangan dari karakter bangsa?
  2. Apa sebab-sebab terjadinya penyimpangan karakter tersebut?
  3. Bagaimana upaya mengurangi atau bahkan menghilangkan penyimpangan karakter tersebut?

C. Tujuan

Mengembangkan kebiasaan dan perilaku anak bangsa yang terpuji dan sejalan dengan karakter bangsa Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Peristiwa yang marak terjadi sebagai bentuk penyimpangan dari karakter bangsa

Ada banyak peristiwa yang tergolong penyimpangan karakter di Indonesia. Contoh kecil saja, di zaman modern ini banyak orang lupa beretika, lupa menjaga sopan santun, tak mau saling tolong menolong, tak bertanggung jawab, tidak tahu batas-batas pergaulan dan masih banyak lainnya. Hal sekecil itu saja sudah tidak terkendali, apalagi hal yang besar.

Realita saat ini, banyak makelar kasus, penggelapan pajak, korupsi, kejahatan yang dilakukan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab dan yang amat memprihatinkan adalah perilaku remaja Indonesia yang masih berada di usia sekolah.

Menurut survey yang dilakukan di 33 provinsi di Indonesia, pada tahun 2008 sekitar 18.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit HIV & AIDS, 63% remaja melakukan hubungan seksual di luar nikah, 21% diantaranya melakukan aborsi dan sekitar 3,2 juta penduduk Indonesia adalah pemakai narkoba dan 1,1 juta diantaranya adalah pelajar tingkat SMP - Mahasiswa. Keadaan inilah yang membuat keadaan negri ini semakin memburuk.

B. Sebab-sebab terjadinya penyimpangan karakter

Orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan anak sekaligus orang pertama kali yang memberikan kasih sayang.  Namun kenyataannya ada saja orang tua yang belum mengerti bagaimana cara mengasuh anak dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Buktinya, ada orang tua yang menitipkan anaknya pada baby sitter atau pembantu rumah tangga. Sehingga, anak tersebut mendapatkan pendampingan tumbuh dan berkembang bukan dari orang tuanya. Ada saja alasan mengapa orang tua menitipkan anaknya kepada orang lain. Salah satu alasannya karena harus mencari nafkah untuk membiayai anak tersebut, padat jam kerjanya dan sebagainya.

Peran kedua sebagai seseorang yang mengembangkan karakter anak adalah guru. Sebagai guru, hendaknya memiliki kemampuan dalam mendidik siswanya terutama sering-sering mengecek siswanya. Tidak hanya sekedar menghabiskan bab-bab buku pelajaran, sekedar menyampaikan informasi atau mengejar target kurikulum.

Peran ketiga adalah masyarakat atau tempat anak itu tinggal atau bermain dan bergaul. Anak bisa terkontaminasi kebiasaan buruk akibat pengaruh luar. Sehingga, sedini mungkin orang tua harus bisa menjaga anak-anaknya dari pengaruh luar yang negatif.

C. Upaya mengurangi atau bahkan menghilangkan penyimpangan karakter 

  • Bagi para orang tua, sebaiknya mulai dari sekarang belajar bagaimana mengasuh anak dengan baik dan benar dengan cara mengikuti parenting education.
  • Kedua, lebih memperhatikan anak dan mendampingi anak dalam situasi apapun.
  • Mengutamakan waktu bersama dengan keluarga walaupun jam kerja padat.
  • Bagi para guru, sebaiknya mulai menerapkan proses pembelajaran aktif dan menyenangkan serta membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam suatu mata pelajaran.
  • Guru menjadi contoh dan panutan di sekolah juga harus dapat memberi contoh yang baik kepada murid-muridnya, seperti berkata sopan, berpakaian rapi, disiplin, perhatian terhadap murid dan menjaga kebersihan.
  • Melakukan kegiatan-kegiatan rutin di sekolah seperti upacara bendera, berdoa sebelum dan sesudah mata pelajaran, mengucap salam bila bertemu guru atau teman.
  • Mengkoreksi perbuatan yang kurang baik secara spontan, misalnya menegur siswa ketika berteriak-teriak saat proses belajar mengajar.
  • Memuji perbuatan terpuji, misalnya apabila siswa itu mendapat nilai tinggi atau juga memperoleh prestasi.
  • Sekolah sebaiknya mendukung program pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam perwujudan misalnya toilet sekolah bersih, bak sampah terletak di berbagai tempat dan kondisi sekolah bersih.
  • Kita sendiri sebagai seorang pelajar, hendaknya menyaring hal-hal buruk bagi kita dan hal-hal baik menurut kita.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari berbagai uraian di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut:
  1. Di Indonesia sudah terjadi penurunan moral yang cukup memprihatinkan, sehingga seluruh lapisan masyarakat harus bertindak lebih lanjut atas hal ini.
  2. Pendidikan budaya dan karakter bangsa sangat berpengaruh pada prestasi siswa dan akhlak setiap individu.
  3. Orang tua dan guru merupakan orang pertama yang memberi bekal kepada anak-anak bangsa tentang pendidikan karakter sebelum anak tersebut terjun di masyarakat.
  4. Perilaku anak tergantung pemberian contoh dari orang tua dan gurunya.
  5. Keadaan lingkungan sekitar juga mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak.

Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan Anak Usia Dini (SD)


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sebuah peradaban akan menurun apabila terjadi demoralisasi pada masyarakatnya. Banyak orang bijak mengatakan bahwa faktor moral (akhlak) adalah hal utama yang harus dibangun terlebih dahulu agar bisa membangun sebuah masyarakat yang tertib, aman dan sejahtera.

Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah berat, yaitu terjadinya krisis multidimensi yang berkepanjangan. Masalah ini sebetulnya mengakar pada menurunnya kualitas moral bangsa yang dicirikan oleh membudayanya praktek KKN, konflik (antar etnis, agama, politisi, remaja, dsb), meningkatnya kriminalitas, menurunnya etos kerja, dan masih banyak lainnya. Budaya-budaya tersebut penyebab utama sulitnya negara kita untuk bangkit dari krisis.

Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Banyak pakar mengatakan kegagalan penanaman karakter sejak usia dini, akan membentuk pribadi yang bermasalah dimasa dewasanya kelak. Oleh karena itu penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin diberikan kepada anak-anak adalah kunci utama untuk membangun suatu bangsa.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pentingnya pendidikan karakter di sekolah dasar? 
  2. Bagaimana peran guru dalam pendidikan karakter di sekolah dasar?

C. Tujuan

Menjelaskan tentang pentingya pendidikan karakter di sekolah dasar dan bagaimana peran guru dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pentingnya Pendidikan Karakter di Usia Sekolah Dasar

Pendidikan karakter pada anak usia sekolah dasar (SD), saat ini sangat diperlukan karena bangsa Indonesia sedang mengalami krisis karakter dalam diri anak bangsa. Karakter disini adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak.

Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk dimulai pada usia dini dalam hal ini pada usia sekolah dasar. Karena pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur.

Sejatinya pendidikan karakter ini memang sangat penting dimulai sejak dini. Sebab falsafah menanam sekarang menuai hari esok adalah sebuah proses yang harus dilakukan dalam rangka membentuk karakter anak bangsa. Pada usia anak-anak terbukti sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30% berikutnya terjadi pada usia 8 tahun (SD), dan 20% pada pertengahan atau akhir dasawarsa kedua (SMP).

B. Peran Guru dalam Pengembangan Karakter di Sekolah Dasar

Ada beberapa strategi yang dapat memberikan peluang dan kesempatan bagi para guru untuk memainkan peranannya secara optimal dalam hal pengembangan pendidikan karakter peserta didik di sekolah, sebagai berikut:
  • Guru tak seharusnya menempatkan diri sebagai aktor yang dilihat dan didengar oleh siswa, tetapi guru seyogyanya berperan sebagai sutradara yang mengarahkan, membimbing, memfasilitasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan dan menemukan  sendiri hasil belajarnya.
  • Integrasi materi pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran.
  • Mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang berwawasan pengembangan budi pekerti dan akhlak mulia.
  • Penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya karakter siswa.
  • Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dan masyarakat dalam pengembangan pendidikan karakter. 
  • Menjadi figur teladan bagi peserta didik.

Dalam uraian di atas menggambarkan peranan guru dalam pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar yang berkedudukan sebagai katalisator atau teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen itu sendiri, yaitu kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan sekolah, pelaksana aktivitas atau kegiatan ekstrakulikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan etos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah.

B. Saran

Diharapkan dengan diterapkannya pendidikan karakter di SD dapat membentuk pribadi peserta didik yang unggul dalam berperilaku dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan moral-moral Pancasila dan agama. Untuk itu penerapan pendidikan karakter di SD sangat diperlukan, sehingga kita dapat menjadi manusia yang berpancasila dan bermoral.

Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan Karakter



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini di negara kita Indonesia sebenarnya tidak lepas dari persoalan "karakter". Pendidikan karakter seharusnya didapatkan sejak usia dini, malah membuat anak tersebut menyimpang dari apa yang diharapkan.

Hal ini seiring dengan kecendrungan bahwa seorang remaja yang sedang mencari identitas diri, selalu mencari hal baru, ditambah lagi dengan pengaruh kebudayaan asing yang kuat mempengaruhi generasi muda, hal ini dapat membuat mereka terjerumus lebih dalam kepada hal-hal negatif.

Realitas ini pada akhirnya mengunggah penulis melalui karya tulis ilmiah ini untuk kembali menghidupkan nilai-nilai pendidikan karakter yang dirasa saat ini mulai tergerus oleh laju arus globalisasi dan modernisasi yang tak terbendung lagi.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa makna dari pendidikan karakter? 
  2. Apa penyebab dari rusaknya karakter? 
  3. Bagaimana cara mengatasi berbagai permasalahan yang menyangkut rusaknya karakter di kalangan remaja?

C. Tujuan

Menjelaskan tentang pentingya pendidikan karakter dan penyebab rusaknya karakter serta bagaimana cara mengatasinya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar ataupun proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Sedangkan karakter bisa disebut juga karakteristik. Untuk menunjukkan eksistensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri.

Pengertian pendidikan karakter menurut Lickona. Pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa.

Sedangkan menurut Suyanto. Mendefinisikan karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa atau negara.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan, pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mengerti, menerapkan, dan mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ciri khas yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, ataupun negara.

B. Penyebab Rusaknya Pendidikan Karakter

Ada 3 penyebab utama rusaknya karakter bangsa Indonesia, yaitu:
  1. Pengaruh budaya luar. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri lagi. Banyak sekali budaya luar yang masuk ke Indonesia dan mungkin sudah menjadi budaya di kalangan remaja, akan tetapi hal tersebut belum tentu sesuai dengan karakter bangsa Indoensia yang mayoritasnya beragama Islam.
  2. Minimnya pengetahuan agama. Ini adalah hal penting yang harus ditanamkan pada diri masing-masing. Karena agama merupakan tuntunan dasar supaya tidak salah dalam melakukan setiap tindakan. Jika pondasi agama kuat, yakinlah kejahatan di Indonesia dapat diminimalisir.
  3. Salahnya sistem pendidikan kita. Terjadinya kerusakan moral di kalangan pelajar dan generasi muda sebagaimana disebutkan di atas, karena tidak efektifnya keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pembinaan moral. Bahkan ketiga lembaga tersebut satu dan lainnya saling bertolak belakang, tidak seirama, dan tidak kondusif bagi pembinaan moral.

C. Cara Mengatasi Kerusakan Karakter pada diri Remaja

Kerusakan karakter bangsa harus ada upaya untuk mengatasinya. Berikut menurut penulis hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut:
  • Memperkokoh keimanan atau akidah dengan jalan memberikan pengetahuan agama, baik di rumah, sekolah dan masyarakat.
  • Menanamkan perasaan dekat kepada Tuhan YME.
  • Mewujudkan lingkungan yang religius, baik melalui bahan bacaan, tontonan maupun lingkungan pergaulan.
  • Menumbuhkan tanggung jawab pengembangan amanah dakwah dengan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Pendidikan karakter di Indonesia belum berada pada tahap maju. Sehingga perlu diadakan perbaikan sistem pendidikan oleh pemerintah dalam memajukan pendidikan karakter anak bangsa di Indonesia. Keluarga, sekolah dan masyarakat juga memiliki tanggung jawab dalam memajukan karakter anak bangsa.

B. Saran

Pendidikan karakter bisa dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia agar siswa dapat memahami dan merealisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan karakter tak hanya menjadi tugas guru, bukan hanya di lingkup sekolah, pendidikan karakter harus dipikul pula oleh masyarakat secara luas. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat pun memanggul tugas memberikan karakter terhadap anak pada fase paling awal.

Itulah tadi 3 contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan karakter anak bangsa. Selanjutnya kalian bisa mengetahui juga contoh karya tulis ilmiah tentang kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana tentang Kesehatan [Lengkap]

Demikianlah artikel tentang contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan singkat dan lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments