Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Pada kesempatan kali ini MateriBindo membagikan artikel tentang teknik dan taktik dalam debat aktif.

Sebelumnya kita telah membahas pengertian debat aktif, tujuan, unsur dan langkah-langkah metode debat aktif.

Kembali kita mengingat terlebih dahulu pengertian debat adalah metode yang dirancang untuk memecahkan masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Teknik dan Taktik Debat Aktif

Kelebihan metode debat aktif ini adalah pada daya membangkitkan keberanian mental siswa dalam berbicara dan bertanggung jawab atas pengetahuan yang didapat melalui proses debat, baik di kelas maupun di luar kelas.

Tujuan dilakukannya metode debat aktif ini adalah untuk melatih siswa agar mencari argumentasi yang kuat dalam memecahkan suatu masalah yang kontroversial serta memiliki sikap yang demokratis dan saling menghormati terhadap perbedaan pendapat.

Terdapat 5 unsur-unsur dalam debat aktif yaitu yang pertama tema, kedua moderator, ketiga peserta, keempat pendengar, dan terakhir adalah alokasi waktu.

Semua pembahasan di atas telah kami bahas pada artikel sebelumnya. Disarankan bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu artikel kami sebelumnya.

Taktik dan Teknik Debat Aktif


Teknik debat aktif adalah cara, pengetahuan atau kepandaian melalui segala sesuatu yang berkenan dengan debat sehingga bermanfaat bagi penerapan debat.

Sedangkan taktik debat aktif adalah siasat, kecerdasan, tindakan atau daya upaya untuk mencapai maksud dan tujuan debat dengan suatu sistem atau cara tertentu.

Pada dasarnya teknik debat terdiri dari dua macam, sesuai dengan pengelompokannya, ada yang berposisi sebagai penguat usul dan ada yang menentangnya.

a. Teknik Mempertahankan Usul


Pada dasarnya teknik mempertahankan usul dalam debat dapat ditempuh melalui:

1) Taktik Penegasan


Dalam taktik penegasan satu item yang terkandung didalamnya adalah taktik pengulangan, taktik mempengaruhi, taktik kebersamaan, taktik kompromi, taktik diiyakan dan taktik kesepakatan.

2) Taktik Bertahan


Dalam taktik bertahan mencakup taktik mengelak, taktik menunda, takti membinasakan, taktik mengangkat, taktik terimakasih, taktik menggambarkan, taktik menguraikan dan taktik membiarkan.

b. Teknik Mempertentangkan Usul


Teknik ini dapat ditempuh melalui:

1) Taktik menyerang


Meliputi taktik bertanya balik, taktik provokasi, taktik antisipasi, taktik mengagetkan, taktik mencakup, taktik melebih-lebihkan dan taktik memotong.

2) Taktik menolak


Meliputi taktik memungkiri dan taktik kontradiksi.

Teknik dan taktik debat aktif di atas adalah cara efektif untuk mengawal proses perdebatan.

Demikianlah artikel tentang taktik dan teknik debat aktif. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR