Tulis kata kunci dan klik enter

author photo
By On
Contoh cerita dongeng binatang singkat - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 3 contoh dongeng tentang binatang yakni cerita kupu-kupu berhati mulia, singa dan lebah, terakhir kelinci pembohong.

Cerita dongeng yang kami berikan tentunya mudah dihafal bagi kalian yang mempunyai tugas sekolah untuk menceritakan dongeng ke depan kelas.

Contoh Dongeng Binatang (Cerita Hewan) Singkat Mudah Dihafal


#1 Kupu-Kupu Berhati Mulia


Pada suatu hari yang cerah, ada seekor semut yang sedak asik berjalan-jalan di taman. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang ada di sana.

Lalu, ia melihat sebuah kepompong yang menggantung di ranting. Semut itu mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. "Hai kepompong alangkah buruk nasibmu, kamu hanya bisa berdiam dan bergantung di situ. Ayo kita jalan-jalan lihat taman yang indah ini. Bagaimana nasib mu kalau ranting itu patah?" Kepompong hanya terdiam.

Hingga pada suatu hari, semut masih berjalan-jalan di taman itu, ternyata hujan pun turun hingga taman itu dipenuhi lumpur sehingga semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur. Semut itu berteriak minta tolong "Tolong,, bantu aku, aku mau tenggelam... tolong... toloongg aku!!"

Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang melintas kemudian kupu-kupu tersebut menjulurkan sebuah ranting ke arah semut "Semut, peganglah ranting ini erat-erat, nanti aku akan mengangkat ranting ini" Lalu si semut memegang ranting itu, kemudian dengan sekuat tenaga kupu-kupu mengangkat ranting itu.

Lalu ranting itu diturunkan di tempat yang aman. Semut sangat berterimakasih kepada kupu-kupu karena telah menyelamatkan nyawanya. "Aku adalah kepompong yang dahulu pernah kau ejek", kata si kupu-kupu.

Ternyata kepompong yang dahulu diejeknya telah menyelamatkannya, akhirnya sang semut berjanji untuk tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan lagi.

Sumber: mynewblogpvz10.blogspot.com/2015/08/cerita-fabel-singkat-kupu-kupu-berhati.html

#2 Singa dan Lebah


Pada suatu hari, ada seekor singa yang sedang tidur-tiduran di sebuah padang rumput. Karena perutnya sudah kenyang, ia pun tertidur. Di tengah-tengah tidurnya, datang seekor lebah terbang mengelilingi sang raja hutan tersebut.

Sang lebah hendak menghisap bunga yang berada di dekat singa itu. Suara lebah yang mendengung membuat singa terbangun. Sang singa merasa terusik dengan suara lebah.

"Mmmshhh.. awas kau lebah! Kau sudah mengganggu tidurku." Sang singa berusaha menangkap si lebah tapi dengan gesitnya lebah bisa menghindar. "Kau menyombongkan dirimu sebagai raja hutan. Tetapi aku tak takut padamu," ejek sang lebah.

Sang singa sangat marah, sementara itu lebah berusaha untuk menyengatnya. "Mengakulah kalah, taring dan cakarmu tidak mampu menyakiti diriku, nah sekarang giliranku." kata si lebah. Kemudian sang lebah menyengat sang raja hutan tersebut.

"Tolong..!!!" teriak si raja hutan sambil menggaruk wajahnya. Karena tak tahan, singa melompat ke sungai untuk meredakan sakit akibat sengatan lebah. "Sekarang akuilah kekalahanmu, wahai raja hutan," seru lebah.

Kemudian sang lebah terbang dengan congkaknya. Namun, tiba-tiba ia terjerat ke dalam sarang laba-laba. Ia berusaha keras untuk meloloskan diri. Namun laba-laba itu dengan cepat menyerang dan membunuhnya. "Oh,, tak pernah kubayangkan aku akan mati oleh makhluk sekecil ini setelah aku berhasil mengalahkan sang raja hutan," pungkasnya.

Sumber: bonekabercerita.blogspot.com/2011/11/singa-dan-lebah.html

#3 Kelinci Pembohong


Pada suatu hari di padang rumput nan hijau, hiduplah seekor kelinci yang nakal, setiap hari kerjaannya mengusili para penghuni padang rumput. Kemudian ia bertemu seekor kijang.

Ia melakukan kebiasaannya kepada sang kijang. Ia mempunyai ide untuk mengerjai sang kijang yaitu dengan berpura-pura lari sambil berteriak "Tolongg, ada singa".

Maka sambil berlari, sang kelinci berteriak "Tolong,,, ada singa... tolongg!", akhirnya sang kijang dan sekeluarga berlari tak beraturan, sampai anak sang kijang jatuh ke jurang.

Puaslah hati si kelinci, ia tertawa terbahak-bahak. Kemudian ia melanjutkan jalan-jalannya sambil mencari korban selanjutnya. Dari kejauhan, ia melihat sang kerbau. Ia pun melakukan hal yang sama kepada sang kerbau "Tolong.... ada singa.... tolong!" teriak kelinci, sambil berlari ke arah sang kerbau dan sekeluarga.

Tentu saja sang kerbau langsung lari terbiri-birit sampai istrinya yang sedang hamil, keguguran. Duka sang kerbau membuat sang kelinci senang.

Hari berikutnya sang kijang bertemu kerbau, mereka berdua menceritakan kejadian yang mereka alami. Selagi mereka berbicara masalah yang menimpa keluarganya disebabkan oleh si kelinci, tiba-tiba terdengarlah suara teriakan si kelinci dari kejauhan "Tolong... saya dikejar-kejar singa.. tolong!" tapi tidak ada yang peduli, "Ah, paling si kelinci itu membohongi kita" pikir mereka.

Sekuat tenaga sang kelinci berusaha untuk melarikan diri dari sang singa, tapi apa boleh buat, singa lebih cepat larinya. Akhirnya si kelinci mati, tanpa ada sesiapapun yang peduli.

Sumber: dongeng.org/kelinci-pembohong/

Baca juga: Dongeng [LENGKAP]: Pengertian, Ciri, Macam Jenis, Unsur, Struktur

Demikianlah artikel hari ini tentang 3 Contoh Dongeng Binatang (Cerita Hewan) Pendek Mudah Dihafal. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR