Type something and hit enter

Posted by On
Tuliskan dan jelaskan jenis-jenis surat niaga dan contoh surat niaga - Apa yang dimaksud dengan surat niaga? Dari nama jenis surat ini sudah dapat kita tafsirkan bahwa pengertian surat niaga merupakan surat yang di dalamnya berisi kegiatan niaga (bisnis), baik yang berhubungan dengan penawaran harga maupun penawaran kerja sama berniaga.

Menulis surat niaga atau surat dagang selalu terikat oleh kaidah-kaidah niaga itu sendiri. Dalam membicarakan masalah-masalah perniagaan, kita dituntut untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta pendekatan melalui kalimat-kalimat yang tepat dan menarik.

Apa saja jenis-jenis surat niaga? Macam-macam surat niaga yaitu:
  1. Surat Perkenalan
  2. Surat Permintaan Penawaran
  3. Surat Penawaran
  4. Surat Pesanan
  5. Surat Konfirmasi Pesanan
  6. Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang
  7. Surat Penolakan Pesanan  
  8. Surat Pengaduan
  9. Surat Jawaban Pengaduan 
  10. Surat Pengiriman Pembayaran 
  11. Surat Penagihan
  12. Surat Penangguhan Pembayaran
  13. Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran
  14. Surat Perjanjian Jual Beli
  15. Surat Sewa Menyewa
  16. Surat Kontrak Kerja
  17. Surat Kuasa

Jenis-Jenis Surat Niaga


Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam surat niaga beserta penjelasan dan contohnya.

Jenis Jenis Surat Niaga

#1 Surat Perkenalan


Apa yang dimaksud dengan surat perkenalan? Pengertian Surat Perkenalan adalah surat  yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli yang berisi kabar/informasi mengenai perusahaan penjual atau produk (barang/jasa) yang dijualnya supaya diketahui oleh calon pembeli sehingga perkenalan itu akan berkelanjutan dengan proses berikutnya menurut transaksi.

Contoh Surat Perkenalan Produk:

CV AGUNG JAYA
DISTRIBUTOR BUKU DAN ALAT – ALAT TULIS
Jl. Panorama no. 34, Kota Makasar – telp. 53574065 Makassar, 02 Mei 2018 No. : 23/A.1/II/2018
Lamp. : –
Hal : Perkenalan UsahaKepada Yth.
Kepala SMK Widya Bakti
Jl. Suryo Pranoto No. 54
Bangka Belitung

Dengan hormat,

Dalam rangka menunjang kelancaran penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis kantor di lingkungan lembaga pendidikan formal maupun non formal.Dengan ini kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyaluran buku – buku pelajaran dari berbagai penerbit serta alat tulis kebutuhan sekolah. Hingga saat ini telah melayani 200 sekolah di berbagai kota di P. Jawa baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan datang dapat membantu menyediakan pasokan buku – buku pelajaran, buku tulis, dan alat – alat tulis kebutuhan sekolah yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis. Atas perhatian Bapak kami ucapka terima kasih.

Hormat kami,

Ahmad Subari

#2 Surat Permintaan Penawaran


Apa yang dimaksud dengan surat permintaan penawaran? Pengertian Surat Permintaan Penawaran adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan pada penjual, dengan maksud meminta keterangan tentang barang-barang yang akan dibeli.

Dalam surat permintaan penawaran, calon pembeli bisa menuliskan tentang informasi apa saja yang diharapkan untuk bisa melakukan transaksi. Biasanya informasi umum yang dibutuhkan calon pembeli misalnya daftar harga, ketersediaan barang atau kapasitas, kualitas, syarat pembayaran, diskon, cara pemeliharaan dan lain-lain.

Jadi singkatnya surat permintaan penawaran adalah surat yang berisi permintaan suatu informasi atau keterangan (harga, diskon, pembayaran dan lain sebagainya) yang dibuat calon pembeli kepada penjual.

Contoh Surat Permintaan Penawaran Produk AC

TOKO NANA ELEKTRONIK
Jl. Panglima No. 123
Surakarta
Surakarta, 30 April 2018No          : 11/SPM/PMT/2018
Perihal    : Permintaan PenawaranKepada Yth.
PT MAJU TERUS
Jln. Sudirman No 16
Kediri

Dengan Hormat,

Kami beritahukan kepada PT. MAJU TERUS, bahwa kami ingin memperluas usaha dagang kami dalam bidang elektronik aitu AC merk Panasonic.Perlu diketahui bahwa konsumen di Toko kami semakin meningkat. Akan tetapi, perusahaan kami belum dapat memenuhi permintaan calon pembeli yang membutuhkan AC terutama merk Panasonic.Berkenaan dengan hal tesebut, dengan ini kami mohon PT MAJU TERUS mengirimkan daftar harga dan brosur AC merk Panasonic yang disertai keterangan-keterangan berikut ini :
  1. Syarat pembayaran
  2. Syarat penyerahan barang
  3. Syarat pengiriman barang
  4. Diskon yang Saudara berikan

Demikian surat permintaan penawaran ini kami buat, semoga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan. Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami, 

Anton Sanjaya

#3 Surat Penawaran


Apa yang dimaksud dengan surat penawaran? Pengertian Surat Penawaran barang & jasa adalah surat yang dibuat buat memperlihatkan maksud suatu pihak yang ingin menjalin kerjasama usaha/bisnis denngan pihak lain. Bentuk kerjasama tersebut umumnya adalah untuk aktivitas jual-beli barang / jasa, atau penawaran kerjasama usaha/bisnis.

Isi pokok/utama surat ini adalah mengungkapkan informasi tentang produk yang dijual, baik berupa harga, kualifikasi, cara pembayaran & lain-lain. Surat ini bisa dibuat karena membalas surat permintaan penawaran atau karena kebutuhan sendiri. Jika sebagai jawaban, maka isinya wajib mengacu pada informasi yang diminta oleh pengirim surat permintaan penawaran.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

PT. KARYA ILMIAH
Jln. Anggrek No. 69 MADIUN
No. Telp 0856449836632 karyailmiah@gmail.com
Madiun, 25 September 2017Hal : Penawaran Kerjasama
Lamp. : Katalog

Kepada Yth,
Bpk. Afifuddin
Pimpinan CV. Karya Nusantara
Jln. Bumi Hijau No. 36 SurabayaDengan hormat,

Kami dari PT. Karya Ilmiah bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Karya Nusantara untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa:1. Perlengkapan Sound System
2. Interior DapurKami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Karya Nusantara jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Karya Nusantara tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
PT. Karya IlmiahAdnan Syarief, SE
Manager Pemasaran

#4 Surat Pesanan


Apa yang dimaksud dengan surat pesanan? Pengertian Surat Pesanan adalah surat yang dibuat oleh pembeli kepada penjual yang isinya memesan/meminta produk yang akan dibeli.

Surat ini bisa dibuat lantaran adanya iklan/penawaran yang masuk atau karena kebutuhan. Isinya yang paling penting adalah mengungkapkan nama & jenis barang yang dipesan berikut dengan harganya, juga disertai dengan cara pembayaran yang diinginkan. Bila pembayaran menggunkaan uang muka yang dikirim melalui bank, maka bukti pengiriman/transfer wajib dilampirkan.

Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik

CV. PANTANG MUNDUR
Jl. Kentang No. 123
Banda Aceh
Banda Aceh, 24 April 2018Nomor: 255/IM/IV/2018
Lampiran: –
Hal: Pesanan Barang ElektronikKepada PT. Elektro
Jln. Buntu No. 202
JakartaDengan Hormat,Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik sebagai berikut :
  1. 22 Unit Kulkas
  2. 20 Unit Mesin Cuci
  3. 30 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit AC
Pembayaran kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Sinta Sari


#5 Surat Konfirmasi Pesanan


Apa yang dimaksud dengan surat konfirmasi pesanan? Pengertian Surat Konfirmasi Pesanan adalah surat yang bertujuan untuk meyakinkan bahwa barang yang telah dipesan benar-benar sudah fix, serta untuk menghindari kesalahan order pembeli.

Jika memang pesanan sudah benar maka proses penjualan akan segera dilakukan. Penjual memiliki ketentuan yang salah satunya barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.

Bagi penjual, surat konfirmasi pesanan ini adalah salah satu surat niaga yang penting untuk diperhatikan dan dijalankan di tokonya. Inti surat konfirmasi pesanan adalah memberitahukan detail barang pesanan seperti nama dan jenis barang, syarat jual-beli, jumlah pembelian dan juga harganya.

Contoh Surat Konfirmasi

PT KIVANO MERDEKA

Jalan Mangga Dua No.11Jakarta
No: 104 / KK / I / 15     17 Januari 2015
Hal : Konfirmasi pesanan

Yth.Manajer Pemasaran PT Alam Raya

Dengan hormat,

Terimakasih atas pesanan Saudara pada tanggal 15 Januari 2015 via telepon. Dengan ini, kami menginformasikan barang – barang yang Saudara pesan dengan syarat sebagai berikut

1.   6 unit setrika listrik merek National volt 220 / 450 W@ Rp250.000     Rp 1.500.000,002.     

5 unit lemari es merek Sharp, tipe / ukuran 12 feet 2 pintu @Rp1.500.000  Rp 7.500.000,00

Total                                                                                        Rp 9.000.000,00

Terbilang          : Sembilan juta rupiah
Pembayaran      : Cash on delivery
Penyerahan       : Franco

Setelah ditandatangani, lembar aslinya diserahkan kepada kami.

Menyetujui                                                                               Hormat kami,

Pemesan
                                                                                                Aris Setiawan

                                                                                                Direktur


#6 Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang


Surat ini dibuat oleh penjual sebagai jawaban atas permintaan/pesanan pembeli, berisi mengenai pemberitahuan bahwa pesanan disetujui dan siap dikirim.

Disamping bermanfaat bagi pembeli untuk tahu, dan juga supaya pembeli bisa mempersiapkan diri dalam menerima barang tersebut. Surat ini umumnya hanya dibuat dalam pengiriman barang partai besar & jauh.

Dalam surat ini dijelaskan tentang jenis barang & jumlahnya. Juga menggunakan alat angkut apa yang digunakan dan perkiraan barang akan sampai ditempat pembeli. Jika diperlukan supaya lebih jelas dilampiri dengan dokumen-dokumen pengiriman, asuransi dan packing list.

Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

PT. ELEKTRONIK MAJU

Jalan Buntu No. 202

Jakarta                                                                                    10 Februari 2015

Nomor       : 205/EM/IV/2015

Lampiran  : 2 (dua) lembar

Hal            : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada

CV INGIN MAJU

Jalan Ketapang No. 10a

Banda Aceh

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 28 Desember 2014 dengan Nomor: 255/IM/IV/2014 perihal pesanan barang elektronik sudah kami terima dengan baik.


Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan telah kami kirim dengan paket kilat ELTEHA. Barang pesanan dikemas menggunakan pengepakan khusus dan kertas rumput agar tidak mengalami kerusakan ditengah perjalanan.

Bersama ini pula kami lampirkan packing list beserta faktur seharga Rp 255.000.000,00 (dua ratus lima puluh lima juta empat rupiah) atas pembelian:

1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit Ac

Bersama barang pesanan kami kirimkan pula hadiah langsung berupa 1 Unit TV Led Panasonic 20" karena Saudara memesan sebelum tanggal 01 Januari 2015, sesuai dengan penawaran dari kami. Setelah barang diterima hendaknya pembayaran segera dilunasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

PT. ELEKTRONIK MAJU

IKHSAN

Manajer Penjualan


#7 Surat Penolakan Pesanan


Surat penolakan umumnya dikirimkan oleh penjual jika mereka tidak bisa memenuhi permintaan pembeli karena suatu hal. Supaya tidak mengecewakan pembeli, surat penolakan pesanan sebaiknya dibuat dan dikirimkan sesegera mungkin.

Contoh Surat Penolakan Pesanan

PT. SUMBER ABADI
Jl.Kebumen No. 40 Purwokerto
Telp (021) 554045
Nomor : 050/SA/lV/2014 10 April 2014

Yth,Manager
PT. Nusantara Jaya
Jl. Hayam Wuruk No. 04

Bandung

Perihal : Penolakan pesanan

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 04 April 2014 dengan No. 054/NI/lV/2014, yang berisi pesanan 10 komputer merk Toshiba dengan pembayaran yang akan dilakukan secara cash on delivery.

Untuk Saudara ketahui, bahwa persediaan barang untuk komputer merk Toshiba diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 20 April 2014, maka dengan sangat menyesal pesanan saudara tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

Kaami yakin Saudara dapat memahami alasan tersebut.Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Selalu Sukses

Al- Ghazazi

Direktur

#8 Surat Pengaduan


Apa yang dimaksud dengan surat pengaduan? Pengertian Surat Pengaduan adalah surat yang dibikin oleh pembeli yang ditujukan kepada penjual untuk memberitahukan bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, disertai dengan cara penyelesaiannya.

Hal-hal seperti ini sering terjadi dalam dunia bisnis, walaupun jual-beli sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Contoh Surat Pengaduan Barang

TOKO INGIN MAJU

Jln. Ketapang No. 10a

Banda Aceh

25 Maret 2015
Nomor :  35/IM/IV/2015

Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Hal        :  Pengaduan Kerusakan Barang

Lamp     :  1 (satu) lembar faktur

Dengan hormat,

Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

1. 22 Unit Kulkas

2. 20 Unit Mesin Cuci

3. 30 Unit TV

4. 10 Unit Kipas Angin

5. 5 Unit AC

Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih

Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU
IKHSAN
Pemilik

#9 Surat Jawaban Pengaduan


Apabila penjual menerima surat pengaduan, penjual harus secepat mungkin menjawab surat tersebut dengan surat jawaban pengaduan. Isi dari surat ini intinya adalah ucapkan terimakasih, sampaikan penyesalan, berikan keputusan, bila masalah terjadi, berikan saran, dan yakinkan pembeli bahwa masalah tersebut tidak akan terjadi lagi.

Contoh Surat Jawaban Pengaduan Barang

PT. ELEKTRONIK MAJU

Jln. Buntu No. 202
JAKARTA
Nomor :  305/EM/IV/2015                                                       1 April 2015

Kepada
Yth. Pemilik Toko Ingin Maju
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Hal       :  Penggantian Kerusakan Barang
Lamp   :  1 (satu) Lembar Faktur

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 25 Maret 2015 dengan Nomor: 35/IM/IV/2015 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara, kami segera melakukan pengecekan dan ternyata karyawan kami melakukan kesalahan dalam pengepakan sehingga barang pesanan Saudara banyak mengalami kerusakan. Atas kesalahan tersebut, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya.

Selanjutnya kami akan segera mengirimkan 5 unit TV yang baru sebagai pengganti barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan, kami harap Saudara senang menerimanya. Faktur asli pesanan Saudara telah kami kirimkan.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

PT ELEKTRONIK MAJU
IKRAM SYAHPUTRA
Manajer Penjualan

#10 Surat Pengiriman Pembayaran


Setelah pembeli menerima kiriman barang produk seperti yang dipesannya dan tidak ada masalah dengan produk tersebut, maka pembeli wajib melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.

Surat ini hanya dibuat bila pembayaran dilakukan tidak secara cash ketika produk barang diterima oleh pembeli atau dibayarkan secara langsung. Yang perlu dicantumkan dalam surat ini adalah:
  • Hubungkan dengan surat pesanan dan pemberitahuan pengiriman barang.
  • Sebutkan jumlah uang yang sudah dibayarkan.
  • Jelaskan cara pembayaran.
  • Lampirkan bukti pembayaran.
  • Jika tidak bisa membayar secara penuh, jelaskan alasannya.

Contoh Surat Pengiriman Pembayaran

CV. INGIN MAJU

Jalan Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Nomor: 210/EM/IV/2015                                                                 30 April 2015

Kepada

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jalan Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Hal           : Pengiriman Pembayaran
Lampiran  : Bukti Pengiriman Pembayaran

Dengan hormat,

Kami beritahukan bahwa kiriman barang Saudara tanggal 25 April 2015 telah kami terima dengan baik. Kami sangat senang atas pelayanan yang Saudara berikan.

Sesuai dengan persetujuan bahwa total pembayaran barang yaitu sebesar Rp 70.000.000,00 (Tujuh puluh juta rupiah). Kami kirimkan Rp 50.000.000,00 (Lima puluh juta rupiah) melalui Bank BRI Cabang Jakarta Pusat. Sisanya sebesar Rp 20.000.000,00 (Dua puluh juta rupiah) akan kami lunasi pada tanggal 4 Mei 2015. Bersama ini pula kami lampirkan bukti pembayaran.

Atas perhatian dan pelayanan baik dari Saudara kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami

CV. INGIN MAJU
IKHSAN

Kabag. Keuangan

#11 Surat Penagihan


Surat penagihan dibuat oleh penjual kepada pembeli karena pembeli sampai batas waktu yang sudah disepakati sebelumnya belum juga membayar/menulasi kewajibannya atau dengan kata lain pembeli masih berutang kepada penjual. Inti dari surat ini adalah meminta pembeli untuk segera menulasi/membayar utangnya.

Contoh Surat Penagihan Pembayaran

PT. ELEKTRONIK MAJU

Jl. Buntu No.202

Jakarta Pusat

=======================

Nomor : 203/EM/V/2015 20 Mei 2015

Lamp : Faktur

Hal : Penagihan Pembayaran

Kepada

CV. Ingin Maju

Jl. Ketapang No. 10a

Banda Aceh

Dengan hormat,

Bersama ini kami beritahukan bahwa menurut pembukuan kami , bapak masih memilki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) sesuai faktur No.210/EM/IV/2015 yang salinanya kami sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah 5 bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berharap bapak akan segera melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

PT. ELEKTRONIK MAJU

IKRAM SYAHPUTRA, SE

Manager Keuangan


#12 Surat Penangguhan Pembayaran


Surat penangguhan pembayaran dibuat oleh inisiatif pembeli karena menerima surat penagihan.

Isi dari surat penangguhan pembayaran meliputi pernyataan tentang adanya suatu hal yang membuat pembeli tidak bisa membayar sesuai perjanjian sebelumnya. Dan juga dalam surat ini berisi permohonan penjadwalan ulang pembayaran yang telah dijanjikan.

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran

CV. INGIN MAJU

Jl. Ketapang No. 10a

Banda Aceh
======================================================================
Nomor  : 45/IM/IV/2015                                                       25 Nopember 2013

Hal       : Penangguhan Pembayaran

Kepada

PT ELEKTRONIK MAJU

Jl. Buntu No. 202

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2015 tertanggal 20 Mei 2015 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2015 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.

Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).


Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

CV Ingin Maju

Ikhsan

#13 Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran


Surat jawaban penangguhan pembayaran dibuat oleh penjual apabila pembeli mengirimkan surat penangguhan pembayaran.

Isi suratnya yaitu sampaikan bahwa surat permohonan penangguhan telah diterima, bila penjual dapat memahami permasalahan, nyatakan persetujuannya dan kemudian buat keputusan tentang cara pembaarannya, namun bila tidak setuju, yakinkan bahwa permasalahan akan segera berakhir.

Contoh Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran

PT Devloper Sofware

Jl. Buntu No. 202

Jakarta Pusat

=================================

Nomor : 45/IM/IV/2015 25 Desember 2015

Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada

CV Grobakz Seo Team

Jl. Maju Terus

Purwokerto

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2015 tertanggal 1 Desember 2015 perihal penangguhan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan segala pertimbangan kami beritahukan bahwa kami akan memberikan waktu pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2015 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik. Kami berikan kebijakan untuk melunasi pembayaran dalam jangka waktu 2 minggu dari waktu yang telah ditentukan

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

PT Devloper Sofware

Rastafara


#14 Surat Perjanjian Jual-Beli


Apa yang dimaksud dengan surat perjanjian? Pengertian Surat Perjanjian adalah surat yang dibuat antara pihak penjual dengan pihak pembeli yang berisi kesepakatan mengenai hak dan kewajiban.

Surat perjanjian jual beli nantinya untuk memberikan kepastian dari pembayaran dan penyerahan barang. Dengan kata lain sebagai tahap akhir kesepakatan, surat perjanjian jual beli dimaksudkan supaya kedua belah pihak memenuhi kewajiban dan haknya masing-masing.

Contoh Surat Perjanjian Jual-Beli


SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH
Pada hari ini selasa tanggal 19 November 2016 yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Waluyo
Umur : 50 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jln. Kupanglima Klaten
Sebagai penjual disebut pihak pertama, telah mengadakan perjanjian jual beli dengan:
Nama : Nuriadi
Umur : 24 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jln. Semenromo Sukoharjo
Sebagai pembeli selanjutnya disebut pihak kedua, isi perjanjian tersebut:
Pasal I
Pihak kedua telah menyerahkan uang sebesar Rp. 164.000.000,00,- (seratus enam puluh empat juta rupiah) sebagai penjualan sebidang tanah berikut bangunan di atasnya.
Pasal II
Apabila suatu hari akan terjadi perselisihan atas sebidang tanah dan rumah tersebut kedua pihak terkait berjanji tidak akan membawa perkara kemuka pengadilan, namun akan menyelesaikannya secara kekeluargaan.
Pasal Penutup
Perjanjian ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa ada paksaan dari pihak manapun serta dibuat rangkap tiga dengan kekuasaan hukum.
Sukoharjo, 21 November 2016
Pihak Kedua                              Pihak Pertama
Waluyo                                           Adnan
Saksi-saksi
1. Bpk. Fauzi ……………..
2. Bpk. Supriatno ……………..
3. Bpk. Dani ……………..

#15 Surat Sewa-Menyewa


Apa yang dimaksud dengan surat sewa-menyewa? Pengertian Surat Perjanjian Sewa Menyewa adalah surat yang dibuat oleh kedua belah pihak (penyewa dan pemberi sewa) dalam rangka untuk menyewa sebuah benda yang mana isinya memuat kesepakatan bersama.

Contoh Surat Perjanjian Sewa-Menyewa Mobil

Pada hari ini _______________ tanggal _____, tahun, ________, telah dibuat dan ditandatangani perjanjian sewa oleh dan antara para pihak sebagai berikut:
Nama :
Pekerjaan :
Alamat :
No KTP :
Sebagai pihak yang menyewakan, untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA,
Dan
Nama :
Pekerjaan :
Alamat :
No KTP :
Sebagai pihak penyewa, untuk selanjutnya disebut “PIHAK KEDUA”.
MENGINGAT:
Bahwa PIHAK KEDUA berkeinginan untuk menyewa mobil dengan ciri-ciri:
Tipe : (____________________)
Warna : (____________________)
CC : (____________________)
Kapasitas : (____________________)
MAKA, berkenaan dengan keterangan-keterangan tersebut di atas, kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan Perjanjian Sewa-Menyewa Mobil (selanjutnya disebut “Perjanjian” .
Berdasarkan hal tersebut di atas Para Pihak sepakat untuk saling mengikatkan diri dalam suatu perjanjian sewa ini dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagai berikut:
Pasal 1
OBYEK PERJANJIAN
1. Obyek sewa dalam perjanjian ini yaitu mobil seluas merk ________ tipe ________ keluaran tahun __________ warna ________ sebagaimana BPKB no, selanjutnya disebut MOBIL.
2. PIHAK KESATU menjamin bahwa MOBIL tersebut adalah Hak PIHAK PERTAMA.
Pasal 2
JANGKA WAKTU DAN HARGA SEWA
a. PIHAK PERTAMA setuju MOBIL disewa oleh PIHAK KEDUA, dengan jangka waktu dan harga yang disepakati oleh Kedua belah Pihak sebagaimana ditentukan dalam perjanjian ini.
b. Jangka waktu sewa selama ____ tahun terhitung mulai tanggal _______________ dan berakhir pada tanggal _____________________ dengan harga sewa sebasar Rp.___________,- (_____________________) tidak termasuk PPN.
c. PIHAK KEDUA berkewajiban membayar lunas harga sewa kepada PIHAK PERTAMA senilai tersebut huruf a Pasal ini selambat-lambatnya bulan __________________.
d. PIHAK KEDUA mempunyai hak Opsi untuk memperpanjang sewa Mobil, perpanjangan mana harus diajukan tertulis oleh PIHAK KEDUA selambat-lambatnya _____(____) bulan sebelum perjanjian ini berakhir.
Pasal 3
MASA PERCOBAAN
1. PIHAK KEDUA dapat melakukan uji coba operasional dan penyesuaian mobil pada periode bulan _________ sampai dengan ________________, atas biaya PIHAK KEDUA termasuk biaya-biaya perbaikan mobil yang diperlukan.
2. Apabila dalam masa uji coba, ternyata diperlukan perbaikan-perbaikan mobil dalam kategori berat untuk menunjang produksi komoditi PIHAK KEDUA sehingga diperlukan biaya yang cukup besar maka hal tersebut dapat dimusyawarahkan dengan PIHAK KESATU.
Pasal 4
LAIN-LAIN
a. Dalam jangka sewa berjalan PIHAK KEDUA berkewajiban merawat dan memelihara mobil sebagaimana layaknya pemilik tidak terbatas pada perawatan dan pemeliharaan tetapi juga termasuk perbaikan.
b. PIHAK KEDUA dilarang melakukan pengalihan hak sewa kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari PIHAK KEDUA.
c. PIHAK PERTAMA diberikan ijin oleh PIHAK KEDUA untuk sewaktu-waktu meninjau MOBIL, dengan pemberitahuan terlebih dahulu.
d. Dalam hal berakhirnya perjanjian PIHAK KEDUA berkewajiban untuk mengembalikan MOBIL secara utuh dalam keadaan berfungsi normal dan semua penambahan-penambahan yang telah dilakukan PIHAK KEDUA sepenuhnya terhadap MOBIL menjadi hak PIHAK PERTAMA.
e. Segala sesuatu yang belum diatur dalam perjanjian ini, diatur kemudian dalam suatu addendum yang merupakan satu kesatuan dengan perjanjian ini.
f. Dalam hal terjadi perselisihan, Kedua Belah Pihak sepakat untuk menyelesaikanya dengan cara musyawarah untuk mufakat, dan bila tidak terjadi kesepakatan, Kedua belah Pihak memilih domisili hukum di Pengadilan Negeri ___________.
Demikianlah Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani dalam rangkap 2 (dua), keduanya mempunyai kekuatan hukum yang sama.
PIHAK PERTAMA
Materai Rp. 6000


____________________
PIHAK KEDUA



____________________

#16 Surat Kontrak Kerja


Apa yang dimaksud dengan surat kontrak kerja? Pengertian Surat Kontrak Kerja adalah surat yang dibuat untuk mempermudah kerja sama antara pegawai dengan pihak pemilik perusahaan atau lembaga.

Tujuan pembuatan surat ini adalah untuk mempermudah pegawai dan pihak yang berkaitan mendapatkan kejelasan antara hak dan kewajiban dalam pekerjaan.

Contoh Surat Kontrak Kerja


Surat Perjanjian Kerja Karyawan
Nomor:———————-
Bertanda tangan di bawah ini:
1. Nama : James Bond
Jabatan : Ketua
Alamat : Jl. Kelapa Muda No. 5, Jakarta Pusat
Dalam surat ini atas nama direksi …………………………. yang memiliki kedudukan di ………………….. dan kemudian disebut pihak pertama.
2. Nama : Tukimin
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 20 November 1980
Pendidikan terakhir : S1
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. Srikandi No. 8, Jakarta Utara
No. KTP : 0092130001211
No. Hp : 089211342445
Dalam surat ini bertindak atas kemauan sendiri dan kemudian disebut pihak kedua.
Pasal 1
Mulai Bekerja
Semua pihak menyetujui dan sepakat karyawan akan bekerja pada tanggal 10 Januari 2017.
Pasal 2
Posisi dan Tugas
Perusahaan dengan surat ini menunjuk karyawan untuk menerima posisi kerja sebagai Sales Manager. Karyawaan bersedia dan memiliki kewajiban untuk melaksanakan segala aktivitas sebagaimana posisi yang sudah ditentukan.
Psal 3
Gaji dan Tunjangan
1. Karyawan memperoleh gaji pokok Rp. 3.000.000,00 per bulan.
2. Gaji karyawan paling lambat dibayar pada hari terakhir di bulan yang bersangkutan.
3. Tunjangan karyawan terdiri dari tunjangan tetap dan tidak tetap untuk yang memiliki hak.
Pasal 4
Berakhirnya Perjanjian Masa Kerja
1. Kedua belah pihak bisa memutuskan perjanjian kapan pun waktunya dengan memberi kabar tertuils terlebih dahulu dalam jangka 30 hari sebelum pengunduran diri. Perusahaan bisa memutus perjanjia ini sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati.
2. PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan sebab melanggar oleh puhak kedua atau hal lain yang merugikan pihak pertama, pihak pertama tidak harus memberikan pesangon.
Pasal 5
Lain-lain
Demikian surat perjanjian kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya, disetujui, dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, dibuat rangkap dua, masing-masing memiliki kekuatan hukum yang sama. Satu disimpan pihak kedua dan satunya lagi disimpan oleh pihak pertama.
Jakarta, 1 Desember 2016
Karyawan Direksi
Tukimin James Bond


____________________


#17 Surat Kuasa


Apa yang dimaksud dengan surat kuasa? Pengertian Surat Kuasa adalah surat yang dibuat dengan maksud untuk memberikan kuasa atau wewenang kepada orang-orang tertentu yang dapat dipercaya oleh pemberi kuasa sehingga memiliki wewenang untuk bertindak sebagaimana pemberi kuasa.

Contoh Surat Kuasa

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap : Mayang Wulan Abimayu
No. KTP : 09.3007.240241.00001
Tempat, Tanggal Lahir : Kalimantan Selatan, 12 Juni 1997
Alamat : Jln.Bumi Asri Sengkaling RT.03/RW.06, Malang

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan kuasa kepada :

Nama Lengkap : Gigih Galih Prakoso
No. KTP : 09.3007.240156.00001
Tempat dan Tanggal Lahir : Pasuruan, 06 Desember 1998
Alamat : Jln. Imam Bonjol RT.03/RW.05, Pasuruan

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil ijazah asli dan transkrip nilai beserta fotokopi yang sudah di legalisir dan menandatangani surat-surat yang berhubungan dengan pengambilan ijazah sekolah.

Setiap resiko yang muncul akibat adanya surat kuasa ini secara penuh adalah tanggung jawab saya. Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sesungguh-sungguhnya agar dipakai sebagaimana seharusnya.

Makassar, 8 Maret 2016

Penerima Kuasa

Pemberi Kuasa

(Gigih Galih Prakoso)

(Mayang Wulan Abimayu)

Baca juga: Pengertian Surat Niaga, Ciri, Struktur, Jenis

Demikianlah artikel hari ini tentang jenis-jenis surat niaga beserta contoh surat niaga. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 comments