Type something and hit enter

Posted by On
Contoh Teks Diskusi - Apa yang dimaksud dengan diskusi? Pengertian diskusi menurut Kamus Ilmiah Populer diartikan sebagai pembahasan bersama mengenai suatu masalah, saling tukar pikiran, bahas-membahas tentang suatu hal.

Beberapa contoh teks diskusi yang akan kami berikan yaitu tentang teknologi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, narkoba, dan internet beserta strukturnya.

Adapun struktur teks diskusi terbagi atas 4 bagian, antara lain isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan kesimpulan. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut.
  • Isu: berisi masalah yang akan didiskusikan secara bersama-sama
  • Argumen mendukung: berisi argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan diskusi.
  • Argumen menentang: berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukung.
  • Kesimpulan: hasil akhir yang berisi kesimplan dan rekomendasi tentang suatu isu yang dibahas.
Contoh Teks Diskusi SINGKAT beserta Strukturnya

Diskusi bertujuan untuk menyatukan pendapat, pola pikir, persepsi dari beberapa anggota dalam rangka pengambilan keputusan. Berikut ini adalah contoh teks diskusi lengkap beserta struktur teksnya.

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi


#1 Handphone dan Anak-anak

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi "Handphone dan Anak-anak"

Isu


HP atau Handphone atau orang-orang sekarang lebih sering menggunakan Smartphone adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan komunikasi.

Tidak hanya komunikasi saja, Smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun. Walaupun begitu, banyak terjadi pro dan kontra dalam hal pemberian HP untuk anak-anak.

Argumen mendukung


Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapanpun dan dimanapun.

Selain itu juga, dengan adanya HP atau Smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Argumen menentang


Sedangkan pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih ini.

Hal ini disebabkan karena tidak semua informasi-informasi di internet itu baik, banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, dengan memberikan HP kepada anak-anak membuat ia menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena ia lebih asyik bermain game di hpnya.

Kesimpulan


Berdasarkan kedua argumen diatas, kesimpulan yang dapat kita dapat adalah bahwa pemberian hp untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya.

Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan akan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Sumber: www.informasibelajar.com/contoh-teks-diskusi/

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan


#2 Full Day School

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan "Full Day School"




  









Isu


Full day school merupakan suatu program yang meminta siswa-siswi mengikuti proses belajar
mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00 - 16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini.

Argumen mendukung


Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi tebaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi.

Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasaan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guru dengan mengajar 24 jam per minggu.

Argumen menentang


Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan.

Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Kesimpulan


Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan.

Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.

Jadi ada baiknya, mari kita jadikan kegiatan ini dapat diseimbangkan dengan sarana dan prasarana yang memadai dan kegiatan yang menyenangkan dan juga menarik.






Sumber: myuniverseandsea.blogspot.com/2017/09/contoh-teks-diskusi-beserta-struktur.html

Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba


#3 Pro Kontra Ganja sebagai Obat

Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba "Ganja"

Isu


Tahun lalu, kita dikejutkan oleh berita ditangkapnya Fidelis Ari Sudarwoto oleh petugas BNN Kabupaten Sanggau karena didapati sengaja menanam pohon ganja sebanyak 39 batang pohon.

Fidelis beralasan ia sengaja menanam ganja untuk mengobati istrinya yang mengidap penyakit syringomyelia yakni kista berisi cairan yang tumbuh di dalam sumsum tulang belakang.

Sebelumnya berbagai upaya pengobatan telah ia lakukan ternyata tidak ada yang membuahkan hasil selain dengan ekstrak ganja. Informasi ini ia dapatkan dari luar yang menyatakan bahwa ekstrak ganja dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit syringomyelia yang diderita istrinya.

Namun istrinya meninggal dunia setelah Fidelis ditangkap oleh BNN. Banyak pro dan kontra yang bermunculan terkait digunakannya ganja sebagai pengobatan.

Argumen mendukung


Dari berbagai literatul disebutkan bahwa ganja digunakan sebagai pengobatan sejatinya telah dilakukan oleh manusia paling tidak selama 3000 tahun. Berbagai hasil studi menunjukkan bahwa ganja dapat digunakan untuk berbagai pengobatan diantaranya menghilangkan rasa sakit, membantu orang kecanduan alkohol, menghilangkan stress, dan lainnya.

Argumen menentang


Sementara itu, mereka yang tidak setuju ganja digunakan sebagai pengobatan berpendapat bahwa ganja sangat berbahaya. Hal ini didasarkan atas beberapa hasil studi yang menunjukkan bahwa ganja dapat menimbulkan masalah kesehatan mental, menyebabkan kanker testis, dan pernapasan terganggu.

Kesimpulan


Dari berbagai hasil studi yang telah dilakukan oleh para pakar menunjukkan bahwa ganja dapat memberikan manfaat dan keburukan sekaligus bagi kesehatan.

Meskipun ganja dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia namun hal ini tidak memungkinkan untuk melegalkan penggunaan ganja sebagai obat di Indonesia menurut Undang-Undang.

Untuk itu, diperlukan penelitan lebih lanjut untuk mengetahui dampak digunakannya ganja sebagai obat agar kejadian yang dialami Fidelis tidak terulang lagi.

Sumber: dosenbahasa.com/contoh-teks-diskusi-tentang-narkoba

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan


#4 Pro Kontra Dampak Kopi terhadap Kesehatan

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan "Kopi"

Isu


Dampak meminum kopi terhadap kesehatan acapkali menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

Bahkan di Amerika Serikat diwajibkan bagi perusahan-perusahaan kopi untuk menyertakan label peringaan di kemasan kopi mereka, akan suatu bahan kimia pemicu kanker yang terkandung di dalam minuman tersebut.

Argumen mendukung


Bahan kimia yang disebut dapat memicu kanker tersebut adalah acrylamide, suatu bahan yang juga dapat ditemukan di beberapa makanan dan asap rokok. Walau acrylamide dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit kanker pada penelitan-penelitian yang telah dilakukan pada tikus, keterkaitan ini tidak ditemukan pada manusia, menurut American Cancer Society.

Argumen menentang


Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif meminum kopi terhadap kesehatan. Studi yang dipublikasi oleh The British Medical Journal menyebut bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit, prostat, hati dan uterus.

Kesimpulan


Menurut Profesor Riset dan Kebijakan Kesehatan Stanford University John loannidis, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi.

Untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksperimen yang sangat terkontrol dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Sumber: www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180404211613-255-288336/menimbang-pro-kontra-dampak-kopi-terhadap-kesehatan

Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan


#5 Cara menanggulangi Sampah

Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan "Sampah"

Isu


Sampah adalah hal yang dianggap meresahkan karena memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan juga dapat menimbulkan banjir.

Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dahulu.

Argumen mendukung


Banyak orang yang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak diperlukan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar.

Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap tidak sebagai solusi melainkan menimbulkan bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.

Argumen yang menentang


Umumnya orang yang mencintai lingkungan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Misalnya sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik memang tidak dapat mengalami pembusukan dan dapat dilakukan daur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya sampah dapat kita olah dan dapat dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penangan sampah yang ramah lingkungan adalah cara yang tepat dan bijak sesuai untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

Sumber: semuacontoh.blogspot.com/2017/03/contoh-teks-diskusi-singkat-tentang.html

Contoh Teks Diskusi tentang Internet


#6 Dampak Internet bagi Pelajar

Contoh Teks Diskusi tentang Internet "Pelajar"

Isu


Internet memang telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan. Dengan adanya internet, informasi apapun dapat kita ketahui baik hal positif maupun hal negatif. Keberadaan internet memberikan dampak positif dan negatif bagi pelajar.

Argumen mendukung


Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dari internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini harus menggunakan internet. Tidak bisa dipungkiri dengan adanya internet memberikan manfaat bagi para pelajar jika digunakan secara bijak.

Argumen menentang


Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh internet. Salah satunya pornografi. Pornografi adalah pengaruh negatif lainnya, tidak hanya orang dewasa yang dapat mengunjunginya, tetapi banyak siswa pelajar yang juga seringkali didapati berkunjung ke situs-situs pornografi.

Kesimpulan


Dihimbau untuk semua pihak, baik orangtua, guru, maupun siswa itu sendiri bersama-sama mencegah dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.

Pemerintah diharapkan dapat memberikan solusi dengan maraknya situs-situs pornografi yang dapat diakses para pelajar. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

Sumber: semuacontoh.blogspot.com/2017/03/contoh-teks-diskusi-singkat-tentang.html

Contoh Teks Diskusi Pergaulan Bebas (Update)


pergaulan bebas

#7 Maraknya Pergaulan Bebas


Isu


Pergaulan bebas didefinisikan sebagai melencengnya pergaulan seseorang karena melanggar norma-norma yang ada. Pergaulan bebas identik dengan bentuk pergaulan luar batas atau disebut juga pergaulan liar.

Argumen Mendukung


Pergaulan bebas memiliki dampak yang buruk dan sangat meresahkan. Bukan hanya orang tua saja, tetapi juga masyarakat sekitar. Pergaulan bebas melanggar norma-norma yang ada yaitu norma agama, hukum, budaya, serta norma bermasyarakat.

Faktor penyebabnya ada 3 macam yaitu karena pengaruh lingkungan, perkembangan teknologi yang tidak disikapi dengan benar, dan faktor orang tua yang kurang memperhatikan anaknya.

Argumen Menentang


Sebenarnya, pergaulan bebas adalah suatu kebutuhan hidup manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial. Pergaulan setiap individu itu harus dibebaskan dan itulah HAM, tidak boleh dibatasi, apalagi dengan melakukan diskriminasi. Karena hal tersebut telah melanggar HAM. Jadi, pergaulan antar manusia seharusnya bebas, tetapi tetap mematuhi norma-norma yang ada.

Kesimpulan


Pergaulan bebas sebenarnya disebabkan oleh segala macam perkembangan yang salah diartikan oleh remaja itu sendiri maupun lingkungannya. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seseorang.

Jadi, pergaulan "bebas" boleh-boleh saja, asalkan itu tetap memegang teguh norma-norma yang berlaku, tidak melanggarnya atau tidak keluar batas yang telah ditentukan.

Contoh Teks Diskusi beserta Strukturnya

televisi


#8 Dampak Menonton Televisi bagi Remaja


Isu


Di dalam era globalisasi saat ini tayangan televisi sudah tidak bisa dihindari. Dengan menonton tv, kita bisa mendapatkan bermacam-macam informasi, termask di dalamnya hiburan. 

Pertanyaannya adalah adakah dampak negatif yang timbul dari menonton tv? Sebagian masyarakat menganggap bahwa menonton tv berdampak positif, tetapi sebagian lagi berpendapat menonton televisi berdampak negatif.

Argumen Mendukung


Dampak positif dari menonton televisi adalah:

Pertama, tv memiliki kelebihan dalam hal penyajian berita, tv umumnya selalu up to date. Hal ini tentu akan membuat remaja tidak ketinggalan berita dan memberikan wawasan yang cukup luas pada remaja secara eksklusif.

Kedua, tv menyajikan acara-acara yang berhubungan dengna pendidikan, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi tersebut.

Argumen Menentang


Sementara itu, dampak negatif dari menonton televisi adalah:

Pertama, tv membuat remaja lupa waktu. Bagi pelajar, apabila telah kecandungan menononton tv menjadi kontraproduktif dengan tugas seorang pelajar yang berkewajiban belajar.

Kedua, banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi dapat memengaruhi kejiwaan remaja.

Simpulan


Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa televisi mempunyai dampak positif atau negatif. Hal ini tentunya bergantung pada penonton televisi.

Baca selengkapnya: 3 Contoh Teks Diskusi tentang Pergaulan Bebas

Demikianlah artikel hari ini tentang Kumpulan Contoh Teks Diskusi TERBARU beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

0 comments