Type something and hit enter

Posted by On
Kalian ingin tahu tentang Indeks Buku? Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskan lebih jauh tentang pengertian indeks buku, bagian-bagiannya, macam-jenisnya beserta contoh indeks buku, tujuan dan manfaatnya.

Indeks buku terdapat pada buku pengetahuan yang biasanya terletak pada halaman paling belakang dari sebuah buku setelah halaman daftar pustaka.

Indeks buku ditulis secara jelas, singkat, urut, dan rapi. Penjelasan lengkapnya lihatlah di bawah ini.

Pengertian Indeks Buku

Pengertian Indeks Buku

Apa yang dimaksud dengan indeks buku?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, indeks diartikan sebagai daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Jadi, indeks buku adalah istilah penting yang tersusun  menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ditemukan biasanya terletak di bagian akhir buku.

Perlu kalian ingat bahwa indeks berbeda dengan daftar isi. Jika daftar isi berisi petunjuk judul, subjudul, dan topik-topik tertentu.

Indeks berisi petunjuk kata-kata atau istilah dan nomor-nomor halaman untuk menemukan pengertian dan penjelasannya dalam teks uraian pokok.

Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat pada bagian akhir buku, tersusun berdasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Bagian-bagian Indeks Buku
Sumber: materikelas.com

Indeks buku terdiri dari 4 (empat) bagian, diantaranya yakni indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman dimana nama atau rincian topik tersebut berada.

Untuk lebih jelasnya tentang bagian-bagiannya lihatlah di bawah ini.
  1. Indeks nama (pengarang): adalah susunan nama-nama orang dalam sebuah indeks.
  2. Indeks topik (subjek/istilah): adalah deretan subjek atau istilah yang disusun menurut abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau yang bersangkutan dengan isi buku tersebut.
  3. Perincian indeks topik: adalah istilah atau subjek yang erat kaitannya dengan subjek yang ada dalam sebuah indeks topik.
  4. Nomor halaman: adalah bagian indeks buku yang bertuliskan angka/nomor halaman dimana sebuah istilah itu berada.

Macam-Macam Jenis Indeks Buku


Indeks dibedakan atas 2 macam, yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua indeks ini mempunyai perbedaan. Untuk mengetahui perbedaannya lihatlah penjelasan singkat di bawah ini.
  1. Indeks subjek: adalah indeks yang berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
  2. Indeks pengarang: adalah indeks yang berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang teorinya atau pendapatnya dalam buku yag bersangkutan.

Jenis-jenis indeks buku dari sumber lain ada 2 jenis, yang pertama indeks nama diri atau tokoh dan indeks istilah. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Indeks Nama Diri atau Tokoh


Indeks ini hanya memuat nama-nama tokoh yang ada dalam pembahasan buku yang bersangkutan.

Penulisan nama tokoh tersebut disusun berdasarkan abjad dan diikuti dengan nomor halaman yang menjuruskan pembaca.

2. Indeks Istilah


Indeks istilah memuat istilah-istilah pentign yang digunakan dalam pembahasan buku yang bersangkutan. 

Dengan adanya daftar istilah tersebut, pembaca akan mudah memahami makna istilah tersebut.

Adapun aturan dalam penulisan indeks pengarang yaitu sebagai berikut.
  • Jika nama pengarang hanya terdiri dari satu kata, maka nama pengarang ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf kapital.
  • Jika nama pengarang terdiri dari dua kata, maka nama kedua diletakkan di depan nama pertama; di antara nama pertama dan kedua disisipi tanda koma.
  • Jika nama pengarang terdiri dari lebih dua kata, maka nama terakhir diletakkan di depan nama pertama dan kedua; setelah nama terakhir disisipi tanda koma.
  • Nama kedua dan ketiga dalam penulisannya bisa disingkat salah satu atau keduanya.
  • Nama gelar sebaiknya tidak perlu dicantumkan.

Manfaat dan Tujuan Indeks buku


Indeks buku bertujuan untuk memberikan informasi letak halaman suatu istilah tertentu. Selain itu, indeks buku berfungsi sebagai alat membaca memindai.

Manfaat jika menggunakan indeks buku adalah kamu tidak perlu repot bolak-balik halaman untuk mencari istilah dalam sebuah buku karena hanya cukup membuka indeks buku saja.

Apa yang dimaksud membaca memindai? Membaca memindai atau scanning adalah membaca untuk menemukan informasi secara tepat dan cepat. Membaca memindai sering dimanfaatkan antara lain untuk:
  1. Mencari kata dalam kamus,
  2. Mencari entri pada indeks,
  3. Mencari nomor telepon,
  4. Mencari angka statistik,
  5. Melihat daftar pelajaran, dan
  6. Mellihat jadwal dan sebagainya.

Contoh Indeks Buku

Contoh Indeks Buku
Sumber: berpendidikan.com

Anafora, 44, 417, 430
Analogi, 31, 228
anteseden, 417
bahasa nasional, 15, 23
bahasa nusantara purba, 3
bahasa resmi, 22
bahasa tora, 55
benefaktif, 345

Penjelasan:


Anafora, adalah topik
44, 417, 430 adalah halaman

Contoh Indeks nama/pengarang


Kalau membaca indeks topik kalian akan mendapatkan topik-topik yang dibahas dalam suatu buku, maka dalam indeks nama atau pengarang kalian akan mendapatkan informasi tentang nama-nama yang berkaitan dengan isi buku yang kalian baca tersebut.

Harrison, George 2 : 41
Harrison, John 11 : 20
Harry Aveling 1 : 112
Harry S. Truman 4 : 94
Harsaja, R.A.S 8 : 101
Harsansyi, John C. 11 : 35

Penjelasan:


Harrison, George adalah Indeks nama
2 : adalah jilid ensiklopedi
41 adalah nomor halaman ensiklopedi


Demikianlah artikel dari Materi Bindo tentang pengertian indeks buku, bagian-bagiannya, macam jenis indeks buku beserta contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments