Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli - Pelajaran Bahasa Indonesia ini untuk melanjutkan materi sebelumnya yang telah kita pelajari. Jika kalian belum mengikuti materi sebelumnya, alangkah baiknya untuk membaca terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan iklan? Pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan produk barang atau jasa  yang dijual oleh produsen dan dipasang lewat media massa dengan tujuan untuk membujuk khalayak agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan.

Definisi iklan menurut pendapat para ahli bisa kita jadikan sebagai landasan untuk lebih memahami tentang teks iklan.


Pada saat sekarang seringkali kita melihat iklan-iklan bertebaran dimana-mana baik di televisi, koran, majalah, maupun iklan dari internet.

Banyak diantara kita, setelah melihat iklan yang tayang langsung ingin membeli atau memakai jasa yang diberikan oleh perusahaan.

Tak jarang pula kita ingat apa yang diiklankan, sampai kita hapal iklannya. Berarti perusahaan yang mengiklankan barang atau jasa itu telah berhasil membuat kita tertarik untuk melihat iklan mereka.

Tidak perlu berlama-lama lagi, silahkan simak materi mengenai definisi iklan menurut beberapa ahli/pakar.


pengertian iklan menurut para ahli

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli


Beberapa ahli telah memberi penjelasan apa itu iklan. Pendapat mereka bisa kita jadikan patokan untuk lebih mengerti tentang teks iklan.

Berikut adalah pengertian iklan menurut para ahli:

#1 Arens dalam Junaedi (2013:109)


Menurut Arens dalam Junaedi menyatakan iklan sebagai struktur & komposisi komunikasi informasi yang bersifat nonpersonal, pada umumnya dilakukan dengan cara berbayar yang dicirikan dengan persuasif, berisi tentang produk barang, jasa, dan ide yang diidentifikasikan sebagai sponsor melalui beragam media.

#2 Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo (1999: 223)


Pengertian iklan menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo merupakan "komunikasi" non-individu, menggunakan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu.

#3 Dewan Periklanan Indonesia (DPI) (2007: 16)


Pengertian iklan menurut DPI merupakan pesan komunikasi pemasaran atau komunikasi publik mengenai sesuatu produk yang disampikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan pada sebagian atau semua masyarakat.

#4 Dunn dan Burban (2007: 15)


Pengertian iklan menurut Dunn dan Burban dalam Widyatama merupakan bentuk kegiatan komunikasi nonpersonal yang disampaikan melalui media untuk menyampaikan pesan yang bersifat persuasif atau membujuk kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga nonkomersial, juga pribadi yang berkepentingan.

#5 Durianto (2003) 


Pengertian iklan menurut Durianto adalah sebagai proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang supaya mengambil sebuah tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

#6 Fandy Tjiptono (2005:226) 


Pengertian iklan menurut Fandy Tjiptono merupakan bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada keterangan tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menyebabkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

 #7 Gilson & Berkman (1980)


Pengertian iklan menurut Gilson dan Berkman  merupakan media komunikasi persuasif yang dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.

#8 Junaedi (2013:111) 


Junaidi menyatakan bahwa iklan harus menggunakan medium untuk mencapai khalayak. Medium iklan adalah media yang dibayar oleh pemasang iklan untuk meletakkan iklannya sehingga mampu menjangkau orang banyak, dari medium inilah dikenal berbagai bentuk iklan yang digunakan, seperti iklan televisi, radio, koran, iklan luar ruang dan sebagainya.

#9 Jefkins (1997:18) 


Pengertian iklan menurut Jefkins adalah media informasi yang dibuat sedemikian rupa supaya menarik minat khalayak, orisinal, dan memiliki karakteristik eksklusif dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan.

#10 KBBI 


Pengertian iklan menurut KBBI merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai supaya tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

#11 Kasali (1995:9) 


Iklan menurut Kasali didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan pada masyarakat lewat suatu media.

#12 Kotler & Keller (2007:244)


Pengertian iklan menurut KKotler & Keller yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan merupakan segala bentuk presentasi nonpribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

#13 Kustandi (2012:21)


Pengertian iklan menurut Kustandi dalam Rahman adalah suatu proses komunikasi massa yang melibatkan sponsor tertentu, yang membayar jasa sebuah media massa atas penyiaran iklannya.

#14 Keegan dan Green (2012:21)


Keegan dan Green dalam Rahman menyatakan bahwa Iklan sebagai pesan-pesan yang unsur seni, teks/tulisan, judul, foto, tagline, unsur-unsur lainnya yang telah dikembangkan untuk kesesuaian mereka.

#15 Kriyantono (2008)


Pengertian iklan menurut Kriyantono merupakan bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang supaya membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang dipakai.

#16 Liliweri (2011)


Pengertian iklan menurut Liliweri adalah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pembaca, dan pemirsa supaya mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.

#17 Lee dan Johnson (2007:3)


Pengertian iklan menurut  Lee dan Johnson yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna merupakan komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmsikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal misalnya televisi, koran, radio, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraaan umum.

#18 Lingga Purnama (2001: 156)


Pengertian iklan menurut Lingga Purnama merupakan suatu bentuk presentasi nonpersonal atau massal & promosi ide, barang, dan jasa dalam media massa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

#19 Machfoedz (2010:139)


Pengertian iklan menurut Machfoedz merupakan segala bentuk penyajian informasi dan promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh sponsor untuk menawarkan barang, ide, atau jasa.

#20 Niken (2007)


Pengertian iklan menurut Niken merupakan segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan didanai oleh pemrakarsa yang dikenal dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

#21 Peter dan Olson (2000:181)


Pengertian iklan menurut Peter dan Olson merupakan penyajian informasi nonpersonal mengenai suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.

#22 Pujiyanto (2001: 3-4)


Pengertian iklan menurut Pujiyanto merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai macam media dengan biaya pemrakarsa supaya rakyat tertarik untuk mengikuti dan menyetujui.

#23 Russel & Lane (1990)


Pengertian iklan menurut Russel dan Lane adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

#24 Supriyanto (2008:19)


Pengertian iklan menurut Supriyanto merupakan promosi barang, jasa, perusahaan, dan ide yang harus dibayar oleh sponsor.

#25 Suhandang (2005) 


Suhandang mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan cara membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi  tentang barang & jasa yang ditawarkan pemasang iklan.

#26 Umar (2000:36)


Pengertian iklan menurut Umar merupakan tiap-tiap bentuk penyajian dan promosi bukan pribadi yang dibayar, mengenai ide, barang atau jasa oleh sponsor yang teridentifikasi.

#27 Wells (1992)


Pengertian iklan menurut Wells adalah salah satu bentuk komunikasi nonpersonal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (pembaca, pendengar, penonton).

#28 Wright (1978)


Pengertian iklan menurut Wright merupakan sebuah proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat krusial sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

#29 Wikipedia


Pengertian iklan menurut Wikipedia atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan lewat media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.


Demikianlah artikel hari ini tentang pengertian iklan menurut para ahli (penjelasan lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terima kasih.

Referensi: digilib.unila.ac.id/2732/7/BAB%20II.pdf
e-journal.uajy.ac.id/980/3/2EM15860.pdf
https://repository.widyatama.ac.id/
repository.usu.ac.id/
e-journal.uajy.ac.id/1577/3/2EM16385.pdf
https://media.neliti.com/
http://www.sumberpengertian.co/pengertian-iklan-menurut-para-ahli
http://www.spengetahuan.com/2015/12/12-pengertian-iklan-menurut-para-ahli-terlengkap.html
http://myavailableahli.blogspot.com/2016/03/pengertian-iklan-menurut-para-ahli.html

0 comments