Tulis kata kunci dan klik enter

By On
Perbedaan serta persamaan antara Teks Prosedur Kompleks dengan Teks Rekaman Percobaan. Perbedaannya bisa kita ketahui lewat definisi, segi struktur, segi bahasa, sifat-sifat teks serta alat dan bahan.

Sedangkan, persamaannya bisa kita ketahui pada aspek struktur bagian, kalimat yang digunakan, konjungsi yang digunakan dan kelas kata.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan beserta persamaan kedua teks ini, marilah kita simak baik-baik materi berikut.

Perbedaan dan Persamaaan Teks Prosedur dengan Teks Rekaman Percobaan

Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Rekaman Percobaan


Aspek yang dibandingkanTeks ProsedurTeks Rekaman Percobaan
Berdasarkan Definisi/PengertianTeks Prosedur Kompleks adalah karya tulis yang menunjukkan informasi mengenai tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat keterangan dari langkah tersebut.Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang berisi paparan data secara terperinci tentang hasil praktik, pengamatan, penelitian yang dilakukan oleh seseorang (penulis).
Berdasarkan Struktur Teks
  1. Tujuan: tahap awal yang seringkali diisi dengan uraian mengenai tujuan pembuatan/pelaksanaan.
  2. Langkah-langkah/Tahapan: bagian ini merupakan bagian utama dari teks prosedur kompleks. Menjelaskan tentang bagaimana tahap-tahapan yang harus dikerjakan agar tujuan tercapai.

  1. Tujuan: keinginan atau maksud yang ingin dicapai dari percobaan tersebut. 
  2. Alat dan bahan: yang diperlukan dalam melakukan percobaan. 
  3. Langkah-langkah: tahap melaksanakan percobaan atau proses percobaan.
  4. Hasil: berisi uraian yang diperoleh dari percobaan yang telah selesai.
  5. Simpulan: pendapat penulis terhadap percobaan yang telah dilakukan.
Berdasarkan Sifat TeksMemberikan Informasi kepada para pembaca.Membuktikan sebuah percobaan/penelitian berdasarkan ilmu pengetahuan.
Berdasarkan Segi BahasaPenggunaan bahasa yang lebih mengacu pada bahasa popular/terkenal di kalangan masyarakatPenggunaan bahasa yang mengacu pada bahasa ilmiah.
Berdasarkan Alat dan BahanMengacu pada benda yang biasa ditemukan atau didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.Mengacu pada benda-benda yang dipakai pada percobaan atau penelitian laboratorium.

Hal-hal yang paling membedakan antara kedua teks ini terletak pada struktur bagian hasil dan simpulan. Teks prosedur tidak memiliki kedua struktur tersebut.

***

Apa yang dimaksud dengan teks prosedur? Pengertiannya adalah sebuah tulisan yang menerangkan langkah-langkah atau tahapan untuk membuat, melakukan, mengoperasikan dengan maksud untuk memudahkan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang tepat sesuai aturan yang berlaku.

Sedangkan, pengertian teks rekaman percobaan adalah suatu teks yang berisi penjelasan data secara rinci tentang hasil praktik, pengamatan, penelitian yang dilakukan oleh seseorang atau penulis.

Tujuan dibuatnya teks prosedur adalah untuk mempermudah seseorang melakukan sesuatu hal yang sulit dengan langkah-langkah tertentu atau menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sesuatu dengan step-step yang urut atau sistematis.

Sedangkan, tujuan dibuatnya teks rekaman percobaan adalah untuk melengkapi proses yang dilakukan seseorang dalam penelitian berdasarkan ilmu pengetahuan.

Struktur teks prosedur kompleks terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu tujuan, material, dan langkah-langkah. Sedangkan struktur teks rekaman percobaan terbagi menjadi 5 (lima) yaitu tujuan, alat & bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan.

Persamaan Teks Prosedur dengan Teks Rekaman Percobaan


Aspek  Teks Prosedur Teks Rekaman Percobaan
Berdasarkan struktur bagian
  1. Tujuan: tahap awal yang seringkali diisi dengan uraian mengenai tujuan pembuatan/pelaksanaan.
  2. Langkah-Langkah: menjelaskan tentang bagaimana tahap-tahapan yang harus dikerjakan agar tujuan tercapai.

  1. Tujuan
  2. Langkah-Langkah
Berdasarkan Segi Kalimat Kalimat tunggal
Kalimat majemuk
Kalimat perintah
Kalimat berita
Kalimat tunggal
Kalimat majemuk
Kalimat perintah
Kalimat berita
Berdasarkan Konjungsi Menggunakan konjungsi temporal Menggunakan konjungsi temporal
Berdasarkan Kelas Kata Kata Benda
Kata Sifat
Kata kerja
Kata keterangan
Kata pronominal
Kata depan
Kata Benda
Kata Sifat
Kata kerja
Kata keterangan
Kata pronominal
Kata depan


Baca juga:

Demikianlah artikel hari ini tentang Perbedaan dan Persamaaan Teks Prosedur dengan Teks Rekaman Percobaan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Sumber: http://endriqe.blogspot.co.id/2017/12/perbedaan-dan-persamaan-teks-prosedur.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR